MENGOPTIMALKAN KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS GURU DI SMK AL HUSEN PADEMAWU MELALUI PELATIHAN FLIPPED CLASSROOM

Authors

  • Muhammad Darrin Zuhri Universitas Madura
  • Devie Reztia Anjarani Universitas Madura
  • Syaiful Syaiful Universitas Madura
  • Yuliarsih Yuliarsih Universitas Madura

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.22732

Keywords:

Flipped Classroom, Kemampuan Bahasa Inggris Guru, Pelatihan Pendidikan,Pengabdian Kepada Masyarakat, Peningkatan Kompetensi

Abstract

Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk menilai seberapa baik metode flipped classroom telah meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris para guru di SMK Al Husen Pademawu. Lingkungan pendidikan di sekolah ini menyulitkan untuk mencapai kemahiran berbahasa Inggris, terutama ketika menggunakan beberapa metode tradisional yang tersedia. Pelatihan ini mencoba untuk mengatasi keterbatasan ini dengan menggunakan pelatihan flipped classroom. Latar belakang pelatihan ini adalah lingkungan pendidikan SMK Al Husen Pademawu, di mana ditemukan bahwa ada kebutuhan mendesak untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris para guru agar mereka dapat lebih berhasil dalam mengajar para siswa. Ditekankan bahwa penguasaan bahasa Inggris yang baik sangat penting untuk meningkatkan pemahaman dan komunikasi di dalam kelas. Kesulitan dalam meningkatkan kemampuan bahasa Inggris guru dan kekurangan pendekatan pelatihan tradisional diidentifikasi sebagai masalah. Oleh karena itu, tujuan dari pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris para pengajar dan memperkenalkan model flipped classroom sebagai pengganti teknik pelatihan tradisional. Hal ini dilaksanakan melalui strategi yang mencakup perancangan eksperimen, pemilihan sampel, dan pemberian pelatihan flipped classroom dengan menggunakan materi yang disesuaikan dengan kebutuhan para guru. Hasilnya akan dievaluasi dengan melacak perkembangan kemampuan bahasa Inggris para guru dan bagaimana tanggapan mereka terhadap pelatihan tersebut. Hasilnya menunjukkan adanya respon positif terhadap metodologi flipped classroom dan peningkatan yang signifikan dalam kemampuan bahasa Inggris para guru. Tujuan dari evaluasi ini adalah untuk mengukur dampaknya terhadap pengajaran dan pembelajaran di SMK Al Husen Pademawu. Implikasi dari pelatihan ini meliputi penggunaan pendekatan flipped classroom dalam lingkungan pendidikan, identifikasi peluang untuk pengembangan lebih lanjut, dan saran untuk perbaikan berkelanjutan. Hasil pelatihan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi perkembangan pendidikan baik secara lokal maupun nasional.

References

Aristin, N. F., & Purnomo, A. (2022). Improving Critical Thinking Skill Through Team-based Projects, is it Effective? Journal of Education Research and https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JERE/article/view/48090

Aulia, D., & Syahid, A. (2023). Efektifitas Model Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam SMAN 06 Bombana. In Journal of Gurutta Education. pasca-umi.ac.id. http://pasca-umi.ac.id/index.php/jge/article/download/1350/1541

Dharmayanti, N. M. D., Putra, I., & (2021). Developing displayed flipbook as teaching material for assisting teacher to teach English in online learning for the fourth grade elementary school students. Indonesian Journal https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJERR/article/view/35314

Gazali, E., & Saefuloh, H. (2019). Kebutuhan Peserta Didik Dan Rancang Bangun Media Pembelajaran Bahasa Arab Di Madrasah Aliyah. Arabi: Journal of Arabic Studies. https://www.journal.imla.or.id/index.php/arabi/article/view/117

Irawati, D., Lubis, E., & Anisa, S. (2022). Writing Anxiety in EFL and How to Improve The Writting Skill. Journal of Learning and https://www.jlis.idcounselor.com/index.php/jlis/article/view/22

Larasati, D., & Haryono, H. (2022). The Effectiveness of Google Classroom in the Flipped Class-room Model for English Subjects in Vocational School. Indonesian Journal of Curriculum and https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jktp/article/view/54802

Nurhayat, R., Suranto, S., Dwiningrum, S. I. A., & (2023). The Effect of Innovative Learning on Student Achievement in Indonesia: A Meta-Analysis. Journal of Education and https://eric.ed.gov/?id=EJ1387701

Oktarina, R., Ambiyar, A., Giatman, M., & (2021). The Effect of The Use of Multimedia Flip Book With the Flipped Classroom Approach in Vocational School. Journal of https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JET/article/view/31435

Pangestu, M. H., Juniarta, P. A. K., & (2022). The Implementation of Process Based Approach in Teaching Writing on The Tenth Grade Students in Senior High School. Indonesian Journal Of https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJERR/article/view/42346

Puspitasari, P. I., Padmadewi, N. N., & (2021). Various English Literacy Activities in Bilingual Primary School. International Journal of https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJEE/article/view/31550

Saputra, A., Jamilah, J., & (2023). Pengembangan Aplikasi E-Flip Builder Berdasarkan Pedagogic Knowledge (PK) Pada Materi SPLDV Kelas X SMA Negeri 1 Marau Pulau Borneo. Journal of https://ejurnal.politeknikpratama.ac.id/index.php/jcsr/article/view/1172

Sudana, D. N. (2018). Pelatihan dan Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berdasarkan Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 pada Guru-Guru di Gugus V Kediri, Kecamatan Kediri International Journal of Community Service https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJCSL/article/view/13680

Syafitri, W. (2016). Cognitive Learning Styles The Impact Of Flipped Classroom On Reading Comprehension Of High School Students With Different. (Medium for English Language Teaching). http://e-journal.potensi-utama.ac.id/ojs/index.php/MELT/article/view/352

Tamyiz, M. (2018). Peningkatan Self Regulated Learning Skills Mahasiswa Melalui Aplikasi Jejaring Sosial Edmodo. Home Economics Journal. https://journal.uny.ac.id/index.php/hej/article/view/23284

Widyaningsih, N., Komalasari, M. D., & (2021). Pelatihan pembuatan media pembelajaran interaktif berbasis online pada guru Sekolah Dasar. Indonesian Journal Of http://ijocs.rcipublisher.org/index.php/ijocs/article/view/70

Downloads

Published

2023-12-14

How to Cite

Zuhri, M. D. ., Anjarani, D. R. ., Syaiful, S., & Yuliarsih, Y. (2023). MENGOPTIMALKAN KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS GURU DI SMK AL HUSEN PADEMAWU MELALUI PELATIHAN FLIPPED CLASSROOM. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6), 11775–11785. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.22732