PELATIHAN PENGGUNAAN MEDIA TEATER ANGKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA DASAR ANAK USIA DINI PADA GURU TK DAN PAUD

Authors

  • Rosalia Leda UNIKA WEETEBULA
  • Rahel Maga Haingu UNIKA WEETEBULA
  • Delsiana Ika Pallaka UNIKA WEETEBULA

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.12919

Keywords:

Teater Angka, Matematika Dasar Anak TK

Abstract

Pembelajaran matematika di TK adalah hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Dasar dari matematika adalah angka, khususnya bagaimana cara pengoperasiannya Peran penting dalam pengenalan konsep angka adalah adanya dunia media permainan matematika yang tepat. Media permainan teater angka merupakan salah satu permainan panggung angka dan angka-angka kayu serta bahan-bahan yang terkait yang bertujuan agar anak-anak dapat bermain mengenal angka, dapat memberikan kesempatan dan rangsangan sehingga anak dapat mandiri untuk mengembangkan ide-ide mereka dalam memahami konsep dasar matematika.  Berdasarkan hal tersebut, maka dosen PGPAUD UNIKA Weetebula menyikapi dengan mengadakan sebuah pelatihan dengan tujuan agar guru TK/PAUD bisa menggunakan media permainan teater angka untuk meningkatkan kemampuan matematika dasar di tingkat TK/PAUD. Adapun metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah metode worshop dengan melibatkan para guru TK/PAUD. Kegiatan ini berlangsung selama 1 hari, pada tanggal 25 Februari 2023. Dampak positif dari kegiatan ini adalah para guru merasakan dapat memperoleh pengetahuan atau informasi yang baru. bahwa cara mengajarkan dan mengenalkan matematika dasar kepada anak dapat dilakukan dengan cara yang menarik dan menyenangkan melalui permainan media teater angka.

References

Haingu, M. Rahel & Leda Rosalia. (2021). Workhsop tentang Media Belajar dan Komunikasi yang Baik Bagi Anak Usia Dini pada TK Tunas Harapan Weetebula di Masa Pandemi Covid 19. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian 2021, “Penelitian dan Pengabdian Inovatif pada Masa Pandemi Covid-19”, ISBN: 978-623-6535-49-3.

Inge, Schwank (2010). Teater Angka: Bermain dengan Figur Kayu untuk Persiapan Menulis Angka dengan Aplikasi pada Garis Bilangan. Osnabruck: Lembaga Penelitian untuk Pengajaran Matematika.

Leda, Rosalia & Rato, W. Karolus. (2020). Efektivitas Media Video untuk Meningkatkan Kemampuan Grafofonemik Anak TK B di TK Tunas Harapan. SELING Jurnal Program Studi PGRA, ISSN (Print): 2540-8801; ISSN (Online):2528-083X. Vol. 7 No. 2 (142-156).

Suyanto, Slamet. (2005). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat Publishing.

Downloads

Published

2023-03-14

How to Cite

Leda, R. ., Haingu, R. M. ., & Pallaka, D. I. . . (2023). PELATIHAN PENGGUNAAN MEDIA TEATER ANGKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA DASAR ANAK USIA DINI PADA GURU TK DAN PAUD. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1135–1142. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.12919

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.