PENGENALAN STRATEGI PHYGITAL PROMOTION BAGI KELOMPOK NELAYAN DI KECAMATAN SUPPA KABUPATEN PINRANG

Authors

  • Ashadi Amir Universitas Muhammadiyah Parepare
  • Irninthya Nanda Pratami Irwan Universitas Muhammadiyah Parepare

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.12904

Keywords:

phygital promotion, hasil perikanan, pemasaran, nelayan

Abstract

Pengabdian kepada Masyarakat ini dilakukan untuk mengenalkan dan menerapkan strategi Phygital Promotion dalam pemasaran produk hasil perikanan tangkap sehingga dapat meningkatkan hasil penjualan. Phygital merupakan perpaduan antara proses pemasaran fisik dan digital sehingga memungkinkan proses jual beli dilakukan secara online dan offline secara bersamaan. Pada penerapannya konsep phygital dilakukan dengan dua metode yaitu webrooming dan showrooming. Sasaran yang menjadi mitra dari kegiatan ini adalah kelompok nelayan di Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan. Berdasarkan hasil identifikasi yang telah dilakukan, permasalahan yang dihadapi oleh mitra meliputi 1) ketersediaan produk hasil perikanan tangkap yang melimpah tidak disertai dengan harga yang sesuai atau kebutuhan pasar, 2) pemahaman terkait strategi pemasaran masih sangat rendah 3) nelayan masih menggunakan metode konvensional dalam pemasaran, pemahaman penggunaan teknologi masih sangat minim. Sehingga melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan pengenalan salah satu metode digital marketing, kegiatan dilaksanakan dalam dua tahapan yaitu tahapan edukasi terkait dengan strategi phygital promotion dalam pemasaran produk hasil perikanan tangkap dan tahapan pendampingan penggunaan media digital dalam pemasaran hasil perikanan tangkap.  

References

Fiona, F., & Susetyo, S. 2022. Pelatihan Branding Dan Digital Marketing Terhadap Produk Olahan Hasil Tangkapan Kelompok Nelayan, Kota Bengkulu. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 684-689.

Guntara, F. 2022. Nilai-Nilai Budaya Lokal Nelayan Pabbagang Parepare Sebagai Sumber Belajar Kontekstual Untuk Penanaman Pendidikan Karakter. El-FAKHRU, 1(2).

Mandasari, I. C. S., Idawati, I. A. A., & Mahendrawati, N. L. M. 2020. Program Kemitraan Masyarakat Pada Kelompok Nelayan Sumber Ayu. International Journal of Community Service Learning, 4(4), 314-320.

Moravcikova, D., & Kliestikova, J. 2017. Brand building with using phygital marketing communication. Journal of Economics, Business and Management, 5(3), 148-153.

Sarwanto, C., Wiyono, E. S., Nurani, T. W., & Haluan, J. 2014. Kajian Sistem Pemasaran Ikan Hasil Tangkapan Nelayan Di Kabupaten Gunungkidul, Provinsi Diy. Jurnal Sosial Ekonomi Kelautan dan Perikanan, 9(2), 207-217.

Sulaksono, J. 2020. Peranan digital marketing bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (umkm) desa tales kabupaten kediri. Generation Journal, 4(1), 41-47.

Vibriyanti, D. 2019. Analisis Deskriptif Faktor Sosial Ekonomi yang Mempengaruhi Pendapatan Rumah Tangga Nelayan Tangkap (Studi Kasus: Kota Kendari). Jurnal Kebijakan Sosial Ekonomi Kelautan dan Perikanan, 9(1), 69-78.

Light, M. A., & Light, I. H. (2008). The geographic expansion of Mexican immigration in the United States and its implications for local law enforcement. Law Enforcement Executive Forum Journal, 8(1), 73-82.

Downloads

Published

2023-03-21

How to Cite

Amir, A., & Irwan, I. N. P. (2023). PENGENALAN STRATEGI PHYGITAL PROMOTION BAGI KELOMPOK NELAYAN DI KECAMATAN SUPPA KABUPATEN PINRANG. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1298–1301. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.12904