UPAYA PENINGKATAN LITERASI DIGITAL MASYARAKAT MELALUI PROGRAM PELATIHAN KOMPUTER DI DESA TERPENCIL

Authors

  • Andi Asy'hary J. Arsyad Universitas Pejuang Republik Indonesia Makassar
  • Lilik Sulistyo Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Winanjar Rahayu Universitas Negeri Malang
  • Endang Fatmawati Universitas Diponegoro

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i1.12430

Keywords:

Literasi Digital, Pelatihan Komputer, Masyarakat.

Abstract

Penggunaan teknologi merupakan hal yang sudah cukup biasa bagi masyarkat pada umumnya. Namun sayangnya bagi masyarakat desa sendiri masih adanya keterbatasan di dalam pemahaman literasi digital, khususnya di desa terpencil. Penelitian ini akan dilaksanakan untuk melihat upaya peningkatan literasi digital bagi masyarakat di desa terpencil melalui pelatihan komputer. Dalam pelaksanaannya, pertama-tama adalah dengan membuat tahapan-tahapan program pelatihan ini. Barulah setelah tahapan-tahapan tersebut terbentuk, maka pelatihan dapat dilaksanakan. Kegiatan program pelatihan ini dapat memberikan adanay dampak positif bagi masyarakat di desa terpencil terhadap literasi digital mereka. Selain penggunaan beberapa aplikasi komputer, melalui pelatihan ini juga dapat diajarkan penggunaan media sosial yang dapat digunakan oleh masyarakat desa, baik untuk kebutuhan individu ataupun untuk kepentingan bisnis seperti berdagang. Melalui program pelatihan ini, maka diharapkan anggota masyarakat dapat memanfaatkan teknologi dengan baik dan tidak lagi tertinggal dengan sebagian besar masyarakat yang telah memanfaatkan teknologi terlebih dahulu.

References

Aminuddin, M. A. I. M., Zaaba, Z. F., Samsudin, A., Zaki, F., & Anuar, N. B. (2023). The rise of website fingerprinting on Tor: Analysis on techniques and assumptions. Journal of Network and Computer Applications, 103582.

Anshori, M. F., & Nurohman, D. (2022). Efektivitas Penyediaan Internet Desa Untuk Peningkatan Promosi Umkm Di Temenggungan Udanawu Blitar. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 1(9), 2245-2258.

Arora, V. S., McKee, M., & Stuckler, D. (2019). Google Trends: Opportunities and limitations in health and health policy research. Health Policy, 123(3), 338-341.

Baharuddin, B., & Saidang, S. (2020). Implementasi Kebijakan Pendidikan Inklusif Di SDN No. 39 Cakke. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(2), 189-204.

Cai, W., Li, X., Maleki, A., Pourfayaz, F., Rosen, M. A., Nazari, M. A., & Bui, D. T. (2020). Optimal sizing and location based on economic parameters for an off-grid application of a hybrid system with photovoltaic, battery and diesel technology. Energy, 201, 117480.

Dhora, S. T., Hidayat, O., Tahir, M., Arsyad, A. A. J., & Nuzuli, A. K. (2023). Dakwah Islam Di Era Digital?: Budaya Baru " E-Jihad " Atau Latah Bersosial Media. 17(1), 306–320. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.35931/aq.v17i1.1804

Hayati, N., & Yulianto, E. (2021). Efektivitas Pelatihan Dalam Meningkatkan Kompetensi Sumber Daya Manusia. Journal Civics and Social Studies, 5(1), 98-115.

Hossen, M. A., Benson, D., Hossain, S. Z., Sultana, Z., & Rahman, M. M. (2021). Gendered perspectives on climate change adaptation: a quest for social sustainability in Badlagaree village, Bangladesh. Water, 13(14), 1922.

Khan, M. L., Welser, H. T., Cisneros, C., Manatong, G., & Idris, I. K. (2020). Digital inequality in the Appalachian Ohio: Understanding how demographics, internet access, and skills can shape vital information use (VIU). Telematics and Informatics, 50, 101380.

Khusna, I. H. (2019). Village Development Strategy by Utilization of ICT in Pemalang. Jurnal Penelitian Komunikasi Dan Opini Publik, 23(2).

Mbiri, A. D. J. B. (2023). Program Literasi Perpustakaan Di Desa Kabuna Kecamatan Kakuluk Mesak, Kabupaten Belu. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 7(1).

Muhammad, F. (2019). Diseminasi Dakwah Era Disrupsi 4.0 dan Literasi Media Sosial (Perspektif Jurnalisme Profetik). Jurnal Jurnalisa, 5(2).

Mustikarani, T. D., & Irwansyah, I. (2019). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Industri Fashion Indonesia. Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, 2(01), 8-18.

Narh, S. N., Takyi, S. A., Asibey, M. O., & Amponsah, O. (2020). Garden city without parks: an assessment of the availability and conditions of parks in Kumasi. Urban Forestry & Urban Greening, 55, 126819.

Noer, K. U. (2021). From Villages to World Markets: Women and E-Commerce in East Sumba, East Nusa Tenggara. Baskara: Journal of Business and Entrepreneurship, 4(1), 63-71.

Nugraha, D. (2022). Literasi Digital dan Pembelajaran Sastra Berpaut Literasi Digital di Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(6), 9230-9244.

Patriana, W. D., Sutama, S., & Wulandari, M. D. (2021). Pembudayaan literasi numerasi untuk asesmen kompetensi minimum dalam kegiatan kurikuler pada sekolah dasar muhammadiyah. Jurnal Basicedu, 5(5), 3413-3430.

Pratiwi, D. I., & Ubaedillah, U. (2021). Digital Vocabulary Class in English for Railway Mechanical Technology. Teaching English with Technology, 21(3), 67-88.

Rahmawan, D., Mahameruaji, J. N., & Anisa, R. (2019). Pengembangan konten positif sebagai bagian dari gerakan literasi digital. Jurnal Kajian Komunikasi, 7(1), 31-43.

Safrudin, S., & Sesmiarni, Z. (2022). Profesional Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Meningkatkan Literasi Di Era Digital. Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (JKIP), 3(1), 43-53.

Sulistyarini, W., & Fatonah, S. (2022). Pengaruh Pemahaman Literasi Digital dan Pemanfaatan Media Pembelajaran Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru Era Digital Learning. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 2(1), 42-72.

Susilawati, S. (2021). Prospects of Digital Literature and Its Implications on Increasing Learning Outcomes during The Covid-19 Pandemic. Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(3), 526-536.

Syakirotin, M., Karyani, T., & Noor, T. I. (2022). Ketahanan Pangan Sebelum dan Selama Pandemi Covid-19 di Kabupaten Bandung. Jurnal Ilmu Pertanian Indonesia, 27(3), 473-491.

Wahyuni, T. (2023). Analisis Pengembangan Program Pendidikan Jarak Jauh Program Pendidikan Vokasi UI. Jurnal Vokasi Indonesia, 10(2), 1.

Wibowo, Y. G. (2021). Analisa Literasi Digital Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) Makanan Islami Dalam Kemasan (Studi Deskriptif tentang Tingkat Kompetensi Literasi Digital pada UMKM di Kota Jember). Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 7(1), 127-134.

Windyatmoko, N., Ngenget, I., & Musthofa, M. (2022). Relevansi Hasil Revitalisasi Kota Semarang Terhadap Penghargaan Sebagai Kota Terbersih Se-Asia Tenggara 2020. Jurnal Darma Agung, 30(3), 1158-1181.

Yogiyatno, W. (2019). Initiating the Development of the Ubiquitous Learning Environment as a Projection of the Ubiquitous Environment in South Korea. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 4(1), 84-94.

Downloads

Published

2023-02-22 — Updated on 2023-02-23

Versions

How to Cite

Arsyad, A. A. J. ., Sulistyo, L. ., Rahayu, W. ., & Fatmawati, E. . (2023). UPAYA PENINGKATAN LITERASI DIGITAL MASYARAKAT MELALUI PROGRAM PELATIHAN KOMPUTER DI DESA TERPENCIL. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 654–661. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i1.12430 (Original work published February 22, 2023)