MENINGKATKAN MINAT SISWA SMK UNTUK MELANJUTKAN STUDI KE PERGURUAN TINGGI

Authors

  • Muhamad Uyun Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.12234

Keywords:

Minat, Siswa SMK, Perguruan Tinggi.

Abstract

Salah satu masalah yang terjadi di sekolah menengah kejuruan adalah banyak siswa menganggap melanjutkan pendidikan tinggi bukan hal penting. Faktor penyebabnya adalah siswa berasal dari keluarga dengan tingkat ekonomi rendah, kurikulum yang berbeda sehingga sulit untuk menyesuaikan diri ataupun sudah tidak mempunyai minat untuk belajar.  Agar dapat mengatasi masalah tersebut maka diadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan tujuan untuk membuka dan menambah wawasan para siswa SMK dengan memberikan seminar dan motivasi belajar yang diikuti oleh siswa SMK kelas XII. Metode yang digunakan adalah memberikan ceramah motivasi belajar, tanya jawab kepada siswa SMK, dan pemberian angket. Hasil yang diperoleh yaitu meningkatnya minat siswa untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, dilihat dari hasil pre test skor rata-rata sebesar 55 menjadi skor rata-rata post test 80. Seluruh peserta (100%) ikut berpartisipasi secara aktif dan memberikan tanggapan secata positif saat kegiatan berlangsung. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat diharapkan terus dilanjutkan di masa yang akan datang agar pendidikan terus menghasilkan sumber daya manusia yang luar biasa.    

References

Ali, Silvani, Usman Moonti, and Irwan Yantu. 2022. “Pengaruh Motivasi Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Bulango Utara Kabupaten Bone Bolango.” Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal 8(2):1553. doi: 10.37905/aksara.8.2.1553-1560.2022.

Emda, Amna. 2018. “Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran.” Lantanida Journal 5(2):172. doi: 10.22373/lj.v5i2.2838.

Farida, Syarifah Ida, Teguh Yuwono, Yusep Prihanto, R. Chep. Safei Jumhana, and Lucia Maduningtias. 2021. “Motivasi Pembelajaran Daring Dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran Untuk Para Tenaga Pendidik.” Community Development Journal?: Jurnal Pengabdian Masyarakat 2(1):58–67. doi: 10.31004/cdj.v2i1.1415.

Farwitawati, Reni, Masirun Masirun, Fakultas Ekonomi, and Universitas Lancang Kuning. 2021. “Perguruan Tinggi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan.” COMSEP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2(1):21–26.

Khadijah, Siti, Henny Indrawati, and Suarman. 2017. “Analisis Minat Peserta Didik Untuk Melanjutkan Pendidikan Tinggi.” Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial 26(2):178–88.

Moh Ghoizi Eriyanto, M.V. Roesminingsih, Soedjarwo, and Ivan Kusuma Soeherman. 2021. “The Effect of Learning Motivation on Learning Independence and Learning Outcomes of Students in the Package C Equivalence Program.” IJORER?: International Journal of Recent Educational Research 2(4):455–67. doi: 10.46245/ijorer.v2i4.122.

Mulyanto, Edi, and Jumino Jumino. 2021. “Penyuluhan Motivasi Minat Siswa Untuk Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi - SMK FAJAR Ciseeng Bogor.” Jurnal Loyalitas Sosial: Journal of Community Service in Humanities and Social Sciences 3(2):62. doi: 10.32493/jls.v3i2.p62-76.

Novianti, N. (2011). Kontribusi Pengelolaan Laboratorium dan Motivasi Belajar Siswa terhadap

Efektivitas Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan MIPA Edisi Khusus 1, 158-166.

Raimbarizki, R. (2017). Penerapan Pembelajaran Daring Kombinasi dalam Meningkatkan Motivasi

Belajar Peserta Didik Paket C Vokasi di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM)

Pioneer Karanganyar. J+Plus UNESA.

Rahayu, Sri. 2018. “Analisis Faktor Keberminatan Untuk Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi Pada Alumni Sman 1 Sambas.” Pendidikan Sosiologi 2(Jurnal Pendidikan):67–72.

Rorlen, Rorlen, Miharni Tjokrosaputro, Henny Henny, and Jonnardi Jonnardi. 2021. “Motivasi Untuk Meningkatkan Minat Kuliah Bagi Siswa Sma Binaan Asak Sathora Di Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia 4(2):182–91. doi: 10.24912/jbmi.v4i2.12518.

Sadeghzadeh, Abouzar, Mojtaba Nassiriyar, Maryam Haghshenas, and Roghayeh Shahbazi. 2015. “Higher Education Job Satisfaction and Relevance to Workforce.” 1(2):26–30.

Setiawan, Reksa. 2018. “Minat Siswa Smk Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi Pada Siswa Kelas Xii Jurusan Akuntansi Smk Dharma Putera Banjarmasin.” Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis 4(2):176–90. doi: 10.35972/jieb.v4i2.212.

Suarti, Neng. 2018. “Penerapan Model Pembelajaran Koperatif Tipe Giving Question and Getting Answer Untuk Meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa Kelas Vii.9 Smpn 21 Pekanbaru.” Dinamisia?: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2(1):163–68. doi: 10.31849/dinamisia.v2i1.1079.

Downloads

Published

2023-02-11 — Updated on 2023-02-12

Versions

How to Cite

Uyun, M. (2023). MENINGKATKAN MINAT SISWA SMK UNTUK MELANJUTKAN STUDI KE PERGURUAN TINGGI. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 358–362. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.12234 (Original work published February 11, 2023)