PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR

Authors

  • Ni Made Shinta Ariayu Putri Universitas Pendidikan Ganesha
  • Putu Arya Widiastawan Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Luh Putu Yulia Astuti Dewi Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Kadek Adi Pranata Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Luh Merta Juniasih Universitas Pendidikan Ganesha
  • Basilius Redan Werang Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.31004/sharing.v2i2.20837

Keywords:

Supervisi Akademik, Kepala Sekolah, Kinerja Guru

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta membuktikan hubungan atau korelasi yang signifikan antara supervisi akademik dari kepala sekolah terhadap peningkatan kinerja guru sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif serta metode survei. Responden dalam penelitian ini adalah 17 orang guru dari Sekolah Dasar Negeri 1 Bakti Seraga, Kecamatan Bakti Seraga, Kabupaten Buleleng, Provinsi Bali. Penelitian ini menggunakan pengembangan instrument kuesioner dengan sistem penilaian skala likert. Pengujian pada hipotesa dilakukan dengan menganalisa regresi sederhana. Penelitian ini memberikan pemaparan kesimpulan bahwa terdapat hubungan pengaruh supervisi akademik kepala sekolah terhadap kinerja guru sekolah dasar, khususnya di SD Negeri 1 Bakti Seraga, Kabupaten Buleleng dengan perolehan nilai regresi linier 0,000 < 0,005, dan nilai korelasi adalah 75,7%. Implikasi penelitian ini adalah supervisi akademik oleh kepala sekolah yang baik akan memberikan hasil kinerja guru yang baik. Kepala sekolah selaku pengawas langsung di lapangan direkomendasikan untuk meningkatkan kualifikasi maupun kompetensi supervisi untuk memberikan bimbingan dan layanan yang lebih kompleks demi meningkatkan kualitas pendidikan pada perbaikan proses pengajaran dan pengembangan pada profesionalisme guru. Dengan begitu, akan terjadi peningkatan kinerja guru yang memberikan dampak terhadap peningkatan mutu program sekolah serta prestasi dari peserta didik.

Author Biographies

Ni Made Shinta Ariayu Putri, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

Putu Arya Widiastawan, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

Ni Luh Putu Yulia Astuti Dewi, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

I Kadek Adi Pranata, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

Ni Luh Merta Juniasih, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

References

Adrian, Y., & Agustina, R. L. (2019). Kompetensi Guru di Era Revolusi Industri 4. Lentera: Jurnal Pendidikan, 14(2). https://doi.org/10.33654/jpl.v14i2.907

Akhmad, F. A. P. (2022). Efektivitas Pelaksanaan Supervisi Akademik Pengawas Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru PAI SD di Kecamatan Tambun Selatan. PARAMETER, 7(1). https://doi.org/10.37751/parameter.v7i1.185

Amri, K., Syaifuddin, M., & Tambak, S. (2022). Supervisi Akademik dan Supportive dalam Pendidikan Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan. JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL, 3(2). https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i2.1177

Anggriani, N. I., Syafaruddin, A. A., Prasojo, T. A. Y., & Destari, W. (2023). Supervisi Akademik Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Simki Pedagogia, 6(2). https://doi.org/10.29407/jsp.v6i2.203

Damanik, R. (2019). HUBUNGAN KOMPETENSI GURU DENGAN KINERJA GURU. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 8(2). https://doi.org/10.37755/jsap.v8i2.170

Danial, A., Mumu, M., & Nurjamil, D. (2022). Model Supervisi Akademik Berbasis Digital Oleh Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru PAUD. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(4). https://doi.org/10.31949/educatio.v8i4.3922

Darma, H., Akbar, M., & Faisal, M. (2023). KEEFEKTIFAN PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK DALAM PENINGKATAN KEPROFESIONALAN GURU OLEH KEPALA SEKOLAH DI SMKS YPIS MAJU BINJAI. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 11(2). https://doi.org/10.37755/jsap.v11i2.756

Hariyanto, W., & Tyas, S. P. (2021). Peran Kepala Sekolah dalam Mewujudkan Budaya Kinerja Tinggi Tenaga Pendidik di Sekolah Dasar Muhammadiyah Terpadu Ponorogo. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 2(2). https://doi.org/10.21154/sajiem.v2i2.66

Hasanah, M. L., & Kristiawan, M. (2019). Supervisi Akademik dan Bagaimana Kinerja Guru. Tadbir?: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 3(2). https://doi.org/10.29240/jsmp.v3i2.1159

Iskandar, A. (2020). MANAJEMEN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA MADRASAH ?. Jurnal Isema?: Islamic Educational Management, 5(1). https://doi.org/10.15575/isema.v5i1.5976

Manueke, T., Rawis, J. A. M., Wullur, M., & Rotty, V. (2021). Pengaruh Kompetensi Supervisi Kepala Sekolah terhadap Peningkatan Kinerja Guru. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 10(2), 70–76. https://doi.org/10.24036/jbmp.v10i2

Palettei, A. D., Sulfemi, W. B., & Yusfitriadi. (2021). TINGKAT PEMAHAMAN KEPALA SEKOLAH, GURU, DAN KOMITE SEKOLAH TERHADAP IMPLEMENTASI STANDAR PENGELOLAAN PENDIDIKAN DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(1). https://doi.org/10.24832/jpnk.v6i1.1592

Paulus Beru Aran. (2022). PELAKSANAAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SDK KOLIWUTUN. JAPB: Jurnal Agama, Pendidikan Dan Budaya, 3(1). https://doi.org/10.56358/japb.v3i1.108

Pujianto, Arafat, Y., & Setiawan, A. A. (2020). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Peningkatan Kinerja Guru. Journal of Education Research, 1(2), 106–113. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.37985/joe.v1i2.8

Purbasari, M. (2015). Pengaruh Supervisi Akademik Terhadap Kinerja Mengajar Guru Di Sekolah Dasar. Journal of Elementary Education, 4(1). http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jee

Rosida, O. N., Andayani, S., & Aminin, S. (2022). PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS DAN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DI SMA SEPUTIH BANYAK. POACE: Jurnal Program Studi Adminitrasi Pendidikan, 2(2). https://doi.org/10.24127/poace.v2i2.2109

Rosmawati, R., Ahyani, N., & Missriani, M. (2020). Pengaruh Disiplin dan Profesionalisme Guru terhadap Kinerja Guru. Journal of Education Research, 1(3). https://doi.org/10.37985/jer.v1i3.22

Rusnawati, MA. (2022). KOMPONEN-KOMPONEN DALAM OPERASIONAL PENDIDIKAN. JURNAL AZKIA?: Jurnal Aktualisasi Pendidikan Islam, 15(2). https://doi.org/10.58645/jurnalazkia.v15i2.18

Susilo, & Sutoyo, S. (2019). PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan, 4(2). https://doi.org/https://doi.org/10.31851/jmksp.v4i2.2908

Wahib, M., Abadi, S., Khalifaturrohmah, Zein, A. A., & Novia, T. (2022). Studi Historis Perkembangan Sistem Pendidikan Di Indonesia. Al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 5(4). https://doi.org/10.31943/afkarjournal.v5i4.336

Waluyo, A., Miyono, N., & Abdullah, G. (2022). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Akademik Melalui Supervisi. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 5(1). https://doi.org/10.24176/jpp.v5i1.7993

Zulqaidah, Lubis, M. Br., Nabila Zulfa, Marsyeli, Muharil, & Nasution, I. (2023). Strategi Supervisi Akademik dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Islamic Education, 3(1). https://doi.org/10.57251/ie.v3i1.922

Downloads

Published

2023-12-01

How to Cite

Putri, N. M. S. A. ., Widiastawan, P. A., Yulia Astuti Dewi, N. L. P., Adi Pranata, I. K. ., Merta Juniasih, N. L. ., & Werang, B. R. . (2023). PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR. Sharing: Journal of Islamic Economics Management and Business, 2(2), 86–94. https://doi.org/10.31004/sharing.v2i2.20837