MENYALAKAN CAHAYA PENGETAHUAN ALKITAB: PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DENGAN STRATEGI EKSPOSITORI
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i4.53567Keywords:
Strategi Pembelajaran, Pendidikan Agama Kristen, EkspositoriAbstract
Penelitian ini membahas efektivitas strategi pembelajaran ekspositori dalam konteks Pendidikan Agama Kristen (PAK), khususnya dalam membangun pemahaman teologis, karakter, dan respons spiritual siswa. Strategi ekspositori, yang berfokus pada penyampaian materi secara sistematis, jelas, dan terstruktur, tetap menjadi salah satu pendekatan utama dalam pengajaran konsep-konsep teologis yang bersifat abstrak dan membutuhkan pemahaman mendalam. Penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan strategi ekspositori membantu siswa memahami konsep dasar iman Kristen, memperkuat apresiasi terhadap Firman Tuhan, dan menyediakan fondasi yang kokoh sebelum mereka terlibat dalam pembelajaran yang bersifat reflektif maupun aplikatif. Dampak strategi ini terlihat pada peningkatan pemahaman siswa terhadap nilai moral dan etika Kristen, serta kemampuan mereka mengintegrasikan ajaran Alkitab dalam pengambilan keputusan dan perilaku sehari-hari. Selain itu, penelitian ini menyoroti pentingnya kreativitas guru dalam menerapkan strategi ekspositori agar proses pembelajaran tidak bersifat monoton. Penggunaan media pendukung, ilustrasi konkret, contoh kehidupan nyata, serta pertanyaan reflektif terbukti meningkatkan keterlibatan siswa dan memperkaya proses pembelajaran. Lingkungan sekolah juga memiliki peran penting dalam mendukung keberhasilan strategi ini melalui penyediaan sarana teknologi dan pelatihan peningkatan kompetensi pedagogis guru PAK. Temuan penelitian ini menegaskan bahwa strategi ekspositori, jika dikombinasikan dengan metode pembelajaran aktif lainnya, dapat menciptakan pembelajaran PAK yang komprehensif, bermakna, dan berorientasi pada pembentukan karakter Kristiani. Dengan demikian, strategi ekspositori tetap relevan dan efektif untuk digunakan dalam pendidikan spiritual peserta didik di berbagai jenjang sekolah.References
Airy, M., & McLellan, J. (2012). The Bible and Christian education. Baker Academic.
Arends, R. I. (2012). Learning to teach (9th ed.). McGraw-Hill.
Brookfield, S. D. (2015). The skillful teacher: On technique, trust, and responsiveness in the classroom (3rd ed.). Jossey-Bass.
Brown, H. D. (2007). Principles of language learning and teaching (5th ed.). Pearson Education
Graves, M. F., Juel, C., & Graves, B. B. (2011). Teaching reading in the 21st century (5th ed.). Pearson.
Joyce, B., Weil, M., & Calhoun, E. (2015). Models of teaching (9th ed.). Pearson.
Knight, G. R. (2006). Philosophy and education: An introduction in Christian perspective. Andrews University Press.
Kroehler, J. (2010). Teaching the Bible creatively. Abingdon Press.
Molenda, M., Reigeluth, C. M., & Beatty, B. (2014). The instructional design knowledge base: Theory, research, and practice. Routledge.
Ormrod, J. E. (2017). Human learning (7th ed.). Pearson.
Osborne, G. R. (2006). The hermeneutical spiral: A comprehensive introduction to biblical interpretation (2nd ed.). InterVarsity Press.
Pazmiño, R. W. (2008). Foundations of Christian education: An introduction to evangelical perspectives. Baker Academic.
Slavin, R. E. (2019). Educational psychology: Theory and practice (13th ed.). Pearson.
Wilhoit, J. C., & Ryken, L. (2012). Effective Bible teaching (3rd ed.). Baker Academic.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Deswita Ariyanti Tampubolon, Mery Natasya Pasaribu

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




