MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN PENDEKATAN WHOLE LANGUAGE PADA SISWA KELAS IV SDN 1 NGEMPLAKSENENG TAHUN PELAJARAN 2024/2025

Authors

  • Umi Komariyah Universitas Widya Dharma Klaten
  • Basuki Basuki Universitas Widya Dharma Klaten
  • Nanik Herawati Universitas Widya Dharma Klaten
  • Hersulastuti Hersulastuti Universitas Widya Dharma Klaten

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i4.52968

Keywords:

Keterampilan Membaca Pemahaman, Whole Language, Pembelajaran Bahasa Indonesia.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV SD Negeri 1 Ngemplakseneng melalui penerapan pendekatan Whole Language. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri atas tiga pertemuan. Setiap siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian berjumlah 14 siswa yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi aktivitas guru dan siswa, tes keterampilan membaca pemahaman, serta dokumentasi selama proses pembelajaran berlangsung. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan ketercapaian indikator keberhasilan tindakan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan membaca pemahaman siswa setelah diterapkannya pendekatan Whole Language. Pada siklus I, 71,43% siswa mencapai nilai ≥75, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 100%. Peningkatan ini membuktikan bahwa pendekatan Whole Language yang mengintegrasikan kegiatan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis secara terpadu dapat menciptakan pembelajaran yang aktif, kreatif, bermakna, dan menyenangkan bagi siswa sekolah dasar.

References

Arahmana Balista, Mudzanatun & Duwi Nuvitalia. (2023). Penerapan Pendekatan Whole Language dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Komponen Silent Reading Menggunakan Media Cerita Rakyat. Journal of Primary and Children’s Education, Vol. 6, No. 2. Universitas PGRI Semarang, Indonesia.

Cindy Erra Agustin & Agung Setyawan. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa dengan Menggunakan Pendekatan Whole Language pada Siswa Kelas 1 SDN Tanjung Jati. Jurnal Pendidikan Anak dan Pendidikan Umum, Vol. 1 No. 2, Mei 2023. Universitas Trunojoyo Madura.

Esa Denabila, Ahmad Arif Fadilah, & Candra Puspita Rini. (2024). Pengaruh Pendekatan Whole Language Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Kelas IV SDN Kunciran 3 Kota Tangerang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, Vol. 9 No. 4, September 2024. Universitas Muhammadiyah Tangerang.

Irfiana Maulida Ilyas. (2024). Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman melalui Pendekatan Whole Language Siswa Kelas IV UPT SPF SD Inpres Sambung Jawa 1 Kecamatan Mamajang Kota Makassar. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Munandar M. Abdullah. (2024). Penerapan Metode Whole Language dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa di Kelas IV UPTD SD Negeri Bana Kecamatan Pantar Tahun Pelajaran 2023-2024. Skripsi. TKIP Muhammadiyah Kalabahi.

Nur Asiah Andini. (2018). Penerapan Whole Language Approach dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Literal Siswa Kelas III MI Nasyatul Khair. Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Pupung Puspa Ardini & Yenny Ekawati Idris. (2016). Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Whole Language Tipe Reading Aloud terhadap Kemampuan Membaca Permulaan di Kelas I SDN 9 Tilongkabila Bone Bolango. Universitas Negeri Gorontalo.

Riska Fauziah. (2016). Penerapan Whole Language untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia.

Salsabila Pratiwi. (2024). Penerapan Pendekatan Whole Language untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas IV SD Negeri 40 Lumpangan Kecamatan Paj’ukukang Kabupaten Bantaeng. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Siti Aisyah. (2024). Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman melalui Pendekatan Whole Language pada Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Hayatul Islamiyah Kota Depok. Tesis. Universitas Negeri Jakarta

Downloads

Published

2025-12-03

How to Cite

Komariyah, U., Basuki, B., Herawati, N., & Hersulastuti, H. (2025). MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN PENDEKATAN WHOLE LANGUAGE PADA SISWA KELAS IV SDN 1 NGEMPLAKSENENG TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(4), 8182–8190. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i4.52968

Similar Articles

<< < 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.