IMPLEMENTASI TECHNOLOGICAL, PEDAGOGICAL AND CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP NEGERI 1 BAYAT KLATEN

Authors

  • Wahyuningsih Lestari Universitas Widya Dharma Klaten
  • Dwi Bambang Putut Setiyadi Universitas Widya Dharma Klaten
  • Sukini Sukini Universitas Widya Dharma Klaten

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i4.52967

Keywords:

TPACK, Pembelajaran Bahasa Indonesia, Teknologi Pendidikan, Kompetensi Guru, Inovasi Pembelajaran.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Bayat Tahun Ajaran 2025/2026. Latar belakang penelitian didasari oleh pentingnya integrasi teknologi dalam proses pembelajaran abad ke-21 serta peran guru dalam mengembangkan kompetensi profesional berbasis TPACK. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara terstruktur, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari tiga guru Bahasa Indonesia yang mewakili jenjang kelas VII, VIII, dan IX. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah menerapkan komponen TPACK dengan baik, seperti penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi (PowerPoint, video, learning games), pemilihan model dan strategi pembelajaran sesuai kurikulum merdeka, serta penguasaan materi ajar yang relevan dengan perkembangan peserta didik. Namun, masih ditemukan kendala berupa keterbatasan fasilitas teknologi, jaringan internet, serta kemampuan guru dalam mendesain media ajar interaktif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa implementasi TPACK dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran Bahasa Indonesia, namun perlu dukungan pelatihan berkelanjutan bagi guru. Disarankan agar penelitian selanjutnya mengkaji pengaruh TPACK terhadap hasil belajar siswa secara kuantitatif.

References

Amrulloh, F. H. (2022). Kompetensi Technological Pedagogical Content Knowledge Guru Kelas Bersertifikat Pendidik di Kota Malang. UIN Maulana Malik Ibrahim.

Arikunto, S. (2012). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Aqib, Z. (2013). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.

Daryanto. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Koehler, M. J., Mishra, P., & Cain, W. (2013). What is Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK)? Journal of Education, 193(3), 13–19.

Mairisiska, T. (2024). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis TPACK pada Materi Sifat Koligatif Larutan untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, 3(1).

Mardati, A., Sukma, H. H., & Saifudin, M. F. (2022). Integrasi kemampuan TPACK untuk penguatan kompetensi pedagogi guru SD Muhammadiyah se-Kecamatan Moyudan Sleman. Warta LPM, 25(1), 33–43.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (3rd ed.). California: SAGE Publications.

Mishra, P., & Koehler, M. J. (2006). Technological Pedagogical Content Knowledge: A Framework for Teacher Knowledge. Teachers College Record, 108(6), 1017–1054.

Moleong, L. J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nevrita, Asikin, N., & Amelia, T. (2020). Analisis Kompetensi TPACK Guru Melalui Media Pembelajaran Biologi SMA. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 8(2), 204–212.

Palupi, R. (2024). Literasi Digital Guru Bahasa Indonesia dalam Pembelajaran Abad 21. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 9(1), 55–67.

Ramli, M. (2019). Integrasi TPACK dalam Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 8(2), 110–118.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N. S. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Suryani, T., Rahayu, W., & Saptono, A. (2021). Development and Validation of Technological

Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Instrument for Mathematics Teachers in Elementary Schools. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 8(8), 450–460.

Wardani, T., Rahayu, E., & Prasetyo, A. (2022). Penerapan TPACK dalam Penyusunan RPP di SDN 01 Ngadilangkung. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 6(2), 145–156.

Downloads

Published

2025-12-03

How to Cite

Lestari , W., Setiyadi, D. B. P., & Sukini, S. (2025). IMPLEMENTASI TECHNOLOGICAL, PEDAGOGICAL AND CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP NEGERI 1 BAYAT KLATEN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(4), 8191–8197. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i4.52967

Similar Articles

<< < 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.