MEMAHAMI KONSEP KURIKULUM BERBASIS CINTA DALAM PEMBELAJARAN MELALUI KAJIAN FILSAFAT PENDIDIKAN

Authors

  • Anisa Ruhi Shabrina Universitas Negeri Medan
  • Suhaila Putri Siregar Universitas Negeri Medan
  • Daulat Saragi Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i3.51213

Keywords:

Kurikulum Cinta, Ilmu Filsafat, Pendidikan.

Abstract

Artikel ini membahas konsep kurikulum cinta dari sudut pandang ilmu filsafat yang mencakup tiga aspek utama, yaitu ontologis, epistemologis, dan aksiologis. Dari segi ontologis, sumber cinta, tanda cinta, tali cinta dianggap sebagai sifat mendasar dari hubungan yang mengikat manusia dengan orang lain, alam, serta Tuhan, baik secara fisik maupun spiritual. Sumber cinta dipahami sebagai anugerah Ilahi yang menjadi dasar fitrah manusia untuk mengasihi dan dikasihi, baik dalam hubungan dengan Tuhan, sesama, maupun alam semesta. Tanda cinta ditunjukkan melalui sikap, perasaan, serta perbuatan nyata yang mencerminkan kasih sayang, kepedulian, dan pengorbanan. Dari segi epistemologis, tali cinta bisa dipahami melalui pengalaman pribadi, interaksi dengan sesama, serta pengetahuan yang berasal dari wahyu dan pemikiran manusia, sehingga bukan hanya bersifat perasaan, tetapi juga berpikir secara rasional. Dari segi aksiologi, tali cinta berperan sebagai nilai yang memberi pedoman bagi kehidupan manusia agar terus memperhatikan kebaikan, kasih sayang, dan kesejahteraan bersama. Dengan demikian, pembahasan ini menunjukkan bahwa tali cinta bukan hanya perasaan pribadi, melainkan konsep yang memiliki makna dalam membentuk sikap etis, moral, dan tanggung jawab sosial manusia.

References

Agustina, R., & Zaim, M. (2023). RELEVANSI FILSAFAT DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KURIKULUM MERDEKA BELAJAR. 6, 4190–4197.

Aliano, Y. A., & Riyanto, F. X. E. A. (2022). Pemulihan Martabat Manusia dalam Perspektif Metafisika Persahabatan. Jurnal Filsafat Indonesia, 5(2), 162–172.

El-Yunusi, M. Y. M., Yasmin, P., & Mubarok, L. (2023). Ontologi Filsafat Pendidikan Islam (Studi Kasus: Bahan Ajar Penerapan Literasi pada Peserta Didik). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(9), 6614–6624.

Febriyanti, D. M. (2025). Psikologi Dakwah Sebagai Disisplin Ilmu. 01(04), 1483–1487.

Islam, D. K. M. D. J. P., & 2025, K. A. R. I. (2025). Panduan Kurikulum Berbasis Cinta di Madrasah. In Sustainability (Switzerland) (Vol. 11, Issue 1).

Jatmika, B. J., & Amalia, K. (2024). Epistemologi Pendidikan: Elaborasi Pengetahuan untuk Mencapai Keautentisitasan Kecerdasan Manusia. NUSRA : Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan, 5(2), 561–573.

Khairani, V. (2025). KURIKULUM CINTA SEBAGAI STRATEGI MODERASI BERAGAMA DALAM DUNIA PENDIDIKAN: TINJAUAN LITERATUR. 8, 167–186.

Massofia, F. D., & Rahmawati. (2023). Konsep Rahmatan Lil ‘Alamin pada QS. Al-Anbiya: 107 (Kajian Tafsir Qur’an). Al-Fahmu: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 2(2), 143–150.

Pajriani, T. R., Nirwani, S., Rizki, M., Mulyani, N., Ariska, T. O., & Harahap, S. S. A. (2023). Epistemologi Filsafat. PRIMER : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(3), 282–289.

Qamariah, Z., & Anwar, K. (2025). Analisis Konseptual Kurikulum Cinta: Pendekatan Humanistik dan Implikasinya terhadap Pendidikan Islam. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(2).

Ronzon, T. (2025). PANDUAN KURIKULUM BERBASIS CINTA DENGAN. Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14.

Shorihatul, I. (2023). Kurikulum Cinta Menanamkan Nilai Kasih, Toleransi dan Harmoni dalam Pendidikan Sejak Dini. June.

Syaripudin, A., Sukiman, & Hasna, R. (2025). Kurikulum 2013 dan Kurikulum Cinta Kemenag: Strategi Integratif dalam Pendidikan Karakter dan Spiritual. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10, 288–299.

De Porter, Bobbi dan Hernacki, Mike. 1992. Quantum Learning. Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Terjemahan oleh Alwiyah Abdurrahman. Bandung: Penerbit Kaifa.

Fauziddin. 2014. Pembelajaran PAUD Bermain Cerita Menyanyi Secara Islami. Bandung. PT. Remaja Rosda Karya.

Sujimat, D. Agus. 2000. Penulisan karya ilmiah. Makalah disampaikan pada pelatihan penelitian bagi guru SLTP Negeri di Kabupaten Sidoarjo tanggal 19 Oktober 2000 (Tidak diterbitkan). MKKS SLTP Negeri Kabupaten Sidoarjo

Suparno. 2000. Langkah-langkah Penulisan Artikel Ilmiah dalam Saukah, Ali dan Waseso, M.G. 2000. Menulis Artikel untuk Jurnal Ilmiah. Malang: UM Press.

UNESA. 2000. Pedoman Penulisan Artikel Jurnal, Surabaya: Lembaga Penelitian Universitas Negeri Surabaya.

Downloads

Published

2025-09-29

How to Cite

Shabrina, A. R., Siregar, S. P., & Saragi, D. (2025). MEMAHAMI KONSEP KURIKULUM BERBASIS CINTA DALAM PEMBELAJARAN MELALUI KAJIAN FILSAFAT PENDIDIKAN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(3), 7769–7777. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i3.51213

Similar Articles

<< < 13 14 15 16 17 18 19 20 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.