ANALISIS TINGKAT PEMAHAMAN SOSIAL SISWA KELAS III SD SWASTA HKBP 2 SIDORAME MEDAN DALAM PEMBELAJARAN IPS

Authors

  • Gisela Agita Sofia Universitas Negeri Medan
  • Siti Hawaliah Hasibuan Universitas Negeri Medan
  • Driana Stefani Tambunan Universitas Negeri Medan
  • Denny Hairunisia Putri Universitas Negeri Medan
  • Michael Sitorus Universitas Negeri Medan
  • Khairunnisa Khairunnisa Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i3.51082

Keywords:

Understanding, Social, Students, Social Studies

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat pemahaman sosial siswa kelas tiga SD PRIVATE HKBP 2 Sidorame Medan dalam konteks pembelajaran IPS. IPS merupakan mata pelajaran penting dalam pendidikan dasar yang mempersiapkan siswa untuk berpartisipasi aktif dalam masyarakat dengan memahami nilai, norma, dan interaksi sosial. Data dikumpulkan melalui observasi untuk mengukur pemahaman siswa terhadap konsep sosial dan perilaku sosial mereka di kelas menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Temuan penelitian menunjukkan bahwa mayoritas siswa memiliki pemahaman yang baik tentang konsep sosial seperti kerja sama, rasa hormat, dan interaksi sosial. Namun, beberapa siswa masih menunjukkan keengganan untuk bersosialisasi dengan teman sebayanya, seringkali karena rasa malu dan kurang percaya diri. Hal ini juga terlihat pada sesi tanya jawab, di mana hanya sedikit siswa yang merespons dengan cepat, menunjukkan bahwa keterampilan sosial dan pengembangan kepercayaan diri memerlukan perhatian lebih lanjut. Kesimpulannya, meskipun siswa menunjukkan pemahaman kognitif yang memadai terhadap materi IPS, aspek afektif dan sosial perlu diperkuat untuk memastikan penerapan pengetahuan sosial yang efektif dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini memberikan kontribusi pada bidang pendidikan dengan menyoroti pentingnya mengintegrasikan pengembangan keterampilan sosial ke dalam pengajaran ilmu sosial, sehingga tidak hanya menumbuhkan pengetahuan tetapi juga perilaku sosial yang positif dan pembentukan karakter pada siswa sekolah dasar.

References

Akuba, M. (2023). Konsep Penanaman Sikap Sosial Pada Siswa Melalui Pembelajaran Ips Di Sekolah Dasar. Journal Of Education And Teaching Learning, 1(1), 21–26. Https://Doi.Org/10.59211/Mjpjetl.V1i1.13

Ferawati, M. Idris, & D.B. Irawan. (2023). Pemahaman Konsep Siswa Pada Pembelajaran Ips. Jurnal Pendidikan Ips Indonesia, 7(1), 1–12. Https://Doi.Org/10.23887/Pips.V7i1.2464

Jungermann, S. (2023). Kartellrecht. Innovative Rechtsberatung, 7, 111–114. Https://Doi.Org/10.34156/978-3-791-05795-8_13

Parni, Islam, A., Muhammad, S., & Sambas, S. (2020). Pembelajaran Ips Di Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Perbatasan Antarnegara, Diplomasi Dan Hubungan Internasional, 3(2), 96.

Qomariyah, R. S., Ibtihal, K. A., Cahyati, R. D., & ... (2022). Pengaruh Ilmu Pendidikan Sosial Untuk Siswa Sd Di Lingkungan Sekolah. … : Jurnal Pendidikan …, 2, 95–100.Http://Journal.Unigha.Ac.Id/Index.Php/Ee/Article/View/1010%0ahttps://Journal.Unigha.Ac.Id/Index.Php/Ee/Article/Download/1010/916

Rahmad. (2016). Kedudukan Ilmu Pengetahuan Sosial (Ips) Pada Sekolah Dasar Journal Homepage: Http://Ojs.Uniska-Bjm.Ac.Id/Index.Php/Muallimuna. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 67–78. Https://Media.Neliti.Com/Media/Publications/222455-Kedudukan-Ilmu-Pengetahuan-Sosial-Ips-Pa.Pdf

Ramadhani, S., Nursalam, N., & Madani, M. (2022). Penanaman Sikap Sosial Melalui Pembelajaran Ips Pada Siswa Sekolah Dasar Negeri. Gema Wiralodra, 13(1), 181–197. Https://Doi.Org/10.31943/Gw.V13i1.214

Salsabila, N., Nadella, N., Nazhira, N., Andini, N., & ... (2024). Pembelajaran Ips Dalam Pendidikan Karakter Anak Sd/Mi. Journal On …, 06(04), 20460–20465. Https://Jonedu.Org/Index.Php/Joe/Article/View/6149

Yusnaldi, E., Damayanti, L., Irfani, S. Y., & Prastiwi, T. S. (2023). Pentingnya Penanaman Sikap Sosial Peserta Didik Melalui Pembelajaran Ips. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 30407.

Downloads

Published

2025-09-29

How to Cite

Sofia , G. A., Hasibuan, S. H., Tambunan, D. S., Putri, D. H., Sitorus, M., & Khairunnisa, K. (2025). ANALISIS TINGKAT PEMAHAMAN SOSIAL SISWA KELAS III SD SWASTA HKBP 2 SIDORAME MEDAN DALAM PEMBELAJARAN IPS. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(3), 7704–7708. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i3.51082

Most read articles by the same author(s)