REKONSTRUKSI KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS KECERDASAN KOGNITIF: PENDEKATAN NEUROPSIKOLOGIS DALAM PROSES PEMBELAJARAN

Authors

  • Miswar Miswar STAI Tgk Chik Pante Kulu Banda Aceh

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.51080

Keywords:

Rekonstruksi, Kurikulum, Pendidikan Agama Islam, Kecerdasan Kognitif, Neuropsikologis

Abstract

Kurikulum Pendidikan Agama Islam saat ini masih banyak berfokus pada hafalan dan penguasaan materi normatif tanpa memberikan ruang yang cukup untuk pengembangan kecerdasan kognitif peserta didik. Hal ini menyebabkan proses pembelajaran kurang efektif dalam membentuk kemampuan berpikir kritis dan reflektif. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan library research atau studi kepustakaan. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari berbagai artikel jurnal ilmiah, buku akademik, dan laporan hasil penelitian yang telah dipublikasikan secara nasional maupun internasional. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa: 1). Bentuk dan Karakteristik Kurikulum Pendidikan Agama Islam untuk Pengembangan Kecerdasan Kognitif Peserta Didik adalah bahwa kurikulum PAI saat ini masih dominan bersifat normatif, berpusat pada hafalan, dan kurang menstimulasi kemampuan berpikir kritis dan analitis. Karakteristik ini menghambat optimalisasi pengembangan kecerdasan kognitif peserta didik dalam memahami nilai-nilai agama secara rasional dan aplikatif. 2). Konsep Kecerdasan Kognitif dan Pendekatan Neuropsikologis dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam adalah bahwa kecerdasan kognitif meliputi kemampuan berpikir logis, menganalisis, dan menyelesaikan masalah. Pendekatan neuropsikologis mendukung pembelajaran dengan memahami cara kerja otak, sehingga dapat menciptakan strategi pembelajaran agama yang aktif, reflektif, dan sesuai dengan perkembangan kognitif siswa. 3). Model Rekonstruksi Kurikulum Pendidikan Agama Islam yang Berbasis Kecerdasan Kognitif dengan Pendekatan Neuropsikologis adalah bahwa model rekonstruksi kurikulum PAI perlu mengintegrasikan kecerdasan kognitif dan prinsip neuropsikologi dalam seluruh komponennya. Kurikulum diarahkan untuk membentuk pola pikir kritis, materi yang kontekstual, serta metode dan evaluasi yang mendukung perkembangan otak dan pemahaman mendalam terhadap nilai-nilai Islam.

References

Agam, M. and Marlia, A. (2024). Problematika guru pendidikan agama islam dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka belajar di sd negeri 2 jayabakti kabupaten ogan komering ilir. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 8(01), 37-47. https://doi.org/10.35706/wkip.v8i01.11566

Ali, A., Huda, N., & Hermina, D. (2022). Evaluasi pendidikan agama islam di ptu banjarmasin berbasis cipp. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 11(1), 90-100. https://doi.org/10.47668/pkwu.v11i1.663

Ansori, M. (2021). Pengembangan kurikulum madrasah di pesantren. Munaddhomah Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 41-50. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v1i1.32

Asdlori, A. and Yahya, M. (2023). Konsep pembelajaran pai berbasis media digital melalui pendekatan humanistik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3), 1877-1886. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i3.1646

Asnah, A. (2017). Pengembangan metode pembelajaran pai berbasis kecerdasan majemuk. Fitrah Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 227-242. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.771

Aulia, M., Rokhimawan, M., & Nafiisah, J. (2022). Desain pengembangan kurikulum dan implementasinya untuk program pendidikan agama islam. Journal of Education and Teaching (Jet), 3(2), 224-246. https://doi.org/10.51454/jet.v3i2.184

Bungin, B. (2007). Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana.

Elihami, E. and Syahid, A. (2018). Penerapan pembelajaran pendidikan agama islam dalam membentuk karakter pribadi yang islami. Edumaspul - Jurnal Pendidikan, 2(1), 79-96. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v2i1.17

Fatmawaty, F., Zakaria, M., & Hartono, H. (2023). Pengembangan bahan ajar pendidikan agama islam berbasis kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual kelas x di sma it wahdah islamiyah pomalaa. Journal on Education, 5(4), 11334-11344. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2074

George, A. L., & Apter, D. E. (1995). Metode Penelitian Ilmu Sosial. Jakarta: Erlangga.

Ghani, A., Ribahan, R., & Nasri, U. (2023). Paradigma diferensiasi dalam implementasi kurikulum merdeka: konteks pembelajaran pendidikan agama islam di sekolah dan madrasah. El-Hikmah Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Islam, 17(2), 169-179. https://doi.org/10.20414/elhikmah.v17i2.8867

Haluti, F., Jumahir, J., & Sukmawati, S. (2024). Pembelajaran agama islam dan kearifan lokal: strategi integrasi budaya dalam kurikulum sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, 7(2), 125-131. https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v7i2.3495

Harahap, E. (2023). Menggali prinsip-prinsip dan model pembelajaran pendidikan agama islam yang transformatif: membangun kesadaran spiritual dan kemandirian berpikir. Al-Murabbi, 1(1), 113-127. https://doi.org/10.62086/al-murabbi.v1i1.427

Huda, N. (2017). Manajemen pengembangan kurikulum. Al-Tanzim Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 52-75. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v1i2.113

Hudat, M., Prasetio, D., & Suwandi, M. (2022). Penyadaran kekerasan seksual di sekolah: implementasi moderasi beragama dalam pelajaran pendidikan agama islam di smpn 1 kalitidu, bojonegoro. Amorti: Jurnal Studi Islam Interdisipliner, 79-91. https://doi.org/10.59944/amorti.v1i2.27

Irawati, D., Anwar, A., Ruswandi, U., & Arifin, B. (2022). Problematika pembelajaran pendidikan agama islam pada sekolah dasar dan menengah. Jiip - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(12), 5870-5878. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i12.1279

Jalaluddin. (2012). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Jensen, E. (2008). Brain-Based Learning: The New Paradigm of Teaching. California: Corwin Press.

Krippendorff, K. (2004). Content Analysis: An Introduction to Its Methodology (2nd ed.). Thousand Oaks, CA: Sage.

Kusumawati, I. and Nurfuadi, N. (2024). Integrasi kurikulum pesantren dalam kurikulum nasional pada pondok pesantren modern. pendidik., 2(01), 1-7. https://doi.org/10.58812/spp.v2i01.293

Marlina, M. and Iswati, I. (2018). Pengembangan kurikulum ptai menghadapi masyarakat ekonomi asean (mea). Al-I Tibar Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 1-9. https://doi.org/10.30599/jpia.v5i1.305

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mubarok, M. And Yusuf, M. (2024). Manajemen kurikulum pendidikan agama islam multikultural di sekolah menegah atas islam terpadu ar-rahmah dalam menumbuhkan kesadaran siswa terhadap keberagaman masyrakat. Learning Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 199-209. https://doi.org/10.51878/learning.v4i2.2830

Muchlis, A. (2024). Pengembangan kurikulum pendidikan agama islam pada materi multikultural. Tarqiyatuna Jurnal Pendidikan Agama Islam Dan Madrasah Ibtidaiyah, 2(2), 94-99. https://doi.org/10.36769/tarqiyatuna.v2i2.442

Mufrizal, M. and Tamam, B. (2023). Implementasi kurikulum pendidikan agama islam (pai) pada sekolah dasar: studi kasus pada sekolah dasar negeri 002 loa janan ilir. Journal of Scientech Research and Development, 5(2), 618-631. https://doi.org/10.56670/jsrd.v5i2.245

Muhaimin. (2011). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Madrasah, dan Perguruan Tinggi. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Mulyadi, D. (2023). Pendidikan agama islam sebagai sarana membentuk identitas keagamaan dalam masyarakat multikultural. Khazanah, 90-99. https://doi.org/10.51178/khazanah.v2i3.1554

Mulyasa, E. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nafa, Y., Sutomo, M., & Mashudi, M. (2022). Wawasan moderasi beragama dalam pengembangan desain pembelajaran pendidikan agama islam. Edupedia Jurnal Studi Pendidikan Dan Pedagogi Islam, 7(1), 69-82. https://doi.org/10.35316/edupedia.v7i1.1942

Nawawi, A., H, A., Andini, A., & Tabroni, I. (2022). Metode pembelajaran pai di sd plus mutiara insani. Lebah, 15(2), 55-58. https://doi.org/10.35335/lebah.v15i2.74

Noviani, D. (2020). Inovasi kurikulum terhadap pembelajaran pendidikan agama islam di sekolah umum. Taujih Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 17-37. https://doi.org/10.53649/taujih.v2i1.73

Nurjanatin, N. (2021). Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan aktifitas dan hasil belajar pendidikan agama islam siswa. Syntax Idea, 3(8), 1937. https://doi.org/10.36418/syntax-idea.v3i8.1413

Olfah, H. (2024). Pendekatan interdisipliner dalam pemikiran pendidikan islam: memperkuat keterpaduan kurikulum dan metode pembelajaran. Sentri Jurnal Riset Ilmiah, 3(5), 2507-2517. https://doi.org/10.55681/sentri.v3i5.2813

Ornstein, A. C., & Hunkins, F. P. (2014). Curriculum: Foundations, Principles, and Issues. Boston: Pearson Education.

Putra, H. and Dewantoro, M. (2022). Penerapan teori multiple intelligences howard gardner dalam pembelajaran pendidikan agama islam. Madania Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 12(2). https://doi.org/10.24014/jiik.v12i2.18709

Rahmat, R. and Almubarak, M. (2021). Proses pengembangan kurikulum pendidikan agama islam. Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, 4(1). https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v4i1.927

Rahmawati, I. (2022). Pengaruh penggunaan model pembelajaran abad 21 terhadap kemampuan kognitif peserta didik sekolah dasar. Edusaintek Jurnal Pendidikan Sains Dan Teknologi, 9(2), 404-418. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v9i2.461

Santrock, J. W. (2011). Educational Psychology (5th ed.). New York: McGraw-Hill.

Sari, A. and Sirozi, M. (2023). Politik pendidikan islam indonesia masa reformasi (1998-sekarang). Mawa Izh Jurnal Dakwah Dan Pengembangan Sosial Kemanusiaan, 10(1), 20-37. https://doi.org/10.32923/tarbawy.v10i1.3449

Selamet, S. and Zaqiah, Q. (2023). Kebijakan pengembangan kurikulum pendidikan islam (studi histori dan regulasi di indonesia). Tadbiruna, 2(2), 71-85. https://doi.org/10.51192/tadbiruna.v2i2.395

Sinulingga, A. and Milala, G. (2023). Implementasi reward dan punishment oleh guru pendidikan agama katolik dalam meningkatkan minat belajar peserta didik sekolah santo petrus medan. IVL, 6(1), 26-32. https://doi.org/10.63037/ivl.v6i1.19

Slamet, S., Hana, M., & Suratman, S. (2023). Implementasi kurikulum pendidikan agama islam berbasis pendidikan karakter di mts al mujahidin. pendidik., 1(03), 93-101. https://doi.org/10.58812/spp.v1i03.138

Sousa, D. A. (2011). How the Brain Learns (4th ed.). Thousand Oaks, CA: Corwin.

Sudarsono, S. (2020). Implementasi manajemen kurikulum pendidikan agama islam multikultural di ma al-ma'ruf denpasar bali. Widya Balina, 5(1), 26-41. https://doi.org/10.53958/wb.v5i1.49

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N. S. (2007). Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktik. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sulaeman, D., Yusuf, R., Damayanti, W., & Arifudin, O. (2022). Implementasi media peraga dalam meningkatkan mutu pembelajaran. Edumaspul - Jurnal Pendidikan, 6(1), 71-77. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3035

Suprapto, S. (2020). Integrasi moderasi beragama dalam pengembangan kurikulum pendidikan agama islam. Edukasi Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 18(3), 355-368. https://doi.org/10.32729/edukasi.v18i3.750

Suwandi, S. and Widodo, H. (2021). Penerapan kurikulum pai terhadap pembentukan karakter islami siswa mts al-khairiyah pulokencana. Ideas Jurnal Pendidikan Sosial Dan Budaya, 7(3), 127. https://doi.org/10.32884/ideas.v7i3.400

Tyler, R. W. (2013). Basic Principles of Curriculum and Instruction. Chicago: University of Chicago Press.

Wahyudi, A., Suryani, K., & Rohmaningtyas, N. (2023). Penerapan konsep pendidikan berbasis multiple intelligences munif chatib dalam strategi pembelajaran pendidikan agama islam. Jiip - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(12), 9873-9878. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i12.2834

Widiandari, F. and Hamami, T. (2022). Pengembangan kurikulum pendidikan agama islam dalam pendekatan humanistik di indonesia. At-Ta Dib Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 164-174. https://doi.org/10.47498/tadib.v14i2.1562

Woolfolk, A. (2009). Educational Psychology (10th ed.). Boston: Pearson Education.

Yusra, Y. and Iswantir, M. (2024). Signifikansi inovasi kurikulum pendidikan agama islam di era 4.0. An-Nahdlah Jurnal Pendidikan Islam, 3(3), 234-241. https://doi.org/10.51806/an-nahdlah.v3i3.120

Zaqiah, Q. (2022). Kebijakan pengembangan kurikulum pendidikan islam. Al-Munadzomah, 1(2), 97-111. https://doi.org/10.51192/almunadzomah.v1i2.320

Zed, M. (2004). Literature Review: Langkah-Langkah Penelitian Ilmiah. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Zuhairini, et al. (2008). Metodologi Pengajaran Agama. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2024-12-29

How to Cite

Miswar, M. (2024). REKONSTRUKSI KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS KECERDASAN KOGNITIF: PENDEKATAN NEUROPSIKOLOGIS DALAM PROSES PEMBELAJARAN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(4), 19424–19435. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.51080

Similar Articles

<< < 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.