PENGARUH E-WOM (ELECTRONIC WORD OF MOUTH) DI MEDIA SOSIAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN

Authors

  • Sintiya Tsalisa Agustina Universitas Trunojoyo Madura
  • Triana Setiyarini Universitas Trunojoyo Madura

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i3.51073

Keywords:

Keputusan pembelian, Media sosial, e-WOM, Konsumen.

Abstract

Dalam era digital yang semakin berkembang, Electronic Word of Mouth (eWOM) telah menjadi salah satu faktor yang signifikan dalam membentuk keputusan pembelian konsumen. Artikel ini menyelidiki dampak eWOM pada perilaku pembelian konsumen dengan menggunakan data survei dari sejumlah responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa eWOM memiliki pengaruh yang kuat terhadap preferensi dan keputusan pembelian konsumen. Faktor-faktor seperti kepercayaan terhadap sumber eWOM, kesesuaian informasi dengan kebutuhan konsumen, dan kualitas ulasan eWOM juga terbukti memengaruhi pengaruhnya. Temuan ini memberikan wawasan penting bagi pemasar dan perusahaan dalam merancang strategi pemasaran online yang lebih efektif. Memahami bagaimana eWOM memengaruhi keputusan pembelian konsumen dapat membantu meningkatkan reputasi merek, meningkatkan kualitas produk atau layanan, dan mengoptimalkan upaya pemasaran online. Kesimpulannya, eWOM memainkan peran sentral dalam ekosistem pembelian konsumen modern dan memiliki implikasi signifikan pada strategi bisnis dan pemasaran.

References

Ghozali, I. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Undip. Semarang.

Goldenberg, J., Han, S., Lehmann, D. R., & Hong, J. W. 2009. The role of hubs in the adoption process. Journal of Marketing, 73(2), 1-13.

Hasan, A. 2010. Marketing dari Mulut ke Mulut. Edisi pertama, Media Pressindo. Yogyakarta.

Muhson, A. 2006. Teknik Analisis Kuantitatif. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.

Christy M,K,C., dan Lee-Matthew, K,O. (2010). What’s Drives Consumers to Spread Electronic Word of Mouth in Online Consumer-Opinion Platforms. Article Of Decision Support System.

Bashari, A., Ahmad, I., dan Wasiq, M. 2012. Effectiveness of Social Media as a Marketing Tool: an Empirical Study. International Journal of Marketing, Financial Services & Management Research. (1)11. 88-99.

Prayoga, I., & Mulyandi, M. R. (2020). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Fore Coffee. Jurnal Syntax Transformation, 1(5), 136-140.

Gruen, T. W., Osmonbekov, T., Czaplewski, A. J. 2006. eWOM: The Impact Of Customer-To-Costumer Online Know-How Exchange On Customer Value And Loyalty, Journal of Business Research, 59(4): 449-456.

Engle, F. J., Blackwell, R. D., Miniard, P. W. 1995. Perilaku Konsumen. Edisi keenam. Jilid 2. Jakarta: Binarupa Aksara.

Noor, J. 2016. Metodologi Penelitian.: Kencana Prenada Media. Group. Panjika 2000. Alfabeta. Jakarta.

Goyette, I., Ricard, I., Bergeron, I., & Marticotte, F. 2010. E-WOM Scale: Word of Mouth Measurement Scale for e-Services Context, Canadian Journal of Administrative Sciences, 27(1), 5-23.

Khan, M. 2006. Consumer Behaviour and Advertising Management. New Age International (P) Limited, Publisher. New Delhi.

Jalilvand, M.R. and Samiei, N. 2012. The Effect of Electronic Word of Mouth on Brand Image and Purchase Intention, Marketing Intelligence & Planning, 30(4): 5-6.

Fitria, S. E. 2016. Analisis Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Proses Keputusan Pembelian (Studi Pada Go-Jek). Universitas Telkom Bandung. Vol.3, No1.

Ghozali, I. 2007. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Edisi Ketiga. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Wijaya, T. 2014. Pengaruh electronic word of mouth (ewom) terhadap keputusan pembelian kamera Dslr (Doctoral dissertation, Program Studi Manajemen FEB-UKSW).

Senecal, S., & Nantel, J. 2004. The influence of online product recommendations on consumers' online choices. Journal of Retailing, 80(2), 159-169.

Ghozali, I. 2008. Statistik Nonparametrik, Badan Penerbit UNDIP. Semarang.

Lupiyoadi, R. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa: Teori dan Praktik. Salemba Empat. Jakarta.

Ferdinand, A. 2014. Pengembangan minat beli merek ekstensi. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Adeliasari, Ivana, V., & Thio, S. 2010. Electronic Word-Of-Mouth Dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Di Restoran Dan Kafe Di Surabaya. Unpublished journal.

Ramadhani, B. 2015. Pengaruh Electronic Word Of Mouth (Ewom) Terhadap Keputusan Pembelian Di Surabaya (Studi Terhadap Toko Online Zalora Dan Berry Benka, Artikel Ilmiah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perbanas Surabaya.

APJII. 2019. BULETIN APJII EDISI 33 - Januari 2019. Tanggal diakses 1 Maret 2019.

Nyoko, A. E., & Semuel, A. D. D. (2021). Pengaruh Electronic Word of Mouth (E-WOM) di media sosial Facebook terhadap keputusan pembelian. JOURNAL OF MANAGEMENT Small and Medium Enterprises (SME's), 14(1), 63-76.

Azwar, S. 2000. Reliabilitas dan Validitas, Pustaka Belajar. Yogyakarta.

Downloads

Published

2025-09-29

How to Cite

Agustina, S. T., & Setiyarini, T. (2025). PENGARUH E-WOM (ELECTRONIC WORD OF MOUTH) DI MEDIA SOSIAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(3), 8019–8025. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i3.51073

Similar Articles

<< < 15 16 17 18 19 20 21 22 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.