PENGARUH HARGA DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MIE GACOAN KENJERAN SURABAYA

Authors

  • Elysa Puji Nur Rochmah Universitas Trunojoyo Madura
  • Triana Setiyarini Universitas Trunojoyo Madura

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i3.51072

Keywords:

Harga, Lokasi, Keputusan Pembelian.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh harga dan lokasi terhadap keputusan pembelian konsumen di Mie Gacoan Kenjeran Surabaya. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dan melibatkan 97 responden yang merupakan mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura yang berusia 18-23 tahun, pernah membeli Mie Gacoan di Kenjeran Surabaya penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Penelitian ini menemukan bahwa harga memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, dengan p-value sebesar 0,000, yang menunjukkan bahwa semakin positif pandangan konsumen terhadap harga, semakin mantap keputusan mereka untuk membeli. Koefisien jalur variabel harga terhadap keputusan pembelian adalah 0,423, yang berarti setiap kenaikan 1unit pada harga akan meningkatkan keputusan pembelian sebesar 0,423 unit. Selain itu, lokasi yang strategis dan mudah diakses juga berkontribusi terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini memberikan wawasan penting bagi pelaku usaha dalam merumuskan strategi pemasaran yang efektif untuk menarik dan mempertahankan konsumen di pasar kuliner yang semakin kompetitif.

References

Aprillia Dewi Ratnasari , Harti. (2016). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Lokasi, Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Di Djawi Lanbistro Coffee and Resto Surabaya, 1-11.

Ardiansyah, I. (2019). Jurnal Binawakya. Pengaruh harga dan fasilitas terhadap keputusan berkunjung wisatawan di taman impian jaya ancol Jakarta dengan metode structural equation modeling. , 2235 – 2248.

Biantoro, R. (2021). Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis. PENGARUH LOKASI DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MARTABAK BAPR, 40-49.

Desai, D., Phadtare, M. (2017). Vision. Attributes influencing retail store choice decision of shoppers: A case of pune city., 1-14.

Hanggita, A. T. (2018). Jurnal Manajemen Bisnis. Analisis faktor pemilihan lokasi usaha jasa pada umkm di kecamatan paciran., 167-176.

Jaya Permana Widwi, Handari Adji. (2021). Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi). Pengaruh Lokasi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian DI Khanza Barokah Minimarket, 1692-1701.

Kotler, P., Keller, K. L. (2016). Marketing Management. Boston: Pearson Education, (15 Ed).

M. Fatihadi Rahmanto Wibowo, Rusminah HS. (2021). Jurnal Distribusi. Pengaruh kualitas produk, harga dan lokasi terhadap keputusan pembelian coffe shop komunal, 119-136.

Sugiyono. (2018). Alfabeta. Metode Penelitian Kuantitatif, 130.

Zulkarnaen, W., Fitriani, I., Yuningsih, N. (2020). Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntasi). Pengembangan Supply Chain Management Dalam Pengelolaan Distribusi Logistik Pemilu Yang Lebih Tepat Jenis, Tepat Jumlah Dan Tepat Waktu Berbasis Human Resources Competency Development Di KPU Jawa Barat., 222-243.

Downloads

Published

2025-09-29

How to Cite

Rochmah, E. P. N., & Setiyarini, T. (2025). PENGARUH HARGA DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MIE GACOAN KENJERAN SURABAYA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(3), 7966–7972. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i3.51072

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 

You may also start an advanced similarity search for this article.