PEMBENTUKAN AKHLAKUL KARIMAH SANTRI DI PONDOK PESANTREN AL-QURRO BANDAR LAMPUNG

Authors

  • Karni Karni Universitas Muhammadiyah Lampung
  • Mardiana Mardiana Universitas Muhammadiyah Lampung
  • Arizal Eka Putra Universitas Muhammadiyah Lampung

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i3.50803

Keywords:

Pondok Pesantren, Pembentukan Akhlakul kkarimah, Santri

Abstract

Pembentukan Akhlakul Karimah memiliki maksud yang wajib tergapai, maka terperlukan taktik yang sesuai, agar maksud yang terkehendaki dan sasaran yang sudah tertetapkan bisa tergapai dengan bagus, dan santri dapat memiliki karakter yang kokoh. Oleh karena itu pembentukan akhlakul santri merupakan wujud ikhtiar dalam memberikan keringanan dan keberhasilan seseorang dalam pembentukan akhlakul karimah. Studi ini mengaplikasikan teknik pemaparan dengan sudut pandang mutu, teknik penghimpunan keterangan lewat tanya jawab, pengamatan, dan penulisan, riset ini terlaksana di tempat pelajar Al-Qurro Bandar Lampung, penelitian ini difokuskan pada santri,wali santri,ustadz,ustadzah dan pimpinan pondok pesantren Al-Qurro Bandar Lampung. Hasil penelitian yang ditemukan dalam pembentukan akhlakul karimah pelajar asrama akan meniru sesuatu yang terdengar dan terlihat. Karena itu, budi pekerti yang berkualitas perlu terbentuk dan dibina sejak anak usia kecil sebab masa ini merupakan saat kritis bagi pembentukan budi pekerti seseorang. Di antara sekian banyak metode, dan yang diusulkan oleh pimpinan pondok pondok pelajar dalam rangka membentuk tabiat murid adalah lewat pengbiasaan dan Melalui Ibrah (Mengambil Hikmah). Dalam hal ini peneliti mengambil kesimpulan bahwa pembentukan akhlakul karimah santri di pondok pesantren sangat baik dari mulai pimpinan ustadz, ustadzah serta wali santri memberikan Pendidikan perilaku melalui praktik dan pembiasaan serta santri terbentuk karakter yang baik.

References

Azyumardi, Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru (Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1999),

Nurcholish Madjid, Bilik-Bilik Pesantren:Sebuah Potert Perjalanan (Jakarta: Paramadina, 1997).

Hendi Burahman, “Peranan Pondok Pesantren Al Chafidhi Dalam Pembinaan Akhlak...”, Skripsi (Malang: UIN Malang, 2008),

M. Hadi Purnomo, Manajemen Pendidikan Pondok Pesantren (Bildung Pustaka Utama, 2017). Hariadi, Evolusi Pesantren “ Studi Kepemimpinan Kiai Berbasis Orientasi ESQ”, (Yogyakarta:

LKIS Yogyakarta, 2015),

Mastuhu, Dinamika Sistem Pendidikan Pesantren: Suatu kajian Tentang Unsur dan Nilai Sistem pendidikan Pesantren (Jakarta: INIS, 1994),

Syaiful Sagala, “Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan Pondok Pesantren,” Jurnal Tarbiyah Vol.22, No.2 (2015).

Sugiyono, Metode Penelitian Manajemen, Edisi IV. (Bandung: ALVABETA, 2015). Matthew

B. Miles dan Michael Huberman, Analisis Data Kualitatif, Terjemahan. (Jakarta: UI Press, 1992).

Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif (Jakarta: Remaja Rosdakarya, 1990). Sugiyono, Metode Penelitian Manajemen, IV. (Bandung: ALVABETA, 2015).

Djam’at santori dan aan komariah, metodologi penelitian kualitatif (bandung ALFABET 2017)

Ansyori, Fiqri Imam, dkk. (2021). Penanaman Nilai-nilai Akhlaqul Karimah Peserta Didik Dalam Menanggulangi Pengaruh Negatif di Era Globalisasi di Sekolah Menengah Atas Islam Almaarif Singosari Malang. Vicratina Jurnal Pendidikan Islam 6 (1) 27-29

Sitompul, Hafsah. (2016). Metode Keteladanan Dan Pembiasaan Dalam Penanaman NilaiNilai Dan Pembentukan Sikap Pada Anak. Jurnal Darul ’Ilmi 04: 54–62

Hidayatullah, M. F. (2019). Model Pendidikan Karakter Sepenuh Hati Pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Elementeris, 1(2).

Downloads

Published

2025-09-20

How to Cite

Karni, K., Mardiana, M., & Putra, A. E. (2025). PEMBENTUKAN AKHLAKUL KARIMAH SANTRI DI PONDOK PESANTREN AL-QURRO BANDAR LAMPUNG. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(3), 7631–7634. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i3.50803

Similar Articles

<< < 1 2 3 

You may also start an advanced similarity search for this article.