STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA DI MTS NEGERI 02 SELUMA

Authors

  • Metri Siska Ananda Putri Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i3.50325

Keywords:

Strategi Guru, Minat Membaca, MTS Negeri 02 Seluma, Deskriptif Kualitatif, Budaya Literasi.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara mendalam strategi yang diterapkan oleh guru dalam meningkatkan minat membaca siswa di MTS Negeri 02 Seluma. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan pendekatan yang menekankan pada penggambaran sistematis, faktual, dan akurat terhadap fenomena yang sedang berlangsung. Data dikumpulkan melalui tiga teknik utama, yaitu observasi langsung terhadap proses pembelajaran di dalam dan luar kelas, wawancara mendalam dengan tiga guru Bahasa Indonesia yang mengajar di tingkat kelas VII, VIII, dan IX, serta dokumentasi berupa catatan pembelajaran, buku penghubung, foto kegiatan membaca, dan profil lembaga. Penelitian ini dilakukan selama satu bulan, mulai dari tanggal 15 Mei hingga 15 Juni 2025 di kelas VIII MTS Negeri 02 Seluma. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menerapkan berbagai strategi efektif untuk meningkatkan minat baca siswa. Strategi tersebut meliputi observasi karakteristik siswa sebagai dasar penyesuaian metode pembelajaran, penerapan kontrak belajar yang menumbuhkan kesadaran dan tanggung jawab siswa terhadap kegiatan membaca, pemberian waktu khusus membaca mandiri sebelum pelajaran dimulai, serta pemanfaatan fasilitas perpustakaan sekolah dan pojok baca di kelas sebagai sarana memperluas akses bahan bacaan. Selain itu, guru juga menyesuaikan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan media pembelajaran agar lebih relevan dan menarik bagi siswa. Evaluasi minat baca dilakukan secara berkelanjutan melalui pretest dan posttest, dengan pemberian remedial secara personal bagi siswa yang belum mencapai target. Keseluruhan strategi ini berhasil menciptakan budaya literasi yang positif dan konsisten di lingkungan sekolah, sehingga meningkatkan minat dan kebiasaan membaca siswa secara signifikan.

References

Dinihari, Y., Nazelliana, D., & Purwanti, P. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Java Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Anak Usia Dini. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 9(1), 15–23.

Flassy, M., Karetji, Y. N. A., & Renyaan, D. (2024). Penguatan Budaya Literasi melalui Penulisan Karya Tulis Ilmiah pada Siswa-Siswi SMA Negeri 1 Sentani Kabupaten Jayapura. Jurnal Inovasi Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(2), 257–262.

Hermawan, A. H., Hidayat, W., & Fajari, I. (2020). Manajemen Perpustakaan Dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 5(1), 113–126. https://doi.org/10.15575/isema.v5i1.6151

Hidayat, A. (2023). Bahan Aja Membaca Puisi Berbasis Pendekatan Kontekstual Untuk Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Universitas Negeri Jakarta.

Kartini, D., & Yuhana, Y. (2019). Peran kepala sekolah dalam mensukseskan program literasi. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 4(2), 137–144.

Kawijaya, J., & Sari, T. M. (2024). Pendampingan Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) di SMP Negeri 1 Metro. Member: Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat, 3(6).

Rahmah, Y. M., Jamaludin, U., & Pribadi, R. A. (2023). Optimalisasi Geraka Literasi Sekolah dengan Pojok Baca Terhadap Minat Baca Peserta Didik Kelas Va SD Negeri Rawu. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 5291–5302.

Suhara, Y. I., Kiska, N. D., & Aldila, F. T. (2022). Hubungan Karakter Gemar Membaca terhadap Hasil Belajar Tematik Peserta Didik Sekolah Dasar. Integrated Science Education Journal, 3(1), 11–15.

Susilo, S. V. (2016). Metode Pembelajaranpengetahuan Awal Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(1), 150–167.

Tarigan, H. G. (1987). Membaca: sebagai suatu keterampilan berbahasa. (No Title).

West, M., & Ei, C. H. (2014). Reading in the mobile era: A study of mobile reading in developing countries. UNESCo.

Dinihari, Y., Nazelliana, D., & Purwanti, P. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Java Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Anak Usia Dini. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 9(1), 15–23.

Flassy, M., Karetji, Y. N. A., & Renyaan, D. (2024). Penguatan Budaya Literasi melalui Penulisan Karya Tulis Ilmiah pada Siswa-Siswi SMA Negeri 1 Sentani Kabupaten Jayapura. Jurnal Inovasi Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(2), 257–262.

Hermawan, A. H., Hidayat, W., & Fajari, I. (2020). Manajemen Perpustakaan Dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 5(1), 113–126. https://doi.org/10.15575/isema.v5i1.6151

Hidayat, A. (2023). Bahan Aja Membaca Puisi Berbasis Pendekatan Kontekstual Untuk Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Universitas Negeri Jakarta.

Kartini, D., & Yuhana, Y. (2019). Peran kepala sekolah dalam mensukseskan program literasi. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 4(2), 137–144.

Kawijaya, J., & Sari, T. M. (2024). Pendampingan Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) di SMP Negeri 1 Metro. Member: Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat, 3(6).

Rahmah, Y. M., Jamaludin, U., & Pribadi, R. A. (2023). Optimalisasi Geraka Literasi Sekolah dengan Pojok Baca Terhadap Minat Baca Peserta Didik Kelas Va SD Negeri Rawu. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 5291–5302.

Suhara, Y. I., Kiska, N. D., & Aldila, F. T. (2022). Hubungan Karakter Gemar Membaca terhadap Hasil Belajar Tematik Peserta Didik Sekolah Dasar. Integrated Science Education Journal, 3(1), 11–15.

Susilo, S. V. (2016). Metode Pembelajaranpengetahuan Awal Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(1), 150–167.

Tarigan, H. G. (1987). Membaca: sebagai suatu keterampilan berbahasa. (No Title).

West, M., & Ei, C. H. (2014). Reading in the mobile era: A study of mobile reading in developing countries. UNESCo.

Aeni, Ani Nur. 2019. Pendidikan Karakter Untuk Mahasiswa PGSD. Sumedang: UPI Press.

Abidin, Faizal Ahmad. 2024. Minat Baca di Indonesia Masih Rendah, Tantangan dan Solusi Bagi Literasi Nasional. (https://www.kompasiana.com/ahmad090104/6705d1ebc925c4

4ba74a5c82/unesco-minat-baca-di-indonesia-masih-rendah-tantangan-bagiliterasi-nasional?page=all&page_images=1.

Andhika, M Rezki. 2021. Upaya Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa. AlIhtirafiah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 9, no. 2.

Faiz, Aiman. 2022. Pemanfaatan Pojok Baca Dalam Menanamkan Minat Baca Siswa Kelas 3 di SDN 1 Semplo. Jurnal Lensa Pendas 7, no. 1.

Hadi, Imam Anas. 2020. Strategi Pembelajaran Inovatif Kooperative Di Masa Pandemi. Jurnal Inspirasi 4, no. 2.

Hartono, Jogiyanto. 2018. Metoda Pengumpulan Dan Teknik Analisis Data. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Ismai, Taupik. 2023. “ Agar Anak bangsa tak rabun dalam membaca dan tak pincang dalam mengarang. Pidato peanugrahan gelar kehormatan doctor honoris causa dibidang Pendidikan sastra, di Univerisitas negeri Yogyakarta.

Jondor, Anita. 2022. Analisis Kurikulum Merdeka Dalam Mengatasi Learning Loss Di Masa Pandemi Covid-19 (Analisis Studi Kasus Kebijakan Pendidikan),” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 4, no. 4 (2022): 5150–61, https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3106.).

Kasanova, Ria. 2021. Pengembangan Literasi Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa Di SDN Gladak Anyar IV. Journal on Education 3, no. 4.

Lestari, Putri Winda. 2021. Peningkatan Minat Baca Dengan Program Generasi Masyarakat Gemar Membaca Di RPTRA Cililitan Jakarta Timur. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.

Mardiana, Lina. 2021. Pondok Literasi Sebagai Upaya Mengembangkan Minat Baca Anak Di Dusun Tanah Betian. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang 1, no. 1.

Moleong, Lexy J. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Musbikin, Imam. 2019. Penguatan Pendidikan Karakter: Referensi Pembelajaran Untuk Guru Dan Siswa SMA/MA. Bandung: Nusamedia.

Nursalim. 2005. Pengantar Kemampuan Berbahasa Indonesia. Pekanbaru: Infinite.

Ratna, Nyoman. 2008. Penelitian Sastra. Yogyakarta : Pustaka Belajar.

Rahim, Farida. 2005. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar, Jakarta : Bumi Aksara.

Sabri, M Alisuf. 2005. Psikologi Pendidikan, Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya.

Syadila, Febiyana. 2021. Minat Baca dengan Menjadikan Perpustakaan sebagai Tempat Atau Pusat Informasi Yang Menghibur. Jurnal Pustaka Budaya 8, no. 1.

Susetyo. 2010. Penelitian Kuantitatif dan Penelitian Tindakan Kelas. Universitas Bengkulu.

Solihin, Ismail. 2012. Manajemen Strategi. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Sujanto, Agus. 2006. Psikologi Umum. Jakarta: Aksara Baru.

Tarigan, Hanry Guntur. 2014. Pendidikan Keterampilan Berbahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.

Ulfah, Emiliya. 2021. Strategi Pembelajaran Tematik Akidah Akhlak Di Madarasah Ibtidaiyah. Jakarta: Universitas Indonesia (UI Press).

Wijaya. 2020. Analisis Data Kualitatif Teori Konsep Dalam Penelitian Pendidikan. Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.

Downloads

Published

2025-09-10

How to Cite

Putri, M. S. A. (2025). STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA DI MTS NEGERI 02 SELUMA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(3), 7526–7532. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i3.50325

Similar Articles

<< < 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.