ANALISIS KEMATANGAN WEBSITE DPMPTSP DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK DI KABUPATEN NIAS

Authors

  • Tulus Enoni Kristian Gulo Institut Pemerintahan Dalam Negeri
  • Muhammad Tosan Bingamawa Institut Pemerintahan Dalam Negeri

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i3.49558

Keywords:

Website Pemerintah, Pelayanan Publik, SPBE, Kematangan Website

Abstract

Pelayanan publik yang efektif dan efisien menjadi tuntutan dalam penyelenggaraan pemerintahan modern, termasuk di Kabupaten Nias yang tengah mendorong transformasi digital melalui penguatan website DPMPTSP sebagai media layanan publik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kematangan website DPMPTSP dalam meningkatkan pelayanan publik di Kabupaten Nias dan faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat dalam tingkat kematangan website DPMPTSP. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan induktif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa website DPMPTSP Kabupaten Nias sudah sangat baik, tetapi masih terkendala dengan keterbatasan pada jaringan, intensitas padamnya listik yang tinggi dan pemanfaatan teknologi digital yang belum optimal. Kesimpulannya, dibutuhkan penguatan kapasitas teknis dan kelembagaan dalam pengelolaan website serta integrasi layanan digital yang berorientasi pada kebutuhan masyarakat guna meningkatkan kualitas pelayanan publik di Kabupaten Nias.

References

Peraturan Bupati Nias Nomor 14 Tahun 2023 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik.

Peraturan Bupati Nias Nomor 58 Tahun 2021 tentang Perubahan atas Peraturan Bupati Nias Nomor 20 Tahun 2019 tentang Pemanfaatan Website di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Nias.

Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 16 Tahun 2022 tentang Kebijakan Umum Penyelenggaraan Audit Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

Batinggi, A., & Ahmad, B. (2014). Manajemen Pelayanan Umum. Universitas Terbuka.

Bogdan, R. C., & Biklen, S. K. (2007). Qualitative Research for Education: An Introduction to Theory and Methods (5th ed.). Pearson Education, Inc.

Creswell, J. W. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (5th ed.). SAGE Publications.

Denhardt, J. V., & Denhardt, R. B. (2003). The New Public Service: Serving Not Steering. Armonk, NY: M.E. Sharpe.

Dwiyanto, A. (2006). Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. Yogyakarta: UGM Press.

Fitzsimmons, J. A., & Fitzsimmons, M. J. (1994). Service Management for Competitive Advantage. New York: McGraw-Hill, Inc.

Forrester. (2017). The Digital Maturity Model 5.0.

Huberman, M., & Miles, M. B. (1992). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI Press.

Hikmawati, F. (2019). Metodologi Penelitian. Depok: Rajawali Pers.

Kumar, R. (2011). Research Methodology: A Step by Step Guide for Beginners. California, New Delhi, Singapore: SAGE Publications Ltd.

Moenir. (1995). Manajemen Pelayanan Umum. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Montesquieu, C. L. (1748). The Spirit of Laws.

Neuman, W. (2017). Metodologi Penelitian Sosial: Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jakarta: PT Indeks.

Nurdin, I., & Hartati, S. (2019). Metodologi Penelitian Sosial. Surabaya: Media Sahabat Cendekia.

Raco, J. R. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Grasindo.

Rakhmat, J. (2017). Metode Penelitian Komunikasi: Dilengkapi Contoh Analisis Statistik dan Penafsirannya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ratminto, & Winarsih, A. S. (2016). Manajemen Pelayanan: Pengembangan Modal Konseptual, Penerapan Culture Charter dan Standar Pelayanan Minimal. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Riazi, A. M. (2016). The Routledge Encyclopedia of Research Methods in Applied Linguistics. London & New York: Routledge Taylor & Francis Group.

Sinambela, L. P. (2011). Reformasi Pelayanan Publik: Teori, Kebijakan, dan Implementasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Edisi ke-2). Bandung: Alfabeta.

The World Bank Group (Falih Suaedi, Bintoro Wardianto). (2010). E-Government.

Simangunsong, J. (2010). Pengembangan E-Government di Indonesia. MTI-Ilmu Komputer-UI.

Statistik, B. P., & Nias, K. (2024). Catalogue: 1102001.1201.

Aras, A., & Büyüközkan, G. (2023). Digital Transformation Journey Guidance: A Holistic Digital Maturity Model Based on a Systematic Literature Review. Systems, 11(4), 1–31. https://doi.org/10.3390/systems11040213

Cahyadi, A. (2003). E-Government: Suatu Tinjauan Konsep dan Permasalahan. Binus Journal Publishing, 4(1). https://doi.org/10.21512/tw.v4i1.3796

Choirunnisa, L., Oktaviana, T. H. C., Ridlo, A. A., & Rohmah, E. I. (2023). Peran Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE) Dalam Meningkatkan Aksesibilitas Pelayanan Publik di Indonesia. Sosio Yustisia: Jurnal Hukum Dan Perubahan Sosial, 3(1), 71–95.

Febrianty, I., Antoni, D., Syamsuar, D., & Firdaus, A. (2024). Maturity Level Literasi Teknologi, Informasi, dan Komunikasi (TIK) pada Tenaga Kesehatan di Puskesmas Kota Palembang. Jurnal Pengembangan Sistem Informasi dan Informatika, 4(3), 9–25. https://doi.org/10.47747/jpsii.v4i3.1684

Harsini, H. (2018). Transparansi Pelayanan Publik Pada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Pekanbaru. Jurnal Niara, 10(2), 65–71.

Syuhada, M. H., Basnella, R., & Zahraty, W. (2024). Analisis Kematangan Digital Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Agam Menggunakan Digital Maturity Model 5.0. Jurnal Teknologi dan Komunikasi Pemerintahan, 6(1), 125–146. https://doi.org/10.33701/jtkp.v6i1.4475

Taqiya, N. A., Mukaromah, S., & Pratama, A. (2020). Analisis Tingkat Kematangan SPBE di Dinas Komunikasi dan Informatika Jawa Timur. SCAN - Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, 15(1), 22–33. https://doi.org/10.33005/scan.v15i1.1849

Rahman, K. (2018). Pelayanan Pemerintahan.

Ahmad, Z. (2017). Sejarah Komunitas XYZ: Tinjauan dari Dokumen Sejarah. Skripsi.

Budi, A. (2018). Studi Pengaruh Tekanan Akademik Terhadap Prestasi Mahasiswa. Skripsi.

Joko, M. (2020). Pengalaman Pekerja Migran di Luar Negeri: Sebuah Studi Kualitatif. Skripsi.

Rina, S. (2021). Perilaku Konsumen di Pasar Tradisional: Sebuah Analisis Observasional. Skripsi.

Siti, R. (2019). Analisis Implementasi Kebijakan Pendidikan di Sekolah Menengah. Skripsi

Kompasiana. (n.d.). Permasalahan Pelayanan Publik di Indonesia dan Solusinya. https://www.kompasiana.com/arindhiniamalia/650e601808a8b55be266d122/permasalahan-pelayanan-publik-di-indonesia-dan-solusinya

Downloads

Published

2025-08-13

How to Cite

Gulo, T. E. K., & Bingamawa, M. T. (2025). ANALISIS KEMATANGAN WEBSITE DPMPTSP DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK DI KABUPATEN NIAS. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(3), 7173–7179. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i3.49558