IMPLEMENTASI METODE NATURE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VIII SMP SWASTA RK MAKMUR (BUDI MURNI 4) MEDAN

Authors

  • Artha Uli Br Silalahi Universitas Negeri Medan
  • Abdurahman Adisaputera Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.48837

Keywords:

Nature Learning, Keterampilan Menulis Puisi, Pembelajaran Kontekstual, Pengalaman Langsung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi metode nature learning dalam pembelajaran keterampilan menulis puisi pada siswa kelas VIII SMP RK Makmur (Budi Murni 4) Medan. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian siswa kelas VIII-3. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode nature learning melalui kegiatan di alam terbuka mampu meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa. Siswa yang sebelumnya mengalami kesulitan dalam menemukan ide, memilih diksi, dan menyusun puisi, menunjukkan peningkatan kreativitas, keberanian mengekspresikan perasaan, serta kemampuan menggunakan bahasa yang puitis setelah mengikuti proses pembelajaran. Kendala awal seperti kurangnya imajinasi dan rasa tidak percaya diri secara bertahap dapat diatasi melalui pendampingan guru dan pengalaman langsung di lapangan. Pembelajaran menjadi lebih bermakna karena menggabungkan pengalaman nyata dengan ekspresi sastra. Dengan demikian, metode *nature learning* efektif membangun sikap positif, ekspresif, dan kreatif siswa dalam menulis puisi

References

Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Abdillah, & Rahmat Hidayat. (2019). Ilmu Pendidikan Konsep, Teori, dan Aplikasinya. Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).

Adisaputera, A., Hadi, W., & Hutagalung, T. (2020). Pembinaan Kemampuan Menulis Puisi Di Padepokan Iqro Desa Kolam Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 26(4), 175.

Anggraeni, I. (2019). Pengertian Implementasi dan Pendapat Ahli. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 16–36.

Ardi Aldila, Surastina, D. P. (2021). Pengaruh Penggunaan Metode Nature Learning Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Pada Siswa Kelas X Sma Al Azhar 3 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia STIKIP PGRI Bandar Lampung.

Barus, A. B., Shalsabilla, K., Adzania, V., Agustina, V., & Siregar, M. W. (2024). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Menggunakan Metode Nature Learning Pada Siswa Kelas VIII-6 SMP Pahlawan Nasional. Pragmatik : Jurnal Rumpun Ilmu Bahasa Dan Pendidikan, 2(3).

Coleridge, S. T. (1852). The Works. In Oxford University: Vol. XXX. Crissy & Markle, goldsmitsh’s hall, library street.

Daniasari, S. (2024). Pengaruh Metode Nature Learning Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Bebas Siswa Kelas X Ma Hasan Muchyi Pagu Tahun Pembelajaran 2023/2024. Universitas Nusantara Kediri.

Daniasti, S., Pitoyo, A., & Lailiyah, N. (2024). Pengaruh Metode Nature Learning Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Bebas Siswa Kelas X MA Hasan Muchyi Pagu Tahun Pembelajaran 2023 / 2024. Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2, 864–874.

Harahap, Muharrina, dkk. (2022). Pendidikan Moral dalam Cerita Anak "Samosir" dan "Kelinci yang Serakah" bagi Anak Sekolah Dasar. SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED. Vol. 12. No. 4.

Haji, B. T. A. (2020). Pengertian Implementasi. Laporan Akhir, 31.

arteti Jasin. (2021). Implementasi Guru Terhadap Model Pembelajaran Daring dimasa Pandemi Covid-19 di SDN 4 Ponelo Kepulauan. Universitas Gorontalo, 5(2), hlm 63-71.

Hasibuan, Z. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Ariatika Sosial Kelas VII MTSN 3 Langkat. Universitas Negeri Medan, 1, 0–1.

Hermawan, H. (2018). Metode Kuantitatif untuk Riset Bidang Kepariwisataan.

Kolb, D. A. (1984). Experiential Learning: Experience as the Source of Learning and Development. Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall.

Lisabella, M. (2017). Model Analisis Interbagi ktif Miles and Huberman. Universitas Bina Darma, 3.

Louv, R. (2005). Last Child in the Woods: Saving Our Children from Nature-Deficit Disorder. Chapel Hill: Algonquin Books

Magdalena, I., Salsabila, A., Krianasari, D. A., & Apsarini, S. F. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di Kelas III SS N Sindangsari III. Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 3(1), 119–128.

Moleong, L. J. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Muharram, A. (2018). Keefektifan Metode Inkuiri dalam Pembelajaran Menulis Surat Dinas pada Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 12 Makassar. Universitas Muhammadiyah Makassar, 6(1), 1–7.

Nuraeni. (2017). Keefektifan Metode Nature Learning dalam Pembelajaran Menulis Puisi Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Galesong Utara.

Nurrahmawati, Y. (2013). Keefektifan Pembelajaran Menulis Puisi dengan Model Experiental Learning Berbantuan Video bagi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Sentolo, Kulon Progo. Universitas Negeri Yogyakarta, 26(4), 1–37.

Nurrita Teni. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Mysikat, 2001, 1–12.

Oktaviana, E., Y, C. B., & Ulfa, M. (2019). Pengajaran Menulis Puisi Menggunakan Metode Picture and Picture.

Oktoria, R., & Hafrison, M. (2016). Pengaruh Penggunaan Teknik Tiru Model Terhadap Keterampilan Menulis Puisi. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(September), 289–297.

Retria, D. H. (2014). Efektifitas Penggunaan Metode Nature Learning dalam Pembelajaran Menulis Puisi. Jurnal Bahtera Bahasa, 1–8.

Rinaldi, Azis, S., & Azis, A. (2020). Peningkatan keterampilan menulis puisi melalui metode nature learning pada peserta didik kelas X smk armida abdulladin. Journal Peqguruang: Conference Series, 2(2), 181.

Rozak, D. L. (2017). Pengaruh Model Kelompok Investigasi Terhadap Kemampuan Menganalisis Unsur Intrinsik Cerpen pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Universitas Pendidikan Indonesia, 11.

S., J., & Soeryasumantri. (1978). Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar Populer. In Sinar Harapan. https://repository.uin-suska.ac.id/4834/3/BAB II.pdf

Safira, A. N., Rakhmawati, A., & Wisnu Wardana, M. A. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas Vii Smp Negeri 2 Batang. Bahtera: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 22(2), 123–136. https://doi.org/10.21009/bahtera.222.01

Saputri, N. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Materi Pembelajaran Wawancan Melalui Model Nature Learning Di Kelas X SMA. Universitas Lampung.

Schmitt, & Viala. (1982). Savoir-Lire. Didier. Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. CV Alfabeta.

Suherman, A. (2014). implementasi Kurikulum Baru Tahun 2013 Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani. Mimbar Sekolah Dasar, 1(1), 71–76.

Sujinah. (2020). Indonesian Learning Challenges and Solutions in the Covid-19 Era. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 13(2), 256–271.

Susilowati, C. (2022). Buku Kerja 1 BAHASA INDONESIA FASE D (KELAS VIII ).

Suyatno. (2009). Menjelajah Pembelajaran Inovatif. In Masmedia Buana Pustaka (Vol. 7, Issue 2).

Suyatno. (2009). Metode Pembelajaran Inovatif dan Kreatif di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tantri, N. A. (2019). Keefektifan Metode Nature Learning dalam Pembelajaran Menulis Drama Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Sungguminasa. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Tarigan, H. G. (1994). Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Untiyana, G., Subaweh, A. M., & Fajri, K. (2024). Penerapan Model Nature Learning salam Pembelajaran Menulis Teks Puisi pada Siswa Kelas X MAN 1 Indramayu. Pendas; Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(04).

Wabdaron, D. Y., & Reba, Y. A. (2020). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Pembelajaran Berbasis Masalah Siswa Sekolah Dasar Manokwari Papua Barat. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 2(1), 27–36.

Waneni. (2024). Peningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Bebas dengan Menggunakan Metode Outdoor Learning pada Siswa Kelas X SMK Aisyiyah Duri. UIN SUSKA RIAU, 15(1), 37–48.

Widyahening, E. T., & Sari, A. I. (2016). Teori puisi. Diomedia.

Wikanengsih, W., & Suhara, A. M. (2021). Pembelajaran Menulis Puisi Dengan Metode Project Based Learning Berbatuan Media Audio Visual. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(1), 101–108.

Wuriyani, Elly Prihasti. (2020). Mengenalkan Pemikiran Pierre Bourdieu Untuk Sastra. Jurnal Edukasi Kultura: Jurnal Bahasa, Sastra Dan Budaya, 7(1), 1–10.

Vygotsky, L. S. (1978). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Cambridge: Harvard University Press.

Yovita, C., Sirileleu, B., Janson, P., Darinda, S., Tanjung, S., & Raja, B. L. (2023). Pengaruh Metode Pembelajaran Outdoor Study Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema Energi Dan Perubahannya Di Kelas III Sekolah Dasar. Elementary School Journal Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 13(4), 466–477.

Zahra, A. I. N. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Menulis Puisi Melalui Metode Nature Learning Pada Siswa Kelas Iv Min 8 Boyolali Tahun Pelajaran 2021/2022. IAIN SALATIGA.

Downloads

Published

2025-06-28

How to Cite

Silalahi, A. U. B., & Adisaputera, A. (2025). IMPLEMENTASI METODE NATURE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VIII SMP SWASTA RK MAKMUR (BUDI MURNI 4) MEDAN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(2), 6815–6823. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.48837

Similar Articles

<< < 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.