FEEDBACK PENGGUNA SEBAGAI PENYEMPURNA MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i3.47953Keywords:
Feedback, Media Pembelajaran, Pendidikan Agama IslamAbstract
Tujuan dari penelitian ini, penulis ingin menelaah penggunaan feedback dalam media pembelajaran PAI, integrasi feedback dalam pengembangan media belajar PAI, tantangan dan solusi penerapan feedback, dan siklus feedback media pembelajaran PAI. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan studi literatur, yang bertumpu pada pengumpulan informasi dan data dari berbagai sumber tertulis yang relevan dengan topik feedback dalam media pembelajaran PAI. Proses pengumpulan data dilakukan secara sistematis, mencakup tahap pencarian, seleksi, pengolahan, hingga penarikan kesimpulan. Penulis menggunakan teknik analisis isi (content analysis), yang memungkinkan peneliti mengidentifikasi pola, tema, dan makna yang terkandung dalam sumber-sumber tersebut secara objektif dan terstruktur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran PAI melalui siklus feedback merupakan proses berkelanjutan yang dimulai dari penyusunan desain awal, perancangan media, uji coba terbatas dan luas, hingga evaluasi serta monitoring secara terus-menerus. Setiap tahapan menghasilkan feedback yang digunakan untuk menyempurnakan konten, tampilan, dan kesesuaian kurikulum, sehingga media pembelajaran PAI dapat terus diperbarui dan dikembangkan agar tetap relevan dengan kebutuhan siswa dan dinamika pendidikan yang terus berkembang.References
Abdurrahman. (2024). Metode Penelitian Kepustakaan dalam Pendidikan Islam. Adabuna : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran, 3(2), 102–113. https://doi.org/10.38073/adabuna.v3i2.1563
Azmi, M. U., Mushaffa, A., Islam, M. thoriqul, Fasya, Z., & Hidayati, S. N. (2024). Parasit Ilmu Pendidikan Islam Perspektif Ihya Ulumuddin. AL-QALAM: Jurnal Kajian Islam Dan Pendidikan, 16(02), 61–82. https://doi.org/10.47435/al-qalam.v16i1.3473
Azmi, M. U., Nur Oktaviani, I., Thoriqul Islam, M., Mushaffa, A., Zuroidah, N., & Dwi Lestari, N. (2025). Upaya Meningkatkan Perhatian Dan Hasil Belajar Siswa Sman 1 Kandat Menggunakan Strategi Information Search. Jurnal Cendekia Ilmiah, 4(2).
Baharun, H. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran PAI Berbasis Lingkungan Melalui Model ASSURE. Cendekia: Journal of Education and Society, 14(2), 231.
Black, P., & Wiliam, D. (1998). Assessment and classroom learning. In International Journal of Phytoremediation (Vol. 5, Issue 1). https://doi.org/10.1080/0969595980050102
Dewi, R. K. (2020). Analisis Karakteristik Siswa Untuk Mencapai Pembelajaran yang Bermakna. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 5(2), 255–262. https://doi.org/10.31537/ej.v5i2.525
Efendi, R. A., Setiawan, H. R., & Prasetia, I. (2024). Pengembangan Instrumen Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Multimedia. MUDARRISUN: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 14(4).
Farid, A. (2024). Apa Itu Feedback? Ketahui Contoh dan Cara Menyampaikannya. Exabytes.
Fitri, M., Junaidi, R., Nasution, A. R., & Kristanti, E. (2025). Perencanaan Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Pendidikan Agama Islam (PAI). Journal on Education, 7(2), 10841–10854. https://doi.org/10.31004/joe.v7i2.7683
Harjasuganda, D. (2008). Pengembangan Konsep Diri yang Positif pada Siswa SD Sebagai Dampak Penerapan Umpan Balik (Feedback) dalam Proses Pembelajaran Penjas. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(8), 1–6.
Ikmal, A. D., Neni, T. E. A., Novitasari, D., Azmi, M. U., & Islam, M. T. (2025). Implementation Of The Index Card Match Strategy In Improving Learning Outcomes In Islamic Religious Education. AL-ADABIYAH: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(1). https://doi.org/https://doi.org/10.35719/adabiyah.v6i1.991
KBBI. (2025). KBBI. https://kbbi.kemdikbud.go.id/
Mahbuddin, A. N. G. (2020). Model Integrasi Media dan Teknologi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Ilmiah Pendidikan Islam, 3(2), 183–196.
Marliana, R., Hasanah, R., & Sopianah, R. (2024). Strategi Umpan Balik Formatif dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam di RA Nurul Huda. EduSpirit: Jurnal Pendidikan Kolaboratif, 1(2), 549–554.
Marpaung, A. Y. (2025). Peran Media Interaktif dalam Mendukung Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Abad 21. Jurnal Edukatif, 3(1), 65–70.
Marzuki, I., & Soraya, F. (2024). Transformasi Model Evaluasi Pembelajaran Berbasis Teknologi Di Era Society 5.0. Tadarus Tarbawy : Jurnal Kajian Islam Dan Pendidikan, 6(2), 167–179. https://doi.org/10.31000/jkip.v6i2.12925
Misbah, S. (2022). Penerapan Metode Umpan Balik (Feed Back Partner) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Struktur dan Kebahasaan Teks Anekdot Kelas X IPS-2 SMAN 4 Kota Bima Semester 1 Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 2(2), 63–74. https://doi.org/10.53299/jppi.v2i2.219
Mushaffa, A., Azmi, M. U., Islam, M. T., Ludviana, V., Amelia, F., Fasya, Z., & Noorhidayati, S. (2025). Pembangunan Spiritualitas Anak Oleh Orang Tua Perspektif QS Maryam Ayat 30-32. Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam Dan Pendidikan, 17(1), 113–124. https://doi.org/10.47435/al-qalam.v17i1.3609
Nicol, D. J., & Macfarlane-Dick, D. (2006). Formative assessment and self‐regulated learning: a model and seven principles of good feedback practice. Studies in Higher Education, 31(2).
Nurdiyanto, N., Islam, M. T., Al Baqi, S., Novitasari, D., & Azmi, M. U. (2025). Hakikat Manusia dan Relevansinya dengan Pendidikan di Era Society 5.0. Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam Dan Pendidikan, 17(1), 143–154. https://doi.org/10.47435/al-qalam.v17i1.3619
Nurdiyanto, Nikmah, N. L., Kahfi, A., Islam, M. T., & Mushaffa, A. (2025). Analisis Pergeseran Paradigma Cartesian-Newtonian dan Thomas Kuhn. Jurnal Filsafat Indonesia, 8(2). https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jfi.v8i2.82319
Pintar, P. K. (2025). Feedback: Pengertian, Jenis, dan Fungsi yang Perlu Anda Ketahui untuk Meningkatkan Kinerja. Kasir Pintar. https://kasirpintar.co.id/solusi/detail/feedback-pengertian-jenis-dan-fungsi-yang-perlu-anda-ketahui-untuk-meningkatkan-kinerja
Rifqi, M. S., Mushaffa, A., Sa’adah, A. A. N., Sholikhah, M., & Fasya, Z. (2025). Urgensi Kegiatan Keagamaan Dalam Menjaga Kestabilan Iman Pada Generasi Z. Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam Dan Pendidikan, 17(1), 389–401. https://doi.org/10.47435/al-qalam.v17i1.3394
Sadiman, A. (2002). Media Pendidikan: Pemahaman, Pengembangan, dan pemanfaatannya. Rajawali Pers.
Sari, M., & Asmendri. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. NATURAL SCIENCE: Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA, 6(1), 41–53.
Slamet, S. S. (2020). Hubungan Strategi Umpan Balik (Feedback), Motivasi Berprestasi dan Hasil Belajar Dalam Pembelajaran PPKn di SMK. PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 5(2). https://doi.org/10.29407/pn.v5i2.14539
Suherman, A. (1998). Revitalisasi Keterlantaran Pengajaran Dalam Pendidikan Jasmani. Bandung. IKIP Bandung Press.
Sumarno. (2020). Hubungan Strategi Umpan Balik (Feedback), Motivasi Berprestasi dan Hasil Belajar Dalam Pembelajaran PPKn di SMK. PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 5(2), 39–56. https://doi.org/10.29407/pn.v5i2.14539
Warsita, B. (2019). Evaluasi Media Pembelajaran Sebagai Pengendalian Kualitas. Jurnak Teknodik, 17(8), 444.
Zai, A., Lase, F., Harefa, A. T., & Harefa, A. (2024). Penggunaan Teknik Umpan Balik (Feedback) dalam Membangun Kualitas Belajar Siswa. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(9), 10824–10832. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i9.5858
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Arju Mushaffa, M. Ulul Azmi, Muhammad Thoriqul Islam, Amalia Rizki Lailatul Khilwa, Farida Nur Azizah, Zaini Fasya, Agus Purwowidodo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




