ANALISIS KESALAHAN TATA BAHASA (NAHWU) PADA MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA ARAB TINGKAT AWAL

Authors

  • Hadhrah Hadhrah Institut Agama Islam DDI Mangkoso

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i3.47799

Keywords:

Bahasa Arab, Nahwu, Metode, Pembelajaran, Tata Bahasa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan tata bahasa (nahwu) pada mahasiswa tingkat awal dalam pembelajaran bahasa Arab. Permasalahan utama yang diidentifikasi adalah rendahnya pemahaman mahasiswa terhadap kaidah nahwu, yang berdampak pada kemampuan menulis dan berbicara. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode systematic literature review, memanfaatkan artikel yang relevan dan telah melalui proses peer-review. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan paling umum terjadi pada struktur kalimat, penggunaan partikel, dan aspek morfologi. Penyebab utama meliputi interferensi bahasa ibu, minimnya paparan terhadap bahasa Arab, dan pendekatan pembelajaran yang kurang kontekstual. Latar belakang pendidikan juga memengaruhi tingkat kesalahan, di mana mahasiswa dari pesantren cenderung memiliki pemahaman nahwu yang lebih baik. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dibutuhkan strategi pembelajaran yang lebih adaptif dan kontekstual, serta penggunaan teknologi untuk mengurangi kesalahan nahwu. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap peningkatan kualitas pengajaran bahasa Arab dan mendorong riset lanjutan berbasis kurikulum dan pendekatan pembelajaran inovatif.

References

Adawiah, S. R., Sopian, A., & Nursyamsiah, N. (2024). Morphosemantic Analysis Skills Among Digital Native Non-Arabic Speakers. Ukazh: Journal of Arabic Studies, 5(1), 73-86.

Asiah, A., Zamroni, Z., & Rijal, M. K. (2022). Problematika Pembelajaran Nahwu Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Arab di Lembaga Pendidikan Indonesia. Borneo Journal of Language and Education, 2(2), 170-185.

Azhar, M., Wahyudi, H., & Promadi, P. (2022). Arabic Language Learning with Communicative Method and Factors Affecting Student's Speaking Ability. Takuana: Jurnal Pendidikan, Sains, Dan Humaniora, 1(2), 92-101.

Budiantoro, T., Wijayati, T., & Karolina, K. (2020). Analisis Kesalahan Bahasa Dalam Penulisan Laporan Tugas Akhir Mahasiswa Politeknik Negeri Tanah Laut. Jurnal Humaniora Teknologi, 6(2), 77-86.

Dzakiruddin, M., & Junaedi, J. (2022). Kesalahan Berbahasa: Sebuah Analisis dan Implementasi dalam Penelitian Bahasa Arab. El-Ibtikar Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 11(1), 1-13.

Fauziah, Y. L., Kusni, N., & Nasrullah, N. (2023). Analisis Kesalahan Nahwu dalam Membaca Teks Arab Gundul Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Angkatan 2019 Universitas Muhammadiyah Tangerang. Masterpiece: Journal of Islamic Studies and Social Sciences, 1(1), 15-23.

Firdausiyah, A., & Ulum, M. (2023). Strategi Guru Bahasa Arab dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Mun’im (MINM). JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(11), 9630-9639.

Frima, A., & Khasairi, M. (2023). Pengembangan Materi Pembelajaran Nahwu untuk Kelas 10 SMA An-Nur Malang. Jolla Journal of Language Literature and Arts, 3(2), 201-219.

Habibi, B. Y. (2018). الأخطاء الشائعة في كتابة الحروف العربية لدى الطلاب في قسم تعليم اللغة العربية بجامعة سلاتيجا الإسلامية الحكومية. Al-Ta'rib: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya, 6(1), 26-40.‎

Hadiyanto, A., Samitri, C., & Ulfah, S. M. (2020). Model pembelajaran bahasa arab multiliterasi berbasis kearifan lokal dan moderasi islam di perguruan tinggi negeri. Hayula: Indonesian Journal of Multidisciplinary Islamic Studies, 4(1), 117-140.

Hafidz, M. (2020). Analisis Kesalahan Imla’Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Salatiga. Studi Arab, 11(1), 13-26.

Hanafi, F. U. A., & Maziyah, L. (2023). Pembelajaran Nahwu Sharaf Metode Amtsilati Di Asrama Yayasan Doktor Fauzan Tengguli Bangsri Jepara. Journal of Language Literature and Arts, 3(8), 1093-1106.

Haulina, S., & Akhlas, M. Z. (2024). Analysis of Problematics in Learning Nahwu from the Book of Al-Jurumiyah. ELOQUENCE: Journal of Foreign Language, 3, 81-93.

Hervina, L., & Isman, N. (2022). Kesalahan Populer Dalam Kemahiran Menulis Bahasa Arab di STIBA Arraayah Sukabumi. Maharat Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 4(2), 137-154.

Hidayah, I., & Asyrofi, S. (2018). Analisis Kesalahan Sintaksis Pada Buku Teks Duru> Su Al-Lughah Al-Ara> Biyah ‘Ala> Thoriqotial-Muba> Syarah Al-Muta> Kamilah Karya Muhammad In’Am, MA. Al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 4(2), 239-256.

Husein, S. Y., Hasaniyah, N., Murdiono, M., & Akmaluddin, A. (2023). Teaching Methods, Challenges, And Strategies For Improving Students' Arabic Linguistic Competence. Ijaz Arabi Journal of Arabic Learning, 6(3), 870-880.

Ismail, S., Mohamed, Y., Razak, Z. R. A., Ibrahim, M. H., & Isa, Z. (2021). Analisis Kesilapan Sintaksis Bahasa Arab dalam Penulisan Karangan Pelajar Natif Bahasa Melayu: Analysis of Arabic Syntactic Errors in Essays among Native Students of Malay Language. International Journal of Language Education and Applied Linguistics, 11(1), 27-36.

Ismail, U. S., Radzi, A. H. M., Ismail, N., Pisal, N. A., & Zaki, M. F. M. (2024). Maharah Al-Qawaid Al-Arabiyyah Model Based On Sequence Of Student Mastery Of Arabic Grammar. Ijaz Arabi Journal of Arabic Learning, 7(1), 65-81.

Juwita, S. R., & Hapsari, N. P. (2021). Kesalahan Berbahasa Penulisan Tugas Mahasiswa Pembelajaran Online Learning Masa Pandemi Covid-19. Wanastra Jurnal Bahasa Dan Sastra, 13(1), 79-84.

Kaharuddin, K. (2018). Pembelajaran Bahasa Arab Melalui Kemampuan Muhadatsah. Al-Ishlah Jurnal Pendidikan Islam, 16(1), 62-72.

Mardhatillah, A., & Rahman, S. A. (2020). Readiness to change in higher education: Do demographic differences in psychosocial predictors matter?. Jurnal psikologi sosial, 18(1), 64-72.

Mariyam, S. (2021). Hubungan Penguasaan Nahwu Sharaf Dengan Kemampuan Membaca Kitab Kuning Pesantren Riyadhul Huda. Tatsqifiy Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 2(1), 71-81.

Maulani, H., Abdurrahman, M., Saleh, N., Faqih, A., & Hamdan, F. D. F. (2022). Implementation of Aptitude Treatment Interaction (ATI) in Nahwu Learning: Identification of Student Ability Characteristics. Arabiyat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 9(1), 30-43.

Najib, K. H., Alvianto, A., Hidayatullah, A. S., & Ardhian, T. (2022). Pembelajaran Selama Pandemi Covid-19: Kesiapan Belajar Daring dan Stress Akademik pada Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 6(2), 330-340.

Nashoih, A., Mathoriyah, L., Qosim, N., & Sholahuddin, M. (2023). Analisis Kesalahan Nahwu dalam Penulisan Abstrak Skripsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab. Al-Lahjah: Jurnal Pendidikan, Bahasa Arab, dan Kajian Linguisti, 6(2), 45-53.

Nuramaliah, I., Haniah, H., & Hamzah, A. (2021). Analisis Kesalahan Imlā’ dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Shaut Al Arabiyyah, 9(2), 207-221.

Nurcaya, N., Jumadi, J., Samad, A. G., Muhlis, M., Kadir, A., & Wahid, A. (2023). Optimalisasi Pemakaian Bahasa Indonesia dalam Karangan Narasi Siswa di SMA 9 Wajo: Analisis Kesalahan Berbahasa. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 9(2), 1583-1600.

Ritonga, A. M., Suib, M., & Zaky, A. (2023). Tantangan dan Hambatan: Analisis Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Era Society 5.0 di Perguruan Tinggi Agama Islam di Indonesia. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 8(5), 3272-3280.

Roshonah, A. F., Pratama, E. Y., Darmiyanti, A., Ramadi, R., Suprajogo, T., Khotimah, A. H., ... & Sarah, S. (2022). Mobile Seamless Learning: Model Pengembangan Kemampuan Literasi Membaca AUD dalam Merdeka Belajar. J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, 6(6), 6258-6270.

Safira, D., & Setiawati, A. S. (2024). Analisis Kesalahan Penggunaan Partikel Wa dan Ga dalam Karangan Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang Undiksha, 10(2), 78-82.

Sudrajat, R. T., Mahardika, R. Y., & Latifah, L. (2018). Analisis kesalahan berbahasa dalam pembelajaran mata kuliah sintaksis berbasis lesson study pada mahasiswa program studi bahasa dan sastra indonesia STKIP siliwangi bandung. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(1), 55-64.

Sulaikho, S., Wahidmurni, W., & Amrullah, A. (2023). Tantangan Pendidik Nahwu Untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Sebagai Upaya Menumbuhkan Motivasi Pembelajar Pemula Terhadap Struktur Bahasa Arab. Al-Lahjah: Jurnal Pendidikan, Bahasa Arab, dan Kajian Linguisti, 6(2), 29-34.

Syaifuji, A., Istiqomah, I. N., & Alfan, M. (2021). Analisis Morfosintaksis Buku Ajar Digital Bahasa Arab Kelas X Madrasah Aliyah Kementerian Agama Tahun 2020. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 6(6), 901-912.

Takdir, T. (2019). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Naskhi Jurnal Kajian Pendidikan Dan Bahasa Arab, 1(1), 1-7.

Wijaya, M. A., & Kholifah, A. (2023). Kesalahan Penulisan Bahasa Arab dalam Pembelajaran Imla’bagi Siswa Kelas IV Madrasah Ibtida’iyah. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 956-963.

Wijaya, M., & Zulkarnain, A. (2023). Kesalahan Berbicara Bahasa Arab Santri Pondok Pesantren Darul Lughah Wal Karomah. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 1141-1146.

Zayuda, D., Marliana, I., Suryani, M., Ibrahim, H., & Nasution, S. (2023). Eksistensi Mahārah Al- Kitābah dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Counselia Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam, 4(2), 164-180.

Zubaidah, Z. (2018). Tathbiq Ta'lim al-Lughat al-'Arabiyyah'Ala Asas Anmath al-Jumal li al-Thullab al-Hashilin'Ala al-Minah BIDIKMISI. Jurnal Fuaduna: Jurnal Kajian Keagamaan dan Kemasyarakatan, 2(2), 126-132.

Zubair, K. A. (2024). Developing a Curriculum for Non-Native Speakers of Arabic: Employing Thuaimah's Model as a Prototype. Journal Of Digital Learning And Distance Education, 2(11), 819-828.

Downloads

Published

2025-08-06

How to Cite

Hadhrah, H. (2025). ANALISIS KESALAHAN TATA BAHASA (NAHWU) PADA MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA ARAB TINGKAT AWAL. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(3), 6944–6951. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i3.47799

Similar Articles

<< < 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.