PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KONSENTRASI KEAHLIAN ELEMEN KOMUNIKASI DI TEMPAT KERJA KELAS XI MPLB DI SMK NEGERI 1 MEDAN TAHUN AJARAN 2024/2025".
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.47508Keywords:
Role Playing, Kepercayaan Diri, Hasil Belajar, Komunikasi di Tempat Kerja, SMKAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Role Playing terhadap kepercayaan diri dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Konsentrasi Keahlian Elemen Komunikasi di Tempat Kerja. Permasalahan yang diangkat adalah rendahnya kepercayaan diri dan hasil belajar siswa akibat penerapan metode pembelajaran konvensional yang kurang melibatkan siswa secara aktif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen two group pre-test post-test design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas XI MPLB di SMK Negeri 1 Medan, yakni kelas XI MPLB 2 sebagai kelas eksperimen dan XI MPLB 4 sebagai kelas kontrol yang dipilih melalui teknik simple random sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar dan angket kepercayaan diri. Data dianalisis dengan uji normalitas, homogenitas, dan uji hipotesis (t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran Role Playing terhadap peningkatan kepercayaan diri dan hasil belajar siswa. Model ini mendorong siswa untuk aktif berpartisipasi dalam pembelajaran melalui simulasi peran yang kontekstual, sehingga membantu siswa membangun rasa percaya diri serta memahami materi secara lebih mendalam.References
Ghufron, M. N. (2021). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Ginting, A. (2021). Kepercayaan Diri dan Kesehatan Mental Remaja. Medan: CV. Medan Ilmiah.
Indirawisadi, Y. (2020). Kepercayaan Diri Siswa dalam Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Kemdikbudristek. (2021). Capaian Pembelajaran Konsentrasi Keahlian Manajemen Perkantoran Fase F. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi.
Ningrum, S. (2020). Model Pembelajaran Interaktif di Era Kurikulum Merdeka. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Rais, M. (2020). Meningkatkan Percaya Diri Anak Melalui Strategi Psikologis. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Sahputra, R. (2020). Kecerdasan Emosional dan Komunikasi Interpersonal. Yogyakarta: Deepublish.
Slameto. (2020). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Zabdiel, Y. P. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Hasil Belajar dan Keaktifan Siswa Pada KD Memahami Komunikasi Kantor di SMKN 1 Bangkalan. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 8(2), 123–132.
Mia, A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi, 9(1), 44–53.
Hanifah, P. R. (2023). Pengaruh Metode Role Playing Terhadap Peningkatan Kepercayaan Diri Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(1), 89–97.
Wafiq, A. L. (2024). Efektivitas Teknik Role Playing Untuk Meningkatkan Percaya Diri Siswa Kelas X SMK MINQU Gumukmas Jember. Jurnal Bimbingan dan Konseling Vokasional, 10(1), 25–31.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rindy Kristiani Br Sitepu

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




