ANALISIS PENGARUH HAMBATAN KOMUNIKASI DALAM KELOMPOK TERHADAP EFEKTIVITAS IMPLEMENTASI BELAJAR KELOMPOK PADA MAHASISWA

Authors

  • Wasiyem Wasiyem Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Tazla Nia Fareby Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Widia Lestari Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Nurul Hidayah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Nurita Oktapia Br Simanjuntak ersitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Tiara Putri Azzahra Tamin Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.47432

Keywords:

Hambatan Komunikasi, Belajar Kelompok, Efektivitas, Kolaborasi Mahasiswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hambatan komunikasi dalam kelompok terhadap efektivitas pelaksanaan belajar kelompok pada mahasiswa. Komunikasi kelompok memegang peran penting dalam menyampaikan ide, koordinasi tugas, dan membangun kerja sama. Namun, hambatan seperti kurangnya partisipasi anggota, dominasi oleh individu tertentu, ketidakjelasan informasi, rasa takut berpendapat, serta kendala teknis (terutama dalam pembelajaran daring) sering menghambat kelancaran interaksi. Penelitian ini menggunakan metode survei deskriptif kuantitatif dengan melibatkan 40 mahasiswa dari berbagai universitas sebagai responden. Data dikumpulkan melalui kuesioner online dan dianalisis secara statistik deskriptif dan korelasi sederhana. Hasil menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa mengalami hambatan komunikasi dalam belajar kelompok dan menganggapnya sangat berpengaruh terhadap hasil tugas. Dampak utama yang dirasakan adalah menurunnya kualitas hasil, keterlambatan penyelesaian, serta konflik antar anggota. Temuan ini menegaskan pentingnya pengembangan keterampilan komunikasi dan peran fasilitator dalam menciptakan dinamika kelompok yang efektif dan inklusif.

References

Paramitha, Aniendhita. “Komunikasi Efektif Komunitas Rumah Baca dalam Meningkatkan Minat Baca pada Anak-anak di Dusun Kanoman.” Commicast 1, no. 1 (2020): 1.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Tutiasri, Ririn Puspita. (2016). Komunikasi dalam Komunikasi Kelompok. Channel, Vol. 4, No. 1, April, hlm. 81–90. Yogyakarta: Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Ahmad Dahlan. ISSN: 2338-9176.

Jawhari, Abdul Jalil & Yusuf, Muhamad. (2024). Analisis Hambatan Komunikasi dalam Proses Pembelajaran dan Strategi Mengatasinya. Jurnal of Islamic Education Management (JIEM), Vol. 5, No. 1, Agustus, hlm. 44–54. Sekolah Tinggi Agama Islam Darussalam Nganjuk. e-ISSN: 2622-6161 | p-ISSN: 2598-8514.

Johannesen, T., et al. (2024)."Facilitators and Barriers to Online Group Work in Higher Education: A Scoping Review." BMC Medical Education, 24, Article 186.

Aler Tubella, Y., Yan, Y., et al. (2024)."A Mixed Method Approach: The Role of Communication, Conflict Management, and Shared Leadership in Improving Group Effectiveness."Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Interaktif, 7(1), 45-62.

Reimer, T., Park, E. S., & Bonito, J. A. (Eds.). (2023).Group Communication: An Advanced Introduction (1st Edition). Routledge. ISBN: 978-1032114712

Huang, Y., & Wang, J. (2024). "Group Communication Challenges and Academic Performance: A Meta-Analysis in Higher Education." International Journal of Educational Research, 125, 102123.

Downloads

Published

2025-06-17

How to Cite

Wasiyem, W., Fareby, T. N., Lestari, W., Hidayah, N., Simanjuntak, N. O. B., & Tamin, T. P. A. (2025). ANALISIS PENGARUH HAMBATAN KOMUNIKASI DALAM KELOMPOK TERHADAP EFEKTIVITAS IMPLEMENTASI BELAJAR KELOMPOK PADA MAHASISWA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(2), 5983–5988. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.47432

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.