PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS DIGITAL DENGAN MATERI KERAJAAN ISLAM DI INDONESIA DALAM MENINGKATKAN MINAT SISWA TERHADAP SEJARAH STUDI KASUS MAN 1 MEDAN

Authors

  • Silfi Wulandari Universitas Islam Sumatera Utara
  • Surya Aymanda Nababan Universitas Islam Sumatera Utara
  • Pulung Sumantri Universitas Islam Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.47430

Keywords:

Pembelajaran Sejarah, Media, Digital

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui penerapan media pembelajaran sejarah berbasis digital di MAN 1 Medan, Mengetahui faktor pendukung dan penghambat penerapan media pembelajaran sejarah berbasis digital di MAN 1 Medan, Mengetahui pemahaman tanggapan guru dan siswa terhadap penggunaan media pembelajaran digital dalam mata pelajaran sejarah di MAN 1 Medan, Mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran digital dalam meningkatkan siswa terhadap materi sejarah di MAN 1 Medan.Metode penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Data dan sumber data di peroleh dari informan atau narasumber, proses pembelajaran, media pembelajaran, dan dokumen seperti modul pembelajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan tiga cara. yaitu; observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model analisi trigulasi yang dilaksanakan melalui tiga tahapan, yaitu; reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau  kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan media pembelajaran sejarah berbasis digital dengan materi kerajaan islam di Indonesia di MAN 1 Medan meliputi,  Di MAN 1 Medan, pemanfaatan teknologi seperti film dan video dari YouTube membantu guru menyampaikan materi sejarah secara lebih menarik dan interaktif, sehingga mendukung peningkatan kualitas pembelajaran. Keberhasilan pembelajaran digital dipengaruhi oleh ketersediaan fasilitas dan dukungan sekolah, namun masih terkendala oleh koneksi internet yang tidak stabil, sehingga diperlukan evaluasi dan perbaikan berkelanjutan. Media digital memudahkan pemahaman sejarah, namun peran guru tetap penting sebagai pelengkap metode pembelajaran.Media digital membuat pembelajaran sejarah lebih menarik dan mudah dipahami, serta meningkatkan partisipasi dan antusiasme siswa.

References

Cahyani, V. R., Khakim, M. N. L., Zidah, A. A., Ibrahim, A. M. M., & Purwanto, Y. (2023). Implementasi Media Pembelajaran Sejarah Berbasis E-Komik H-Class Untuk Siswa Kelas X Sma Di Jawa Timur. Puteri Hijau: Jurnal Pendidikan Sejarah, 8(1), 30.

Dhesita, S. J. (2022). Analisis Penerapan Model Pembelajaran Lok-R Terhadap Kemampuan Literasi Siswa Dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Ilmiah WUNY, 4(2), 210–226.

Febriani, M., Sunardi, S., & Pelu, M. (2022). Development of Local History Digital Book Teaching Materials At SMA 13 Jambi City. Development, 3(3).

Nisak, R. K., & Rofi’ah, S. (2023). Problematika Guru dalam Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Digital. BASICA Journal of Arts and Science in Primary Education, 3(1), 41–50. https://doi.org/10.37680/basica.v3i1.3623

Novianti, Y. M., Putra, A. P., & Fauzan, R. (2022). PENGGUNAAN MEDIA E-POSTER DALAM PELAJARAN SEJARAH DI KELAS X SMK YPWKS CILEGON. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 6(2), 492. https://doi.org/10.33578/pjr.v6i2.8711

Prasetyo, A. A. (2017). Pengembangan media pembelajaran sejarah berbasis aplikasi android komik digital legenda kyai kolodete untuk meningkatkan kesadaran budaya di SMA Negeri 1 Sapuran Kabupaten Wonosobo.

Ritonga, M. M. N., & Halimah, S. (2023). Analisis Kemampuan Guru PAI dalam Merancang Media Pembelajaran Berbasis Digital di MAN 1 Medan. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 4(1), 29–32.

Sari, S., & Prasetyo, G. (2024). Pemanfaatan Media Digital dalam Pembelajaran Sejarah untuk Meningkatkan Minat Belajar Sejarah SMA Negeri 11 Medan. Education & Learning, 4(1), 7–10. https://doi.org/10.57251/el.v4i1.1240

Sulistyo, W. D., & Nafiáh, U. (2019). ANALISIS KEBUTUHAN DAN TANTANGAN PARADIGMA BARU PEMBELAJARAN SEJARAH DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0.

Wijaya, T., & Ediyono, S. (2022). Pembelajaran Sejarah Berbasis Media Online dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Digital Siswa di Era Revolusi Industri 4.0. Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series, 5(3), 196–201.

Yaumi, M. (2017). Media pembelajaran. Pemanfaatan Media Bagi Anak Milenial Kerjasama. Universitas Muhammadiyah.

Downloads

Published

2025-06-17

How to Cite

Wulandari, S., Nababan, S. A., & Sumantri, P. (2025). PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS DIGITAL DENGAN MATERI KERAJAAN ISLAM DI INDONESIA DALAM MENINGKATKAN MINAT SISWA TERHADAP SEJARAH STUDI KASUS MAN 1 MEDAN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(2), 5998–6005. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.47430

Similar Articles

<< < 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.