PENERAPAN EKSPLORASI ETNOBOTANI UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI

Authors

  • Yunia Septiana Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Mochammad Ramli Akbar Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Rina Wijayanti Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.47124

Keywords:

Eksplorasi, Etnobotani, Kreatifitas, Anak Usia Dini

Abstract

Penelitian tindakan kelas melalui kegiatan eksplorasi etnobotani bertujuan untuk meningkatkan kreativitas anak usia dini dengan harapan akan menjadi dasar inovasi, sifat, dan karakter anak usia dini di masa yang akan datang dalam mempertahankan ketahanan pangan negara. Penelitian dilaksanakan selama 4 minggu dengan subyek sebanyak 25 siswa di lingkungan pedesaan Kabupaten Malang. Penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus dengan evaluasi pada media dan variasi tanaman yang digunakan dalam experimen sederhana dan memasak di kelas. Pelaksanaan penelitian menghasilkan peningkatan pengetahuan anak usia dini pada jenis tanaman yang ada di sekitar pedesaan tempat tinggal yang bisa dijadikan tanaman pangan, bumbu dapur, dan obat tradisional, baik yang ada di perkebunan, persawahan, pinggir jalan desa, dan di sekitar rumah. Peningkatan kreativitas anak usia dini pada tanaman di pedesaan juga nampak melalui eksperimen minuman sederhana, menggabungkan tanaman bumbu dapur, dan kelas memasak. Aksi, pertanyaan, dan eksplorasi anak pada tanaman pangan secara kreatif meningkat signifikan saat diadakan kegiatan eksplorasi etnobotani dan kemudian dilanjutkan secara langsung dengan kegiatan experimen sederhana di kelas. Penelitian berikutnya diharapkan mampu mengeksplorasi daya inovasi anak usia dini pada tanaman perkebunan.

References

Arikunto, Suharsimi. & Suhardjono. Supardi. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. PT. Bumi Aksara.

Andriani, D. & Rakihmawati. 2023. Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Menggunakan Media Berbasis Alam. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 7(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4243

Aulia, Syifa., Suzanti, Lizza., & Widjayatri, D.R. 2024. Pengembangan Kreativitas Anak Usia 5-6 tahun melalui Pemanfaatan Barang Bekas Anorganik. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2). https://doi.org/10.37985/murhum.v5i2.975

Cunningham, Anthony B. 2001. Applied Ethnobotany. USA. Earthscan.

Faridl, Moh. & Darmawan. 2024. Pengembangan Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Dalam Gerakan Literasi di Sekolah. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 7(3), 7311-7316. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29583

Hutabarat, Apriani., Lumbanbatu, S.. Sigiro, Y., & Purba, B. 2025. Pentingnya Valuasi Ekonomi dalam pengelolaan Sumber Daya Alam Berkelanjutan. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 8(2), 4467-4473. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.44831

Kusdiah, Yuli., Sriwati, M., Kasnawati., & Rafilus, S. 2024. Peran Pendidikan Lingkungan dalam Meningkatkan Kesadaran Masyarakat tentang Pengelolaan Sampah. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 7(3), 7415-7421. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29635

Miles, Matthew B. & Huberman, A. Michael. 1984. Qualitative Data Analysis: A Source Book of New Methods. London. Sage Publications.

Moleong, Lexy J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung. Remaja Rosdakarya.

Mata, Maria C.S. & Tardio, Javier. 2016. Mediterranean Wild Edible Plants-Ethnobotany and Food Composition Tables. New York. Springerlink.

Martin, Gary & Pear, Joseph. 2015, Modifikasi Perilaku. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Martin, Gary J, 1995. Ethnobotany-A Methods Manual. UK. Springerlink.

Munandar, Utami. 2009. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta. PT. Rineka Cipta

Nasution, E.M. & Srikandi, S. 2021, Konsep Pengembangan Kreativitas AUD. Buhuts Al-Athfal: Jurnal PAUD, 1(1). http://dx.doi.org/10.24952/alathfal.v1i1.3464

Ninasari, A. & Suleyman. 2024. Teknik Pengelolaan Air dalam Pertanian: Menyeimbangkan Konservasi dan Kebutuhan Irigasi. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 7(2), 4801-4807. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.27344

Ozturk, Munir. & Hakeem, K.R. 2018. Plant and Human Health, Volume 1-Ethnobotany and Physiology. Switzerland. Springerlink.

Pulailah, T. & Krishnamurthy, K.V. Bahadur. B. 2018, Ethnobotany of India Volume 5-The Indo-Gangetic Region and Central India. Canada. Apple Academic Press.

Putra, Nusa. & Dwilestari N. 2012. Penelitian Kualitatif PAUD. Jakarta. PT. RajaGrafindo.

Downloads

Published

2025-06-28

How to Cite

Septiana, Y., Akbar, M. R., & Wijayanti, R. (2025). PENERAPAN EKSPLORASI ETNOBOTANI UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(2), 6428–6439. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.47124

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.