IMPLEMENTASI E-CATALOG MENU MAKANAN BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK MENINGKATKAN PENGALAMAN PENGGUNA DI RESTORAN DAN CAFÉ BATAS KOPI

Authors

  • Astrid Novita Putri Universitas Semarang
  • Yuhana Indah Sari Universitas Semarang
  • Anindya Khrisna Wardhani Universitas Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.46784

Keywords:

Augmented Reality, Blender, Marker based Tracking, Unity, Vuforia, Android

Abstract

Perkembangan teknologi saat ini ke berbagai sektor salah satunya ke sektor kuliner. Teknologi yang sedang diberkembangkan saat ini adalah teknologi augmented reality. Teknologi ini dikembangkan ke beberapa aplikasi yang diharapkan dapat memudahkan penggunanya dalam memesan menu makanan dengan melihat katalog makanan dalam bentuk 3D.Hal ini merupakan sangat bermanfaat bagi restoran maupun cafe maupun konsumen. Kemudian fungsi menu itu sendiri untuk memberikan informasi mengenai jenis makanan dan minuman yang dapat dipesan. Namun  dalam dunia kuliner baik itu di cafe atau resto pada tampilan menu makanan masih belum ada inovasi dan kurang informasinya. Sehingga tidak efektif dan efisien serta kurang menarik di mata konsumen.Oleh sebab itu diperlukan suatu inovasi baru dengan menggembangkan teknologi Augmented Reality yang menyajikan bentuk 3D dengan informasi yang lebih detail.  Aplikasi ini dapat memudahkan pembeli dalam memilih makanan yang akan di pesan dan juga memberikan pengalaman baru dalam memilih menu makanan. Pembuatan aplikasi ini menggunakan Vuforia sebagai database Augmented reality 3D, Metode Marker-based tracking, dan menu makanan menggunakan 3D Blender untuk memvisualkan 3 Dimensinya. Hasil penelitian augmented reality yang dibangun ini adalah aplikasi electronic catalog menu makanan dan minuman dengan fitur Augmented Reality yang di kembangkan dengan platform Android yang memvisualkan bentuk makanan dan minuman  dalam bentuk 3D dan memudahkan pengguna untuk melihat bentuk makanan  dan informasi detail yang akan di pesan dengan sistem pemesanan makanan yang memudahkan dalam hal memesan menu makanan atau minuman.

References

Abdulghani, T., & Sati, B. P. (2019). Pengenalan Rumah Adat Indonesia Menggunakan Teknologi Augmented Reality Dengan Metode Marker Based Tracking Sebagai Media Pembelajaran. Media Jurnal Informatika, 11(1). http://jurnal.unsur.ac.id/mjinformatika

Agus Kurniasari, A., Trismayanti Dwi Puspitasari, & Argista Dwi Septya Mutiara. (2023). PENERAPAN METODE MULTIMEDIA DEVELOPMENT LIFE CYCLE (MDLC) PADA A MAGICAL AUGMENTED REALITY BOOK BERBASIS ANDROID. Antivirus : Jurnal Ilmiah Teknik Informatika, 17(1), 19–32. https://doi.org/10.35457/antivirus.v17i1.2801

Ari Beni Santoso. (2024). ANALISIS PENGGUNAAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY DALAM PELATIHAN KETERAMPILAN KERJA INDUSTRI. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, Volume 7(2).

Eviyanti, A., & Firmansyah, K. A. (2023). IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PENGENALAN MAKANAN KHAS JAWA TIMUR MENGGUNAKAN METODE MARKER BASED TRACKING BERBASIS ANDROID. In Jurnal Teknik Informatika (Vol. 15, Issue 2).

Florentina, A. and T. S. Marselino. (2018). Pengembangan Program Aplikasi Android Menu. JurnalSains DanTeknologi Kalbi Scientia.

Gaudenzi1, A., & Dirgantara2, H. B. (2022). Pembuatan Aplikasi Pengenalan Makanan Tradisional Sumatera Utara dengan Menggunakan Teknologi Augmented Reality (Vol. 8, Issue 1).

Handrianus Pranatawijaya, V., Palangka Raya, U., Tunjung Nyaho Jalan Yos Sudarso, K., Raya, P., & Tengah, K. (2020). IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY PADA MENU RUMAH MAKAN. In Jurnal Teknologi Informasi (Vol. 14, Issue 1).

Lestari Rahayu, S., & Al Fatta, H. (2016). Rancang Bangun Augmented Reality Pada Data Menu Restoran.

Rahmat, R., & Noviyanti, N. (2021). Augmented Reality untuk Materi Bangun Ruang Menggunakan Unity 3D, Vuforia SDK dan Aplikasi Blender. JURNAL TIKA, 5(3), 86–92. https://doi.org/10.51179/tika.v5i3.59

Sergey Balandin*, I. O. S. B. A. S. N. S. A. K. (2010). Multimedia Services on top of M3 Smart Spaces. IEEE.

Yesmaya, V. , D. D. , R. A. B. , & P. R. (2019). Pengembangan Program aplikasi android menu makanan dengan teknologi augmented reality pada restoran sushi. Jurnal Telematika.

Downloads

Published

2025-06-13

How to Cite

Putri, A. N., Sari, Y. I., & Wardhani, A. K. (2025). IMPLEMENTASI E-CATALOG MENU MAKANAN BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK MENINGKATKAN PENGALAMAN PENGGUNA DI RESTORAN DAN CAFÉ BATAS KOPI. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(2), 5798–5806. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.46784

Similar Articles

<< < 1 2 3 

You may also start an advanced similarity search for this article.