PENDIDIKAN ISLAM PADA ERA KEEMASAN ABBASIYAH: STUDI PUSTAKA TERHADAP LEMBAGA, KURIKULUM, DAN TOKOH ILMUWAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.46538Keywords:
Pendidikan Islam pada Era Keemasan Abbasiyah: Studi Pustaka terhadap Lembaga, Kurikulum, dan Tokoh Ilmuwan, pendidikan, kurikulum, lembagaAbstract
Artikel ini membahas sistem pendidikan pada masa Dinasti Abbasiyah yang dikenal sebagai masa keemasan peradaban Islam. Melalui pendekatan studi pustaka, penelitian ini menggambarkan perkembangan lembaga-lembaga pendidikan seperti kuttab, madrasah, masjid, dan Bayt al-Hikmah, serta kurikulum yang mengintegrasikan ilmu naqli (wahyu) dan aqli (rasional). Pendidikan pada masa ini tidak hanya berfungsi sebagai sarana transmisi nilai keagamaan, tetapi juga sebagai pusat pengembangan ilmu pengetahuan di berbagai bidang seperti filsafat, kedokteran, matematika, dan astronomi. Artikel ini juga mengulas kontribusi tokoh-tokoh ilmuwan besar seperti Al-Kindi, Ibnu Sina, Al-Khawarizmi, dan lainnya yang menjadi pelopor kemajuan intelektual dunia Islam. Hasil kajian menunjukkan bahwa sistem pendidikan Abbasiyah mampu menjadi model pendidikan Islam yang transformatif, integratif, dan berpengaruh hingga ke Barat. Temuan ini menjadi relevan dalam upaya rekonstruksi pendidikan Islam kontemporer yang menuntut keseimbangan antara nilai keislaman dan kecakapan ilmiah.References
Asar. 1994. Pendidikan Tinggi Islam, Jakarta: Bulan Bintang.
Buchori, Didin Saefuddin. 2009. Sejarah Politik Islam. Jakarta: Pustaka Intermasa.
Daulay, Haidar, et.al. 2020. “Masa Keemasan Umayyah dan Dinasti Abbasiyah” Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 1(2). https://ejurnal.seminar-id.com/index.php/jurkam/article/view/612.
Daulay, H. P., Dahlan, Z., & Putri, Y. A. (2021). Peradaban dan pemikiran Islam pada masa Bani Abbasiyah. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 228-244.
Ifendi, M. (2020). Dinasti Abbasiyah: Studi Analisis Lembaga Pendidikan Islam. fenomena, 12(2). https://doi.org/10.21093/fj.v12i2.2269
Lailial Muhtifah. 2008. Sejarah Sosial Pendidikan Islam; Konsep Dasar Pendidikan Multikultural di Institusi Pendidikan Islam Zaman al-Ma’mun (813-833 M), Jakarta: Kencana.
Mahroes, S. 2015. Kebangkitan Pendidikan Bani Abbasiyah Perspektif Sejarah Pendidikan Islam. TARBIYA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 1(1), 77-108.
Mutaqin, J. 2020. Semangat Ilmuwan Muslim dalam Pengembangan Institusi Pendidikan Madrasah Nizhamiyah dan Ilmu Pengetahuan pada Masa Dinasti Abbasiyah (Master's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).
Nasution, Harun. 1978. Filsafat dan Mistisisme dalam Islam. Jakarta: Bulan Bintang.
Oktaviyani, Vita Ery. 2018. “Ilmu dan Teknologi Dinasti Abbasiyah Periode Pertama” Jurnal Sejarah Peradaban Islam, 2(1). http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/juspi/article/view/1734.
Rahmawati, Rahim. 2008. dalam “Sejarah Sosial Pendidikan Islam”. Jakarta, Kencana, cet. 2.
Sunanto, Musyrifah. 2003. Sejarah Islam Klasik:Perkembangan Ilmu Pengetahuan Islam. Jakarta: Kencana.
Supriyadi, Dedi. 2008. Sejarah Peradaban Islam. Bandung : CV. Pustaka Setia.
Suwito. (2005). Sejarah Sosial Pendidikan Islam. Buku (F. Suwito, Ed.; 1sted., Vol. 2). Kencana.
Zaitun, A. (2024). Pengaruh Dinasti Abbasiyah Terhadap Kemajuan Peradaban Islam. Asas Wa Tandhim: Jurnal Hukum, Pendidikan Dan Sosial Keagamaan, 3(2), 113-124.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Iis Ratnasari, Ahyar Ahyar, Titi Mirasari, Muslih Muslih, Fahrudin Fahrudin, Arum Fauziah, Rina Septiyaningsih

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




