EFEKTIVITAS MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATERI BANGUN RUANG SISWA FASE C SEKOLAH DASAR

Authors

  • Nova Cahyani Ramadhina Universitas Pendidikan Indonesia
  • Pupun Nuryani Universitas Pendidikan Indonesia
  • Andhin Dyas Fitriani Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i3.46445

Keywords:

Guided Discovery, Kemampuan Pemahaman Matematis siswa, bangun ruang

Abstract

Dalam pembelajaran matematika salah satu kemampuan matematis yang harus siswa  kuasai  adalah  pemahaman  konsep  matematis. Pemahaman konsep matematis siswa yang rendah dikarenakan kurangnya model pembelajaran yang sesuai untuk melibatkan peserta didik secara aktif dalam meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas model guided discovery learning dalam meningkatkan pemahaman konsep materi bangun ruang pada siswa fase c sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan yaitu pre-eksperimental dengan one group pretest-posttest design, dengan subjek penelitian ini adalah siswa fase C kelas V di salah satu sekolah dasar di Kecamatan Kebon Jeruk, Kota Jakarta Barat. Instrumen penelitian yang digunakan berdasarkan indikator pemahaman konsep matematis. Analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji paired sample t-test, dan uji perbedaan terhadap skor N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan  rata-rata yang diperoleh siswa saat prettest sebesar 51,5, dan rata-rata saat posttest  sebesar 83,83. Perbedaan rata-rata yang signifikan berdasarkan hasil uji paired sample t-test sebesar 0,000 < α (0,05). Peningkatan pemahaman konsep siswa dibuktikan berdasarkan hasil uji perbedaan terhadap skor N-Gain dengan perolehan nilai rata-rata N-Gain sebesar 69,37%. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan model guided discovery learning dapat meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa karena termasuk kedalam kategori cukup efektif.

References

Anggraeni, S. T., Muryaningsih, S., & Ernawati, A. (2020). Analisis faktor penyebab kesulitan belajar matematika di sekolah dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 1(1), 25–37.

Arikunto, S. (2021). Dasar-dasar evaluasi pendidikan edisi 3. Bumi aksara.

Coendraad, R. (2021). Pengaruh Guided discovery learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Turunan Dan Integral Mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Palangka Raya Tahun 2020/2021. Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang, 12(02), 185-195.

Devi, K. S. T., Wibawa, I. M. C., & Sudiandika, I. K. A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V. Mimbar Ilmu, 26(2), 233-242.

Febrianti, W. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Guided discovery learning (GDL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP/MTs (UIN Ar-Raniry).

Handajani, B. (2020). Model Discovery Learning dalam Pembelajaran Matematika di SMP. Penerbit Adab.

Lase, W. D. (2020). Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik yang Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Model Pembelajaran Discovery Learning pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII SMP Negeri 2 Tigabinanga.

Lestari, A. (2025). Pengaruh Strategi Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering (REACT) terhadap Kemampuan Representasi Matematis dan Keaktifan Belajar Matematis Siswa (Universitas Malikussaleh).

Lutfiadi, L., & Zawawi, I. (2022). Meningkatkan Keterampilan 4C’S Abad 21 Melalui Model Pembelajran Guided discovery learning. Didaktika: Jurnal Pemikiran Pendidikan, 28(1), 54-69

Nisa, I. K., Putri, A. R., Rohmah, S. N. A. B., & Hamidah, D. (2024). Analisis Kemampuan Representasi Matematis dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual materi PLSV Melalui Pendekatan PMRI. IMEJ: Indonesian Mathematics Education Journal, 1(01), 37-50.

Nofiana, M. (2020). Pengaruh model guided discovery learning terhadap high order thinking skills siswa kelas XI. Bio Educatio, 5(1), 378209.

Nurhidayat, I. (2022). Pengaruh Metode MathMagic Terhadap Penigkatan Kemampua Pemahaman Konsep Matematis Siswa Sekolah Dasar (Penelitian Quasi Experiment pada Siswa Kelas V pada Pokok Bahasan Volume Bangun Ruang Kubus dan Balok di Salah Satu Sekolah Dasar Negeri di Kabupaten . (Universitas Pendidikan Indonesia).

Permatasari, I., Zikri, F., & Zuber, Z. (2021). Efektifitas Metode Guided discovery learning (Gdl) Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMK Pada Mata Pelajaran Kearsipan. Jurnal Administrasi Bisnis (JUBIS), 1(2), 99-115.

Riswari, L. A., & Ermawati, D. (2025). Analisis Kemampuan Konsep Perkalian pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas II Ditinjau dari Teori Behavioristik. JANACITTA, 8(1), 164-172.

Septian, A., Agustina, D., & Maghfirah, D. (2020). Model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division (STAD) untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 10–22.

Simbolon, A. K. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa dengan Model Pembelajaran Guided discovery learning pada Mata Kulia Ekonomi.. Nusantara Hasana Journal, 4(5), 26-31.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, R&D, dan Penelitian Pendidikan. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Supriyatin, T., & Arfa, A. N. (2023). Pengaruh Discovery Learning dan Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Metakognisi Matematika Siswa di SMP N 17 Jakarta. Justek: Jurnal Sains Dan Teknologi, 6(2), 214–221.

Ummah, K., & Nashruddin, N. (2024). Efektivitas Model Pembelajaran Guided discovery learning Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN 105 Inpres Alatengae. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 11708-11715.

Yantik, F., Suttrisno, S., & Wiryanto, W. (2022). Desain media pembelajaran flash card math dengan strategi teams achievement division (STAD) terhadap hasil belajar matematika materi himpunan. Jurnal Basicedu, 6(3), 3420-3427.

Downloads

Published

2025-08-15

How to Cite

Ramadhina, N. C., Nuryani, P., & Fitriani, A. D. (2025). EFEKTIVITAS MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATERI BANGUN RUANG SISWA FASE C SEKOLAH DASAR. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(3), 7210–7221. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i3.46445

Similar Articles

<< < 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.