PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA DI KELAS XI IPS 2 MAS AL-ASY`ARIYAH MEDAN KRIO

Authors

  • Sabila Sabila Universitas Pembangunan Panca Budi
  • Nurhalima Tambunan Universitas Pembangunan Panca Budi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.46411

Keywords:

Peran Guru, Karakter, Disiplin

Abstract

Penelitian ini bertujuan menjelaskan peran guru dalam meningkatkan karakter disiplin siswa di kelas XI MAS Al-Asy`ariyah Medan Krio. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Dalam penelitian ini yang merupakan informasi adalah kepala sekolah, guru, dan peserta didik di Kelas XI MAS Al-Asy`Ariyah Medan Krio. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru dalam meningkatkan karakter disiplin siswa di kelas XI MAS Al-asy`ariyah Medan Krio sudah baik karena dengan guru menjadi teladan yang disiplin bagi siswa, guru-guru sudah menampilkan dan memberikan contoh perbuatan yang baik dalam meningkatkan karakter disiplin peserta didik.

References

Ajmain, A., & Marzuki, M. (2019). Peran guru dan kepala sekolah dalam pendidikan karakter siswa di SMA Negeri 3 Yogyakarta. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 16(1), 109-123.

Amsari, A., & Tambunan, N. (2023). Implementasi Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Peserta Didik di SMP Amal Luhur Medan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 18438-18445.

Arniah, A., Ahmad, R. I., & Jannah, M. (2022). Peran Guru dalam Meningkatkan Karakter Kedisiplinan Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 6(5), 8626-8634.

Ayni, N., Azizah, R. N., & Pribadi, R. A. (2022). Pengaruh Kegiatan Pembiasaan Terhadap Pembentukan Karakter Disiplin. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 10(1), 267-277.

Bali, M. M. E. I., & Naim, A. (2020). Tipologi interaksi sosial dalam meningkatkan karakter disiplin siswa. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(1), 47-62.

Fawaid, M. M. (2017). Implementasi tata tertib sekolah dalam meningkatkan karakter kedisiplinan siswa. Jurnal Civic Hukum, 2(1), 9.

Harita, A., Laia, B., & Zagoto, S. F. L. (2022). Peranan Guru Bimbingan Konseling dalam Pembentukan Karakter Disiplin Siswa SMP Negeri 3 Onolalu Tahun Pelajaran 2021/2022. Counseling For All: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2(1), 40-52.

Ibrahim, R., Asmarika, A., Salim, A., Wismanto, W., & Abunawas, A. (2023). Peran Guru dalam Membentuk Karakter Disiplin Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah Al Barokah Pekanbaru. Journal of Education Research, 4(3), 1082-1088.

Octavia, E., & Sumanto, I. (2018). Peran guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam membentuk karakter disiplin siswa di sekolah. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan.

Rantauwati, H. S. (2020). Kolaborasi orang tua dan guru melalui kubungortu dalam pembentukan karakter siswa SD. Jurnal Ilmiah WUNY, 2(1).

Rianti, E., & Mustika, D. (2023). Peran Guru dalam Pembinaan Karakter Disiplin Peserta Didik. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 360-373.

Sari, Y., Sari, N. A., & Suwartini, S. (2024). Penguatan karakter disiplin siswa melalui peranan guru di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 2(3), 928-933.

Utami, P. S. (2021). Sistem Poin Dalam Meningkatkan Karakter Disiplin Dan Kemandirian Siswa Era Generasi Z. Joyful Learning Journal, 10(2), 66-73.

Downloads

Published

2025-06-10

How to Cite

Sabila, S., & Tambunan, N. (2025). PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA DI KELAS XI IPS 2 MAS AL-ASY`ARIYAH MEDAN KRIO. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(2), 5702–5706. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.46411

Similar Articles

<< < 13 14 15 16 17 18 19 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.