PERBANDINGAN EFEKTIVITAS PENDEKATAN PEMBELAJARAN BIOLOGI BERDASARKAN GAYA BELAJAR INDIVIDUAL DAN KELOMPOK

Authors

  • Mansur S Universitas Nusa Nipa

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.46178

Keywords:

efektivitas;Biologi; Individu dan Kelompok

Abstract

Pendidikan Biologi sebagai bagian dari sains memiliki peran penting dalam menumbuhkan kemampuan berpikir kritis, kreatif, serta pemahaman terhadap fenomena alam dan kehidupan. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis perbandingan efektivitas pendekatan pembelajaran biologi berdasarkan gaya belajar individu dan kelompok. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang dilakukan melalui telaah sistematis terhadap literatur ilmiah. Fokus penelitian diarahkan pada identifikasi hubungan antara gaya belajar peserta didik (visual, auditori, kinestetik) dan pendekatan pembelajaran (individual vs kelompok). Pendekatan pembelajaran biologi yang berbasis gaya belajar peserta didik memainkan peran penting dalam menentukan efektivitas proses pembelajaran. Pendekatan individual terbukti lebih efektif bagi siswa dengan gaya belajar visual dan intrapersonal, karena memberikan keleluasaan dalam mengatur tempo dan strategi belajar. Sebaliknya, pendekatan kelompok lebih bermanfaat bagi siswa dengan gaya belajar auditori dan kinestetik karena menstimulasi interaksi sosial, kolaborasi, dan pengalaman belajar langsung.

References

Brown, C., Martin, J., & Evans, T. (2023). Personalized Learning in Science Education: Effects on Engagement and Achievement. Journal of Science Education and Technology, 32(1), 14–28. https://doi.org/10.1007/s10956-023-10021-9

Dunn, R., & Dunn, K. (2021). Teaching Students Through Their Individual Learning Styles. Allyn & Bacon.

Gilakjani, A. P. (2022). Visual, Auditory, Kinesthetic Learning Styles and Their Impacts on English Language Teaching. Journal of Studies in Education, 12(2), 56–64.

Johnson, D. W., & Johnson, R. T. (2021). Cooperation and the Use of Technology. Educational Technology Publications.

Kaur, H., & Arora, S. (2020). A Comparative Study of Individual and Group Learning Strategies in Science Education. International Journal of Educational Research, 101, 101–115.

Kemendikbudristek. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen Kurikulum Merdeka. Direktorat Jenderal PAUD, DIKDAS, dan DIKMEN.

Mansur, S. (2024). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBER HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP PESERTA DIDIK DI SMP. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 7977-7984.

Reid, G. (2023). Learning Styles and Inclusion: Developments in the Theory and Practice (3rd ed.). Routledge.

Slavin, R. E. (2020). Educational Psychology: Theory and Practice (12th ed.). Pearson Education.

Snyder, H. (2019). Literature Review as a Research Methodology: An Overview and Guidelines. Journal of Business Research, 104, 333–339. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2019.07.039

Downloads

Published

2025-05-20

How to Cite

S, M. (2025). PERBANDINGAN EFEKTIVITAS PENDEKATAN PEMBELAJARAN BIOLOGI BERDASARKAN GAYA BELAJAR INDIVIDUAL DAN KELOMPOK. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(2), 5236–5240. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.46178

Similar Articles

<< < 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.