ANALISIS KEMAMPUAN KRITIS MAHASISWA DALAM MEMBACA ARSIP UNTUK PENELITIAN SEJARAH PADA DINAS ARSIP SULAWESI SELATAN

Authors

  • Ahmad Subair Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.45834

Keywords:

Kemampuan Kritis, Arsip, Penelitian Sejarah, Pendidikan Sejarah.

Abstract

Penelitian ini menganalisis kemampuan kritis mahasiswa Pendidikan Sejarah UNM dalam membaca arsip di Dinas Arsip Provinsi Sulawesi Selatan. Menggunakan pendekatan  mixed methods  (tes tertulis, observasi, wawancara) terhadap 68 mahasiswa, hasil penelitian menunjukkan variasi kemampuan: mahasiswa lebih kompeten dalam menganalisis arsip terstruktur (administratif) dan berbahasa Indonesia modern, namun kurang mampu mengevaluasi kredibilitas sumber, bias penulis, atau makna implisit pada arsip kultural (lontaraq) dan kolonial. Hambatan utama meliputi minimnya literasi budaya lokal dan pemahaman konteks historis holistik. Penelitian merekomendasikan integrasi literasi kearifan lokal, praktik analisis arsip beragam, serta kolaborasi multidisipliner untuk meningkatkan kompetensi kritis. Temuan ini relevan bagi pengembangan kurikulum sejarah dan pelestarian narasi lokal berbasis bukti. 

References

(ATMA), S. K.-S., & 2007, undefined. (n.d.). Sureq, Lontaraq, Toloq: Manuskrip dan Ragam Sastera Bugis. ukm.my. Diambil dari https://www.ukm.my/jatma/wp-content/uploads/makalah/SARI/SARI-2007-2500-11.pdf.pdf

Arkeologi, D. S.-B., & 2005, undefined. (2005). Etika penelitian. berkalaarkeologi.kemdikbud.go.id, 25(1), 17–22. https://doi.org/10.30883/jba.v25i1.906

Arsip, C., id, G. N.-B.-D. melalui website www. anri. go., & 2022, undefined. (n.d.). Arsip Nasional Republik Indonesia. jdih.anri.go.id, 62(7), 7810280. Diambil dari https://jdih.anri.go.id/storage/rules/January2024/uy4HVoYk3IxoSPgVenH1.pdf

Bahar, H., Ilmu, t. m.-k. a.-h. j., & 2015, undefined. (n.d.). Upaya pelestarian naskah kuno di badan perpustakaan dan arsip daerah provinsi sulawesi selatan. journal3.uin-alauddin.ac.id. Diambil dari https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/khizanah-al-hikmah/article/view/590

Bisnis, T. M.-J. K., & 2021, undefined. (n.d.). Pengelolaan arsip elektronik. jurnal.lpkia.ac.id. Diambil dari http://jurnal.lpkia.ac.id/index.php/jkb/article/view/324

Dan, P., & Arsip, P. (2014). Pemeliharaan dan pengamanan arsip. Diambil dari https://repository.ut.ac.id/4105/1/ASIP4320-M1.pdf

Darmansah, T., Nur, A., … H. S.-J. E. D., & 2024, undefined. (n.d.). Tantangan dan solusi dalam pengelolaan arsip di era digital. jurnal.ittc.web.id. Diambil dari https://jurnal.ittc.web.id/index.php/jebd/article/view/1190

Doyle, L., Brady, A. M., & Byrne, G. (2009). An overview of mixed methods research. journals.sagepub.com, 14(2), 175–185. https://doi.org/10.1177/1744987108093962

Hidayat, R. (2021). Maskulinisme dalam Konstruksi Ilmu.

Ilmu, M. R.-K. al-H. J., & 2016, undefined. (n.d.). Pengelolaan arsip elektronik berbasis teknologi. journal3.uin-alauddin.ac.id. Diambil dari https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/khizanah-al-hikmah/article/view/1754

Informasi), M. F.-J. (Jurnal I. P. D., & 2018, undefined. (n.d.). Pentingnya arsip sebagai sumber informasi. academia.edu. Diambil dari https://www.academia.edu/download/91855372/266976326.pdf

Libria, A. N.-, & 2018, undefined. (n.d.). Preservasi arsip. jurnal.ar-raniry.ac.id. Diambil dari https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/libria/article/view/2405

Morse, J. M., & Niehaus, L. (2016). Mixed method design: Principles and procedures. Mixed Method Design: Principles and Procedures, 1–194. https://doi.org/10.4324/9781315424538/Mixed-Method-Design-Janice-Morse

Muhidin, S., Winata, H., dan, B. S.-J. P. B., & 2016, undefined. (n.d.). Pengelolaan arsip digital. core.ac.uk. Diambil dari https://core.ac.uk/download/pdf/287321531.pdf

Rahmawati, H., Pujiastuti, P., Permata Cahyaningtyas, A., Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas Empat Sekolah Dasar di se-Gugus II Kapanewon Playen, K. S., & Kidul Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Vol, G. (2023). Kategorisasi kemampuan berpikir kritis siswa kelas empat sekolah dasar di SD se-gugus II Kapanewon Playen, Gunung Kidul. jurnaldikbud.kemdikbud.go.id, 8(1). https://doi.org/10.24832/jpnk.v8i1.3338

research, C. M.-J. of mixed methods, & 2017, undefined. (2017). The value of mixed methods research: A mixed methods study. journals.sagepub.com, 11(2), 202–222. https://doi.org/10.1177/1558689815607096

Roeliana, L., Yogopriyatno, J., & IP, S. (2023). Kearsipan.

Rosalin, S. (2017). Manajemen arsip dinamis.

Sosiohumanika, B. S.-, & 2014, undefined. (n.d.). Konflik, Kontrak Sosial, Dan Pertumbuhan Kerajaan-Kerajaan Islam Di Sulawesi Selatan. journals.mindamas.com. Diambil dari https://journals.mindamas.com/index.php/sosiohumanika/article/view/495

Tashakkori, A., methods, J. C.-J. of mixed, & 2007, undefined. (2007). The new era of mixed methods. journals.sagepub.com, 1(1), 3–7. https://doi.org/10.1177/2345678906293042

Teknologi, J., Bisnis, I., Rizky Asyari, M., Ramadhani, S., Sains, F., Teknologi, D., … Baru, S. (n.d.). Sistem informasi arsip surat menyurat. jurnal.unidha.ac.id, 3, 31–2021. https://doi.org/10.47233/jteksis.v3i1.172

Wicaksono, A. (2022). Metodologi Penelitian Pendidikan: Pengantar Ringkas.

Downloads

Published

2025-05-16

How to Cite

Subair, A. (2025). ANALISIS KEMAMPUAN KRITIS MAHASISWA DALAM MEMBACA ARSIP UNTUK PENELITIAN SEJARAH PADA DINAS ARSIP SULAWESI SELATAN . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(2), 5147–5155. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.45834

Similar Articles

<< < 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.