PENGARUH PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA TERHADAP KARAKTER SISWA DALAM KURIKULUM MERDEKA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.45565Keywords:
Profil Pancasila; Karakter; Kurikulum MerdekaAbstract
Sebagai respons terhadap tantangan tersebut, pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) meluncurkan Kurikulum Merdeka. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh penguatan profil pelajar pancasila terhadap karakter siswa dalam kurikulum merdeka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kajian pustaka (library research), yaitu metode penelitian yang dilakukan dengan menelaah dan menganalisis berbagai sumber tertulis atau dokumen yang relevan, baik berupa buku, artikel jurnal, laporan penelitian, dokumen kebijakan, maupun sumber resmi lainnya. Berdasarkan hasil kajian literatur dan analisis pustaka, dapat disimpulkan bahwa penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka memiliki peran sentral dan signifikan dalam membentuk karakter siswa.References
Fitriyani, A., Yusuf, M., & Nurhalimah, N. (2021). Penerapan Nilai-nilai Pancasila dalam Meningkatkan Karakter Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 11(3), 356–368. https://doi.org/10.21831/jpk.v11i3.42312
Hanifah, N., & Suharto, A. (2023). Evaluasi Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Inovasi Pendidikan Indonesia, 2(1), 45–58.
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2022). Buku Saku Profil Pelajar Pancasila. Jakarta: Kemdikbudristek.
Krippendorff, K. (2018). Content Analysis: An Introduction to Its Methodology (3rd ed.). Los Angeles: SAGE Publications.
Lickona, T. (1991). Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Books.
Moleong, L. J. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ramadhani, F. (2022). Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Meningkatkan Karakter Siswa Sekolah Menengah. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 29(2), 150–163.
Sari, M. E., & Wibowo, A. (2023). Tantangan Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pendidikan Karakter. Jurnal Kurikulum dan Pembelajaran, 13(1), 45–58.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Imam Jayanto, Ikhda Nurnoviyati, Klemens Mere

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




