UPAYA MENINGKATKAN KONSEP DIRI POSITIF MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAY

Authors

  • Umy Fahrulida Universitas Muria Kudus
  • Sumarwiyah Sumarwiyah Universitas Muria Kudus
  • Susilo Adi Pratomo SMA Negeri 1 Mejobo

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.44903

Keywords:

Konsep Diri Positif, Bimbingan Kelompok, Teknik Role Play

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan konsep diri positif siswa kelas X9 SMAN 1 Mejobo Kudus melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik role play. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK) yang terdiri atas dua siklus, dengan setiap siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X9 yang memiliki tingkat konsep diri rendah berdasarkan hasil asesmen awal. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan konsep diri positif siswa setelah mengikuti layanan bimbingan kelompok dengan teknik role play. Peningkatan tersebut terlihat dari skor angket konsep diri yang meningkat secara signifikan dari pra tindakan ke pasca tindakan di setiap siklus. Dengan demikian, layanan bimbingan kelompok dengan teknik role play terbukti efektif dalam meningkatkan konsep diri positif siswa.

References

Anggrawati, D., & Kasih, F. (2022). Model bimbingan kelompok dalam menggunakan metode role playing untuk mengurangi kecemasan berkomunikasi pada peserta didik. Journal of Education Research, 2(4), 210–215. https://doi.org/10.37985/jer.v2i4.64

Anisahria, A., Ratu, B., & Suhrah, S. (2023). Konseling kelompok teknik role playing untuk meningkatkan kepercayaan diri peserta didik. Jurnal Bimbingan dan Konseling Pandohop, 5(1), 12–20. https://doi.org/10.37304/pandohop.v5i1.16692

Hartanti, J. (2022). Bimbingan Kelompok. Tulungagung: UD Duta Sablon.

Hartinah, S. (2017). Konsep Dasar Bimbingan Kelompok. Bandung: PT Refika Aditama.

Istiqomah, I. (2023). Efektivitas bimbingan kelompok teknik role playing untuk peningkatan kepercayaan diri siswa sekolah menengah pertama. Jurnal Riset Tindakan Indonesia, 8(2), 150–158. https://jurnal.iicet.org/index.php/jrti/article/view/3125/1552

Khasanah, T. N., & Kurniawan, D. E. (2023). Efektivitas Bimbingan Kelompok dengan Teknik Diskusi untuk Meningkatkan Konsep Diri Positif Siswa. Indonesian Journal of Educational Counseling, 7(2), 255–262. https://doi.org/10.30653/001.202372.278

Nurfajarni, M., Gutji, N., & Wahyuni, H. (2022). Layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing untuk meningkatkan konsep diri siswa SMP Negeri 8 Kota Jambi. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 2715–2721. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/8630?utm_source=chatgpt.com

Sukma, D. (2018). Rujukan konsep bimbingan kelompok dan konseling kelompok karya Prayitno. Konselor, 7(2), 49–54.

Puspita, L. (2023). Efektivitas bimbingan kelompok teknik role playing untuk meningkatkan sikap empati dan tanggung jawab siswa SMP Negeri 1 Sumowono. Jurnal Fokus Konseling, 3(1), 1–10. https://ejournal.umpri.ac.id/index.php/fokus/article/view/1167

Putri, A. N., & Nugroho, H. (2023). Penerapan teknik role play dalam bimbingan kelompok untuk meningkatkan konsep diri siswa SMA. Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia, 10(1), 35–42.

Sukma, D. (2018). Rujukan konsep bimbingan kelompok dan konseling kelompok karya Prayitno. Konselor, 7(2), 49–54. https://doi.org/10.24036/02018728754-0-00

Sutoyo,Anwar. (2017). Pemahaman Individu Observasi, Checklist, Interviu, Kuesioner, Sosiometri. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Wahyuni, S., & Ramadhan, D. (2022). Pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik role play terhadap peningkatan konsep diri remaja. Psikoedukasi: Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling, 5(2), 66–75.

Zulaikah, F., & Ismanto, H. S. (2023). Pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik role playing terhadap resiliensi akademik siswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 1611–1622. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.5465

Downloads

Published

2025-04-25

How to Cite

Fahrulida, U., Sumarwiyah, S., & Pratomo, S. A. (2025). UPAYA MENINGKATKAN KONSEP DIRI POSITIF MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAY. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(2), 4700–4704. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.44903

Similar Articles

<< < 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.