UPAYA MENINGKATKAN KONSEP DIRI POSITIF MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAY
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.44903Keywords:
Konsep Diri Positif, Bimbingan Kelompok, Teknik Role PlayAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan konsep diri positif siswa kelas X9 SMAN 1 Mejobo Kudus melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik role play. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK) yang terdiri atas dua siklus, dengan setiap siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X9 yang memiliki tingkat konsep diri rendah berdasarkan hasil asesmen awal. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan konsep diri positif siswa setelah mengikuti layanan bimbingan kelompok dengan teknik role play. Peningkatan tersebut terlihat dari skor angket konsep diri yang meningkat secara signifikan dari pra tindakan ke pasca tindakan di setiap siklus. Dengan demikian, layanan bimbingan kelompok dengan teknik role play terbukti efektif dalam meningkatkan konsep diri positif siswa.References
Anggrawati, D., & Kasih, F. (2022). Model bimbingan kelompok dalam menggunakan metode role playing untuk mengurangi kecemasan berkomunikasi pada peserta didik. Journal of Education Research, 2(4), 210–215. https://doi.org/10.37985/jer.v2i4.64
Anisahria, A., Ratu, B., & Suhrah, S. (2023). Konseling kelompok teknik role playing untuk meningkatkan kepercayaan diri peserta didik. Jurnal Bimbingan dan Konseling Pandohop, 5(1), 12–20. https://doi.org/10.37304/pandohop.v5i1.16692
Hartanti, J. (2022). Bimbingan Kelompok. Tulungagung: UD Duta Sablon.
Hartinah, S. (2017). Konsep Dasar Bimbingan Kelompok. Bandung: PT Refika Aditama.
Istiqomah, I. (2023). Efektivitas bimbingan kelompok teknik role playing untuk peningkatan kepercayaan diri siswa sekolah menengah pertama. Jurnal Riset Tindakan Indonesia, 8(2), 150–158. https://jurnal.iicet.org/index.php/jrti/article/view/3125/1552
Khasanah, T. N., & Kurniawan, D. E. (2023). Efektivitas Bimbingan Kelompok dengan Teknik Diskusi untuk Meningkatkan Konsep Diri Positif Siswa. Indonesian Journal of Educational Counseling, 7(2), 255–262. https://doi.org/10.30653/001.202372.278
Nurfajarni, M., Gutji, N., & Wahyuni, H. (2022). Layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing untuk meningkatkan konsep diri siswa SMP Negeri 8 Kota Jambi. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 2715–2721. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/8630?utm_source=chatgpt.com
Sukma, D. (2018). Rujukan konsep bimbingan kelompok dan konseling kelompok karya Prayitno. Konselor, 7(2), 49–54.
Puspita, L. (2023). Efektivitas bimbingan kelompok teknik role playing untuk meningkatkan sikap empati dan tanggung jawab siswa SMP Negeri 1 Sumowono. Jurnal Fokus Konseling, 3(1), 1–10. https://ejournal.umpri.ac.id/index.php/fokus/article/view/1167
Putri, A. N., & Nugroho, H. (2023). Penerapan teknik role play dalam bimbingan kelompok untuk meningkatkan konsep diri siswa SMA. Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia, 10(1), 35–42.
Sukma, D. (2018). Rujukan konsep bimbingan kelompok dan konseling kelompok karya Prayitno. Konselor, 7(2), 49–54. https://doi.org/10.24036/02018728754-0-00
Sutoyo,Anwar. (2017). Pemahaman Individu Observasi, Checklist, Interviu, Kuesioner, Sosiometri. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Wahyuni, S., & Ramadhan, D. (2022). Pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik role play terhadap peningkatan konsep diri remaja. Psikoedukasi: Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling, 5(2), 66–75.
Zulaikah, F., & Ismanto, H. S. (2023). Pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik role playing terhadap resiliensi akademik siswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 1611–1622. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.5465
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Umy Fahrulida, Sumarwiyah Sumarwiyah, Susilo Adi Pratomo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




