PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS ISPRING SUITE BERBANTUAN EDUCATION GAMES MATERI GARIS DAN BENTUK SENI RUPA KELAS I SD NEGERI 060866 MEDAN

Authors

  • Zahara Br. Karo Universitas Negeri Medan
  • Sri Mustika Aulia Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.44814

Keywords:

Pengembangan, E-Modul, Ispring Suite, Education Games, Seni Rupa.

Abstract

Penelitian ini bertujuan  untuk mengetahui Tingkat validitas, praktikalitas dan efektivitas terhadap pengembangan e-modul berbasis ispring suite berbantuan education games pada materi garis dan bentuk seni rupa di kelas IC SD Negeri 060866 Medan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan. Model pengembangan yaitu ADDIE (Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi dan Evaluasi). Subjek dalam penelitian ini yaitu seorang ahli media, ahli desain, guru kelas dan juga peserta didik yang berjumlah 20 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil validasi ahli materi diperoleh presentase 96,66% dengan kriteria "Sangat Valid", hasil validasi ahli desain diperoleh presentase 85% dengan kriteria "Sangat Valid", hasil validasi uji praktikalitas (angket guru) diperoleh presentase 98% dengan kriteria "Sangat Praktis", dan tes hasil belajar siswa sebelum dan sesudah penggunaan e-modul diperoleh nilai pretest dengan presentase 10% dengan kriteria "Kurang Efektif” dan nilai posttest dengan presentase 95% dengan kriteria "Sangat efektif". Berdasarkan temuan hasil penelitian tersebut, disarankan bagi guru untuk dapat menggembangkan dan menggunakan e-modul berbasis ispring suite berbantuan education games pada materi garis dan bentuk seni rupa dalam proses pembelajaran.

References

Aida, Safa Mariska., dkk. (2024). Analisis Implementasi Pembelajaran Seni Rupa Pada Kurikulum Merdeka Di Kelas I Sekolah Dasar. Cendikia: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran. Vol. 2, No.8 521-536.

Allyce Win., Dkk. (2024). Pembelajaran Seni Rupa Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar (Studi Kasus Di Sdn 1 Sudaji). Jurnal Pendidikan Seni Rupa Undiksha. 14(1), 14-26.

Anum, Aulia, dkk. 2024. Pengaruh Kegiatan Menggambar Garis Terhadap Motorik Halus Anak di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Balai Talang. Universitas Negeri Padang: Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. 6(2), 12874-12882.

Arikunto, S. (2014). Evaluasi Program Pendidikan: Pedoman Teoritis Praktis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Aulia, Sri Mustika., dkk. (2022). E-Modul Ajar Praktikum Seni Musik: Bahan Ajar Digital Berbasis Case Method dan Team Based Project. Grenek: Jurnal Seni Musik.11 (2), 140-150

Benny, Agus Pribadi., Dewi A. Padmo Putri. (2019). Pengembangan Bahan Ajar. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.

Budiarta, K., Harahap, M.H., & Mailani, E. (2018). Potret Implementasi Pembelajaran Berbasis High Order Thinking Skills (HOTS) di Sekolah Dasar Kota Medan. Jurnal Pembangunan Perkotaan. 6(2), 102-111.

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis ADDIE Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35-43.

Daryanto. (2013). Menyusun Modul, Bahan Ajar Untuk Persiapan Guru dalam Mengajar. Yogyakarta: Gava Media

Hutabalian, Juneisa. 2023. Pengembangan LKPD Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 2 Peristiwa dalam Kehidupan dengan Menggunakan Metode Education Games pada Kelas V SDN 106160 Tanjung Rejo Kec. Percut Sei Tuan T.A 2021/2022. Skripsi. Medan: Universitas Negeri Medan.

Jurianto. (2017). Model Pengembangan Desain Instruksional dalam Penyusunan Modul Pendidikan Pemustaka (Library Instruction). Media Pustakawan. 24(3), 36-43

Komala, I., & Nugraha, A. (2022). Pendidikan Seni dan Kurikulum Merdeka Belajar: Tuntutan bagi Guru di Sekolah Dasar. Jurnal BELAINDIKA: Pembelajaran dan Inovasi Pendidikan, 4(3), 122-134.

Kosasih, E. 2021. Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Loyd Mataka, R. T. (2020). A Multistep Inquiry Approach to Improve Pre-Service Elementary Teachers’ Conceptual Understanding. International Journal of Research in Education and Science, 6(1), 86–99.

Magdalena, Ina., dkk. 2020. Analisis Bahan Ajar. Jurnal Pendidikan dan ilmu social. 2(2), 311-326.

Monica, Mici Ara., dkk. (2019). Strategi Guru Paud Dalam Mengembangkan Kreativitas anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(6), 1217-1221.

Muarifah, A., & Nurkhasanah, N. (2019). Identifikasi Keterampilan Motorik Halus Anak. Journal of Early Childhood Care and Education, 2(1), 14.

Ninawati, Mimin., dkk. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis

Software iSpring Suite 9. Jurnal Education, 7(1), 47-54.

Nirwana Nurul, Sinta., dkk. 2024. Pengembangan E-Modul Pembelajaran Seni Rupa Berbasis PjBL Menggunakan Sistem Blended Learning di Kelas IV Sekolah Dasar. E-Jurnal Inovasi Pembelajaran Sekolah Dasar, 12(1), 41-55.

Nuriyati, Tuti., dkk. 2022. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung.

Prastowo, Andi. (2019). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press.

Putra, Nusa. (2015). Research and Development Penelitian dan Pengembangan: Suatu Pengantar”. Jakarta :Rajawali Pers

Raindriati, Rizki. 2023. Panduan Guru Seni Rupa untuk SD/MI Kelas I (Edisi Revisi). Jakarta Selatan: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Sabirli, Z. E., & Çoklar, A. N., (2020). The Effect Of Educational Digital Games On Education, Motivation And Attitudes Of Elementary School Students Against Course Access. World Journal On Educational Technology: Current Issues. 12(4), 326 - 338.

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suryani, Zihan., dkk. 2023. Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas I SD Melalui Program Semester Kurikulum Merdeka Materi SBDP. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 3(2), 209-216.

Tarigan, Mutiara., Ananda, Lala Jelita., dkk. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Game Interaktif Berbantuan Wordwall pada Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 1 Kelas V SDN 106813 Amplas. 8(1), 10045-10056.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wanda Wibawanto. (2017). Desain dan Pemrograman Multimedia Pembelajaran Interaktif. Jawa Timur: Penerbit Cerdas Ulet Kreatif.

Watini, Sri. (2021). Pengembangan Model ATIK untuk Meningkatkan Kompetensi Menggambar pada Anak Taman Kanak Kanak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 5(2), 1512-1520.

Yudi, Hari Rayanto, ‎Sugianti, ‎Tristan Rokhmawan. (2020). Penelitian Pengembangan Model ADDIE dan R2D2: Teori dan Praktek. Pasuruan: Lembaga Academic & Research Institute.

Downloads

Published

2025-04-23

How to Cite

Karo, Z. B., & Aulia, S. M. (2025). PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS ISPRING SUITE BERBANTUAN EDUCATION GAMES MATERI GARIS DAN BENTUK SENI RUPA KELAS I SD NEGERI 060866 MEDAN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(2), 4571–4582. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.44814

Similar Articles

<< < 4 5 6 7 8 9 10 11 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.