UPAYA MENGURANGI KESULITAN BELAJAR MELALUI LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DENGAN METODE PROBLEM SOLVING PADA SISWA KELAS X TO 2 DI SMK NEGERI 2 KUDUS TAHUN PELAJARAN 2024/2025
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.44584Keywords:
Penguasaan Konten; Kesulitan Belajar; Pemecahan Masalah.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi kesulitan belajar yang dialami siswa kelas X S.T. 2 di SMK Negeri 2 Kudus melalui layanan penguasaan materi dengan metode pemecahan masalah. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTBK) yang dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan melalui angket, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan layanan penguasaan materi secara signifikan dapat meningkatkan pemahaman dan motivasi belajar siswa. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan metode pemecahan masalah dalam layanan konseling dapat secara efektif mengatasi kesulitan belajar siswa SMK.References
Abu Ahmadi & Widodo Supriyono. (2004). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Agustian, W. Y., Firman, & Zikra. (2018). Efektifitas layanan penguasaan konten menggunakan metode problem solving untuk meningkatkan self regulated learning siswa. Konselor, Volume XX, Halaman XX-XX. DOI: 10.24036/XXXXXXXXXX-X-XX. Email: [email protected].
Arviansyah, M. R., & Shagena, A. (2022). Efektivitas dan Peran dari Guru dalam Kurikulum Merdeka Belajar. LENTERA Jurnal Ilmiah Kependidikan, 17(1), 40-50. p-ISSN 0216-7433; e-ISSN 2827-8828.
Corey, G. (2013). Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy. Belmont, CA: Brooks/Cole.
Daryanto & Suryanto, B. (2022). Pembelajaran Abad 21. Yogyakarta: Gava Media.
Gibson, R. L., & Mitchell, M. H. (2011). Introduction to Counseling and Guidance (7th ed.). Boston: Pearson.
Idris. (2017). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Masni, H., Zahar, E., & Hutabat, Z. S. (2024). Layanan Penguasaan Konten untuk Mengatasi Kesulitan Belajar dan Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 7(3). P-2655-710X; e-ISSN 2655-6022. Diakses dari http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp
Mujab, S., Rosa, A. T. R., & Gumelar, W. S. (2023). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka (Studi Kasus SMK Al Huda Kedungwungu Indramayu). Jurnal Pendidikan dan Konseling, 5(1). E-ISSN: 2685-936X; P-ISSN: 2685-9351. Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Email: [email protected], [email protected], [email protected].
Munirah, M. (2018). Peranan Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa. TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(02), 111-127.
Prayitno. (2004). Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Rohmalina Wahab. (2020). Psikologi Belajar. Depok: RajaGrafindo Persada.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Suryabrata, S. (2012). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Tohirin. (2011). Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah. Jakarta: Rajawali Pers.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Mazaya Firda Amalia, Edris Zamoni, Nor Jannah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




