BERMAIN SEPAK BOLA ORIENTASI PASSING BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PJBL)

Authors

  • Aidil Pitriansyah Universitas Negeri Medan
  • Harun Al- Farabi Universitas Negeri Medan
  • Iman Todung Sihombing Universitas Negeri Medan
  • Ucok Immanuel Tua Malau Universitas Negeri Medan
  • Nimrot Manalu Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.44554

Keywords:

Project-Based Learning, Sepak Bola, Passing, Keterampilan Siswa, Pendidikan Jasmani.

Abstract

Metode pembelajaran Project-Based Learning (PjBL) telah diimplementasikan dalam pengajaran keterampilan passing sepak bola dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman serta keterampilan teknis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas PjBL dalam meningkatkan keterampilan passing siswa serta mengidentifikasi tantangan yang mungkin muncul selama penerapannya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), yang melibatkan siswa dalam latihan sepak bola berbasis proyek. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan analisis rekaman video latihan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PjBL berhasil meningkatkan akurasi dan konsistensi dalam passing, pemahaman taktis, serta kemampuan komunikasi dan kerja sama dalam tim. Di samping itu, metode ini juga mampu meningkatkan motivasi dan keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran. Temuan ini mendukung teori pembelajaran berbasis pengalaman yang menekankan pentingnya praktik langsung untuk mengembangkan keterampilan teknis dan kognitif. Oleh karena itu, metode PjBL direkomendasikan untuk diterapkan secara lebih luas dalam pendidikan jasmani dan olahraga demi meningkatkan efektivitas pelatihan sepak bola.

References

Arifianto, A. (2019). Penguasaan Teknik Passing dalam Sepak Bola. Jurnal Pendidikan Olahraga, 7(2), 123-135.

Bell, S. (2010). Project-Based Learning for the 21st Century: Skills for the Future. The Clearing House: A Journal of Educational Strategies, Issues and Ideas, 83(2), 39-43.

Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (4th ed.). Thousand Oaks, CA: SAGE Publications.

Deci, E. L., & Ryan, R. M. (1985). Intrinsic Motivation and Self-Determination in Human Behavior. New York: Springer Science & Business Media.

Dewey, J. (1938). Experience and Education. New York: Macmillan.

Harsono. (2018). Metode Latihan Sepak Bola: Pendekatan Teoritis dan Praktis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Kemmis, S., & McTaggart, R. (1988). The Action Research Planner. Geelong: Deakin University Press.

Kolb, D. A. (1984). Experiential Learning: Experience as the Source of Learning and Development. Englewood Cliffs, NJ: Prentice Hall.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suherman, A. (2020). Strategi Pembelajaran Sepak Bola Berbasis Keterampilan Taktis. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 15(1), 45-60.

Thomas, J. W. (2000). A Review of Research on Project-Based Learning. San Rafael, CA: The Autodesk Foundation.

Downloads

Published

2025-04-18

How to Cite

Pitriansyah, A., Farabi, H. A.-., Sihombing, I. T., Malau, U. I. T., & Manalu, N. (2025). BERMAIN SEPAK BOLA ORIENTASI PASSING BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PJBL). Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(2), 4171–4176. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.44554

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)