MODEL PROBLEM-BASED LEARNING BERBANTUAN PAPAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA

Authors

  • Amir Ariffudin Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Anis Rahmanuri Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Ulfa Fauzizah Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Nuqthy Faiziyah Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Aprianti Diah Wulandari SD Muhammadiyah 3 Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.43717

Keywords:

Penyelesaian Masalah, Motivasi Pembelajaran, PBL, Papan Pecahan

Abstract

Kegiatan penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas 5A SD Muhammadiyah 3 Surakarta pada materi pecahan melalui penerapan model Problem Based Learning berbantuan media papan pecahan. Telah banyak studi yang mengemukakan tentang peningkatan kemampuan masalah matematis maupun motivasi belajar namun masih terdapat beberapa kesulitan yang dialami peserta didik seperti kesulitan dalam memecahkan soal cerita dan mengubahnya menjadi model matematika serta rendahnya motivasi dalam belajar dilihat dari peserta didik yang belum siap belajar dengan tidak membawa atau belum mengeluarkan buku matematika, tidak fokus dan tidak memperhatikan guru di kelas. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang masing-masing terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan tes dan non tes berupa angket. Keseluruhan data kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan pada motivasi belajar dan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik meningkat. Persentase ketuntasan motivasi belajar peserta didik pada siklus I sebesar 57,14% kemudian meningkat sebesar 25,00% pada siklus II menjadi 82,14%. Pada kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik mencapai 57,14% pada siklus I dan terjadi peningkatan sebesar 35,72% menjadi 92,86%%. Peningkatan tercapai setelah peserta didik melalui tahapan-tahapan dari penerapan model problem-based learning berbantuan media papan pecahan dengan beberapa penyempurnaan pada tindakan pembelajaran.

References

Anggreini, D., & Priyojadmiko, E. (2022). Penerapan media inovatif dalam meningkatkan pembelajaran matematika materi pecahan sekolah dasar pada era merdeka belajar. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 81–92. http://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jpd

Arikunto, S., & Jabar, C. S. A. (2018). Evaluasi Program Pendidikan. Bumi Aksara.

Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2017). Penelitian Tindakan Kelas (Edisi Revisi). Bumi Aksara.

Barrows, H. S., & Tamblyn, R. M. (1980). Problem-Based Learning: An Approach to Medical Education. Springer.

Creswell. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. SAGE Publications.

Dweck, C. S. (2016). Mindset: The New Psychology of Success. Random House.

Gulo, A. (2022). Penerapan model pembelajaran problem basedlearning dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 334–341. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.58

Hartatik. (2022). Penerapan problem based learning dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik sesuai kurikulum merdeka. VOCATIONAL : Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan, 2(4), 335–346. https://doi.org/https://doi.org/10.51878/vocational.v2i4.1868

Kemmis, S., McTaggart, R., & Nixon, R. (2014). The action research planner: Doing critical participatory action research. In The Action Research Planner: Doing Critical Participatory Action Research. Springer Singapore. https://doi.org/10.1007/978-981-4560-67-2

Mayer, R. (2020). Multimedia Learning. In Multimedia Learning. Cambridge University Press. https://doi.org/10.1017/9781316941355

Novianti, A. B., & Lestari, A. L. (2024). Efektivitas model problem-based learning dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada desain rumah anti panas. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(4). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.35929

Nufus, H., Muliana, M., Fonna, M., & Mursalin, M. (2022). Analisis kelayakan alat peraga papan pecahan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 1590–1596. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i2.4569

Nurmeidina, R., Zaqiyah, N. N., Nugroho, A. G., Andini, A., Faiziyah, N., Adnan, M. B., & Syar’i, A. (2024). Analysis of students’ problem-solving abilities in solving contextual problems of Linear Equations with Three Variables in terms of Habits of Mind. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 7(1), 117–135. https://doi.org/10.23917/ijolae.v7i1.23550

Oktaviani, R., Angganing, P., & Riyadi, S. (2022). Peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran problem based learning. Educatif : Journal of Education Research, 4(3), 31–38. https://doi.org/https://doi.org/10.51878/edutech.v1i3.655

Polya, G. (1957). Mathematical Discovery: On Understanding, Learning, and Teaching Problem Solving. John Wiley & Sons.

Rahim, Abd., Nopriadi, N., & Oktariani, D. (2022). Hubungan antara motivasi terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika siswa saat pembelajaran daring. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(3), 816–823. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.2521

Rasmita, Sumarna, N., & Yasin, M. (2020). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada materi pecahan siswa kelas ivc SDN 10 Poasia. Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar, 2020(2). http://ojs.uho.ac.id/index.php/jipsd

Ryan, R. M., & Deci, E. L. (2020). Self-Determination Theory: Basic Psychological Needs in Motivation, Development, and Wellness. Guilford Press.

Sagita, D. K., Ermawati, D., & Riswari, L. A. (2023). Kemampuan pemecahan masalah matematis sekolah dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 431–439. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4609

Samsidar. (2019). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Membaca Cerita Dengan Menggunakan Strategi SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) Pada Siswa Kelas V SD Negeri 106833 Desa Wonosari Kecamatan Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Santoso, B., Putri, D. H., & Medriati, R. (2020). Upaya meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan pemecahan masalah siswa melalui model problem based learning berbantu alat peraga konsep gerak lurus. Jurnal Kumparan Fisika, 3(1), 11–18. https://doi.org/10.33369/jkf.3.1.11-18

Sardjono, O. C. A., Kasiyun, S., Ghufron, S., & Djazilan, S. (2024). Pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN Punggul 2 Gedangan Sidoarjo. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(4). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.39041

Schunk, D., Meece, J., & Pintrich, P. (2014). Motivation in Education: Theory, Research, and Applications. Routledge.

Shoimah, R. N., & Syafi’aturrosyidah, M. (2020). Penggunaan media pembelajaran konkrit untuk meningkatkan aktifitas belajar dan pemahaman konsep pecahan mata pelajaran matematika siswa kelas iii MI Ma’arif NU Sukodadi-Lamongan. MIDA Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 3(1), 1–18.

Sudijono, A. (2015). Pengantar Statistik Pendidikan. PT. Raja Grafindo Persada.

Sukmawarti, Hidayat, & Liliani, O. (2022). Implementasi model problem based learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 886–894. https://doi.org/https://doi.org/10.23969/symmetry.v4i2.2061

Van Gobel, S. F., Nurwanti, A., & Kalaka, F. R. S. (2024). Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa menggunakan media papan pecahan kelas v di Madrasah Ibtidaiyah Al-falah Limboto Barat. EDUCATOR : Directory of Elementary Education Journal, 5(2), 39–49. https://doi.org/https://doi.org/10.58176/edu.v5i2.2104

Downloads

Published

2025-04-22

How to Cite

Ariffudin, A., Rahmanuri, A., Fauzizah, U., Faiziyah, N., & Wulandari, A. D. (2025). MODEL PROBLEM-BASED LEARNING BERBANTUAN PAPAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(2), 4377–4388. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.43717

Similar Articles

<< < 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.