PELESTARIAN TENUN BUNA DAN SOTIS MELALUI KEBIJAKAN PEMBELAJARAN DI SMP ST. YOSEF MAUBESI

Authors

  • Herminus Kefi Universitas Timor

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.43169

Keywords:

Inovasi, Menenun

Abstract

Penelitian ini menitikberatkan pada bagaimana Inovasi menenun dan faktor apa saja yang yang menjadi pendukung dan penghambat inovasi menenun siswa-siswi SMP St. Yosef Maubesi?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan menganalisis, dan menginterpretasikan Inovasi serta faktor pendukung dan penghambat inovasi menenun siswa-siswi SMP St. Yosef Maubesi. Jenis penelitian yang dipergunakan dalam membedah masalah ini adalah penelitian deskriptif, yakni jenis penelitian yang menggambarkan suatu fenomena atau kejadian secara apa adanya serta menganalisa data menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam menggali informasi kepada informan, penulis menggunakan pedoman wawancara (interview guiding) sebagai alat bantu dalam melakukan wawancara. Wawancara diawali mulai dari Kepala Sekolah dan informasi bergerak menuju Guru Mata pelajaran Seni Budaya SMP St. Yosef Maubesi dan siswa-siswi yang melakukan inovasi menenun secara langsung sampai kepada informan (siswa/i) mana informasi dianggap sama  yang dikenal dengan teknik snowball. Hasil penelitian inovasi ini, menunjukkan bahwa siswa-siswi mendapatkan pengalaman berharga karena melestarikan keterampilan tradisional yang berakar pada kearifan lokal. Inovasi menenun siswa-siwi SMP St.Yosef Maubesi ini telah menunjukkan peran penting pendidikan dalam menjaga warisan budaya serta memperkuat harkat dan martabat kaum perempuan melalui kegiatan yang berhubungan dengan kehidupan sosial dan budaya masyarakat setempat.

References

Geertz, C. (1973). The Interpretation of Cultures. Basic Books.

Koentjaraningrat. (2009). Pengantar Ilmu Antropologi. Rineka Cipta.

Rosmiati, R., Sembiring, B., Rahim, A., Pudjaningsih, W., & Hutabarat, Z. S. (2022). How is the Readiness of Students to Become Teachers in the Industrial Revolution Era 4.0? Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 8(4), 831. https://doi.org/10.33394/jk.v8i4.6248

Rukmini, N. M. (2018). Makna Filosofis dalam Motif Tenun Tradisional di Indonesia. Balai Pustaka.

Suharto, B. (2021). Strategi Pemasaran Digital untuk Produk Tenun Tradisional. Gramedia.

Widiastuti, S. (2020). Perempuan dan Kearifan Lokal: Studi Kasus Komunitas Penenun di Indonesia. Pustaka Nusantara.

Guba, E.G., & Lincoln, Y.S. (1985). Naturalistic Inquiry. Beverly Hills: Sage Publications.

Moleong, L. J. (2000). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Satori, D., & Komariah, A. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Creswell, J.W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Thousand Oaks, CA: Sage Publications.

Patton, M.Q. (2002). Qualitative Research & Evaluation Methods. Thousand Oaks, CA: Sage Publications.

Pudjaningsih, W., Rustantono, H., Nurpeni, N., Budiyono, H., Hutabarat, Z. S., Nor, B., & Taufan, A. (2023). The Influence of School Environment and Teacher Communication on Economics Teacher Competence in Jambi Province. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 15(3), 3471–3479. https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i3.3084

Downloads

Published

2024-12-29

How to Cite

Kefi, H. (2024). PELESTARIAN TENUN BUNA DAN SOTIS MELALUI KEBIJAKAN PEMBELAJARAN DI SMP ST. YOSEF MAUBESI. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(4), 19172–19180. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.43169

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.