MENGEMBANGKAN CRITICAL THINGKING DALAM PEMBELAJARAN PAI
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.25482Keywords:
Pembelajaran PAI, Critikal Thingking, Pendidikan Islam, Agama Islam,Univiersitas Sunan Giri SurabayaAbstract
Pendidikan Agama Islam adalah upaya sadar yang terencana dalam menyiapkan peserta didik untuk mengenal, memahami, menghayati, hingga mengimani ajaran agama Islam, dibarengi dengan tuntunannya untuk menghormati penganut agama lain dalam hubungannya dengan kerukunan antar umat beragama hingga terwujud kesatuan dan persatuan bangsa. Pendidikan Agama Islam adalah usaha sadar yang dilakukan pendidik dalam rangka mempersiapkan peserta didik untuk menyakini, memahami dan mengamalkan ajaran Islam melalui kegiatan bimbingan, pengajaran atau pelatihan yang telah ditentukan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan Kemampuan berpikir yang ada pada diri peserta didik. Kemampuan ini membantu peserta didik menghadapi setiap permasalahan dengan menggunakan pemikiran ilmiah. Berpikir kritis terdiri dari kata berpikir dan kritis, menurut KBBI berpikir adalah menggunakan pikiran untuk mempertimbangkan dan memutuskan sesuatu, sedangkan kritis dimaknai dengan sifat tidak mudah percaya, selalu berusaha menemukan masalah, dan ketajaman dalam menganalisis. Banyak pendapat ahli yang menjelaskan pengertian critical thinking. Namun, pengertian berpikir kritis dapat disimpulkan sebagai kemampuan berpikir manusia dengan menggunakan pemahaman yang fokus dan mendalam hingga menemukan titik terang yang pasti.References
Atris Yuliarti Mulyani. (2022). Pengembangan Critical Thinking Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di Indonesia. DIAJAR: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 1(1), 100—105. https://doi.org/10.54259/diajar.v1i1.226
Jiwandono, N. R. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis (Critical Thinking) Mahasiswa Semester 4 (Empat) Pada Mata Kuliah Psikolinguistik. Ed-Humanistics?: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1). https://doi.org/10.33752/ed-humanistics.v4i1.351
Ahmatika, Deti. "Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dengan Pendekatan Inquiry/Discover", dalam Jurnal Euclid, Vol. 3 No. 1 2016.
Bahri Muhammad Fajrul dan Supahar, "Kemampuan Berpikir Kritis Menggunakan Tes Terintegrasi Agama dan Sains dalam Pembelajaran PAI di SMA". Jurnal Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, Vol.08 No. 02 Agustus 2019.
Juhji dan Adila Suardi. "Profesi Guru dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik di Era Globalisasi", Jurnal Genealogi PAI, Vol. 5 No. 1 Januari-Juni 2018, h. 24.
Jumanti, Lilas Priana, Pengaruh Penerapan Metode Inkuiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik dalam Pembelajaran PAI di SMP Negeri 26 Makassar, Skripsi Fak Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar 2017.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Mufaizah Mufaizah, Masfufah Masfufah , Rachmadonna Retno, Firda Salwa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




