MENGEMBANGKAN CRITICAL THINGKING DALAM PEMBELAJARAN PAI

Authors

  • Mufaizah Mufaizah Universitas Sunan Giri Surabaya
  • Masfufah Masfufah Universitas Sunan Giri Surabaya
  • Rachmadonna Retno Universitas Sunan Giri Surabaya
  • Firda Salwa Universitas Sunan Giri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.25482

Keywords:

Pembelajaran PAI, Critikal Thingking, Pendidikan Islam, Agama Islam,Univiersitas Sunan Giri Surabaya

Abstract

Pendidikan Agama Islam adalah upaya sadar yang terencana dalam menyiapkan peserta didik untuk mengenal, memahami, menghayati, hingga mengimani ajaran agama Islam, dibarengi dengan tuntunannya untuk menghormati penganut agama lain dalam hubungannya dengan kerukunan antar umat beragama hingga terwujud kesatuan dan persatuan bangsa. Pendidikan Agama Islam adalah usaha sadar yang dilakukan pendidik dalam rangka mempersiapkan peserta didik untuk menyakini, memahami dan mengamalkan ajaran Islam melalui kegiatan bimbingan, pengajaran atau pelatihan yang telah ditentukan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan Kemampuan berpikir yang ada pada diri peserta didik. Kemampuan ini membantu peserta didik menghadapi setiap permasalahan dengan menggunakan pemikiran ilmiah. Berpikir kritis terdiri dari kata berpikir dan kritis, menurut KBBI berpikir adalah menggunakan pikiran untuk mempertimbangkan dan memutuskan sesuatu, sedangkan kritis dimaknai dengan sifat tidak mudah percaya, selalu berusaha menemukan masalah, dan ketajaman dalam menganalisis. Banyak pendapat ahli yang menjelaskan pengertian critical thinking. Namun, pengertian berpikir kritis dapat disimpulkan sebagai kemampuan berpikir manusia dengan menggunakan pemahaman yang fokus dan mendalam hingga menemukan titik terang yang pasti.

References

Atris Yuliarti Mulyani. (2022). Pengembangan Critical Thinking Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di Indonesia. DIAJAR: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 1(1), 100—105. https://doi.org/10.54259/diajar.v1i1.226

Jiwandono, N. R. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis (Critical Thinking) Mahasiswa Semester 4 (Empat) Pada Mata Kuliah Psikolinguistik. Ed-Humanistics?: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1). https://doi.org/10.33752/ed-humanistics.v4i1.351

Ahmatika, Deti. "Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dengan Pendekatan Inquiry/Discover", dalam Jurnal Euclid, Vol. 3 No. 1 2016.

Bahri Muhammad Fajrul dan Supahar, "Kemampuan Berpikir Kritis Menggunakan Tes Terintegrasi Agama dan Sains dalam Pembelajaran PAI di SMA". Jurnal Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, Vol.08 No. 02 Agustus 2019.

Juhji dan Adila Suardi. "Profesi Guru dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik di Era Globalisasi", Jurnal Genealogi PAI, Vol. 5 No. 1 Januari-Juni 2018, h. 24.

Jumanti, Lilas Priana, Pengaruh Penerapan Metode Inkuiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik dalam Pembelajaran PAI di SMP Negeri 26 Makassar, Skripsi Fak Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar 2017.

Downloads

Published

2024-09-17

How to Cite

Mufaizah, M., Masfufah , M. ., Retno, R. ., & Salwa, F. (2024). MENGEMBANGKAN CRITICAL THINGKING DALAM PEMBELAJARAN PAI . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(4), 13425–13434. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.25482

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)