PELATIHAN GURU SEKOLAH DASAR DALAM MENANGANI PESERTA DIDIK BERKEBUTUHAN KHUSUS (PDBK) DI PULAU PRAMUKA, KECAMATAN KEPULAUAN SERIBU UTARA, KABUPATEN KEPULAUAN SERIBU, DKI JAKARTA

Authors

  • Wahyu Dwi Deniawan Politeknik Bentara Citra Bangsa
  • Kurnia Mega Hapsari Polirteknik Bentara Citra Bangsa
  • Deden Mulyadi Polirteknik Bentara Citra Bangsa
  • Fadiya Dina Hanifa Polirteknik Bentara Citra Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.43018

Keywords:

Pendidikan Inklusi, Pelatihan, Guru, Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (PDBK

Abstract

Sebagian guru Sekolah Dasar mengalami kesulitan dalam mengajar di kelas, terutama karena adanya peserta didik berkebutuhan khusus. Kesulitan ini umumnya disebabkan oleh kurangnya pengetahuan guru dalam mengenali Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (PDBK), yang mengakibatkan munculnya ketidaktahuan guru dalam menangani PDBK. Situasi ini berdampak pada kualitas pelayanan pembelajaran di kelas, khususnya dalam mendukung pengembangan potensi diri peserta didik berkebutuhan khusus. Selain itu, hal ini merugikan negara karena potensi generasi muda tidak berkembang secara optimal. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah mengadakan pelatihan bagi guru Sekolah Dasar. Sebagai contoh, telah dilakukan pelatihan bertajuk “Pelatihan Guru Sekolah Dasar dalam Menangani Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (PDBK)” di Pulau Pramuka, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, Kabupaten Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta. Pelatihan ini diikuti oleh 34 guru dari jenjang Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas (SMA). Berdasarkan hasil pretest dan posttest, ditemukan adanya peningkatan pengetahuan dan pemahaman guru dalam menangani PDBK.

References

Afiyanti, Y. (2008). Focus group discussion (Diskusi Kelompok Terfokus) sebagai metode Pengumpulan Data Penelitian Kualitatif. Jurnal Keperawatan Indonesia, 12(1), 58–62. https://doi.org/10.7454/jki.v12i1.201

Atmojo, S. E., Lukitoaji, B. D., & Noormiyanto, F. (2020). Pelatihan Penanganan Anak Berkebutuhan khusus bagi guru sekolah dasar rujukan inklusi. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 244–252. https://doi.org/10.31294/jabdimas.v3i2.8139.

Biech, E. (2015). ASTD Handbook: The definitive reference for training and development. ASTD Press, American Society for Training and Development.

Cowling, A. G., & Mailer, C. J. B. (1998). Managing human resources. London: Routledge

Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah. (2022). Data Pokok Pendidikan, Data Rombel Kepulauan Seribu, diakses dari https://dapo.dikdasmen.go.id/rombel/2/010100

Hallahan, D. P., Kauffman, J. M., & Pullen, P. C. (2014). Exceptional Learners: An Introduction to Special Education. Journal of Special Education, 28(4), 211–224.

Hardianti, D., Patriantoro, & Priyadi, A. T. (2024). Pelatihan dan Pengembangan Profesional Guru untuk Pendidikan Inklusif di Kec. Tekarang. Seminar Nasional Pendidikan (SNP) 2024 Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura, 270–283.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2017). Panduan Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif di Sekolah Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.

Khairiyah, K. Y., Lestari, T., Dianasari, E. L., & Wisma, N. (2019). Pelatihan Kompetensi Guru Sekolah Inklusif dalam Pemahaman Anak Berkebutuhan Khusus di Kabupaten Karimun. Jurnal Pendidikan MINDA, 1(1), 61–69.

Kratcoski, P. C., & Das, D. K. (2010). Police education and training in a global society. Lanham: Lexington Books.

Pemerintah Republik Indonesia. (2016). Undang-undang (UU) Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas. Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia.

Rahmawati, N. D. (2019). Penerapan Akomodasi Pembelajaran bagi Siswa Slow Learner Kelas III di SD Negeri Pojok Sleman. Widia Ortodidaktika, 8(7), 662–672

Satwika, Y. W., Khoirunnisa, R. N., Laksmiwati, H., & Jannah, M. (2019). Efektivitas pelatihan identifikasi Anak Berkebutuhan Khusus Pada Guru Sekolah Inklusi. PSIKOSAINS (Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Psikologi), 13(2), 109. https://doi.org/10.30587/psikosains.v13i2.763

Downloads

Published

2025-04-21

How to Cite

Deniawan, W. D., Hapsari, K. M., Mulyadi, D., & Hanifa, F. D. (2025). PELATIHAN GURU SEKOLAH DASAR DALAM MENANGANI PESERTA DIDIK BERKEBUTUHAN KHUSUS (PDBK) DI PULAU PRAMUKA, KECAMATAN KEPULAUAN SERIBU UTARA, KABUPATEN KEPULAUAN SERIBU, DKI JAKARTA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(2), 4349–4357. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.43018

Similar Articles

<< < 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.