PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN DALAM KESIAPAN BERWIRAUSAHA DAN PENGARUHNYA TERHADAP INTERAKSI TEMAN SEBAYA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.42002Keywords:
Pengetahuan Kewirausahaan, Kesiapan Berwirausaha, Interaksi Teman SebayaAbstract
Penelitian untuk mengetahui pengetahuan kewirausahaan dalam kesiapan berwirausaha dan interaktif teman sebaya mahasiswa universitas Batanghari Jambi. Metode Penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan rancangan penelitian merupakan unsur pokok yang harus ada sebelum proses penelitian dilaksanakan. Hasil penelitian ini adalah usaha kreatif yang dibangun berdasarkan inovasi untuk menghasilkan sesuatu yang baru, memiliki nilai tambah, memberi manfaat, menciptakan lapangan pekerjaan dan hasilnya berguna bagi orang lain. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pentingnya meningkatkan interaksi dan hubungan yang mendukung proses belajar serta keluarga diharapkan lebih aktif dan mampu memberikan dukungannya terhadap aktivitas berwirausaha yang dijalankan oleh anak, sehingga dengan kontribusi yang lebih aktif dari keluarga dapat mendorong dan memberikan pengaruh positif bagi proses usaha yang dijalankannya, baik kontribusi dari segi pendanaan maupun non pendanaan.References
Allen, B. P. (2003). Personality Theories: Development, Growth, and Diversity 4th edition. Pearson Education Inc.
Asriati, N. (2020). Analisis Literasi Ekonomi Dalam Membentuk Perilaku Produktif Mahasiswa Magister Pendidikan Ekonomi Fkip Untan. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 8(2), 199. https://doi.org/10.26740/jepk.v8n2.p199-212
Chang, B. H. B.-B. &Young M. (2014). CRITICAL EXAMINATION OF CANDIDATES’ DIVERSITY COMPETENCE: RIGOROUS AND SYSTEMATIC ASSESSMENT OF CANDIDATES’ EFFICACY TO TEACH DIVERSE STUDENT POPULATIONS. The Teacher Educator, 47(1), 27–44. https://www.tandfonline.com/doi/full/10.1080/08878730.2011.632472?scroll=top&needAccess=true
Devadas, U. M., & Dharmapala, Y. Y. (2021). Soft skills Evaluation in the Information Technology and Business Process Management Industry in Sri Lanka: Skills, Methods and Problems. International Journal of Economics Business and Human Behaviour, 2(3). https://doi.org/10.5281/zenodo.5280309
Dharmayana, I., Masrun, -, Kumara, A., & Wirawan, Y. (2012). Keterlibatan Siswa (Student Engagement) Sebagai Mediator Kompetensi Emosi Dan Prestasi Akademik. Jurnal Psikologi UGM, 39(1), 76–94.
Dian Theodora, B. (2016). The Effect of Family Economiic Eduaction Towards Lifestyle Mediated Financial Literacy. Economics Education Studies Journal, 3(58), 24–33.
Hutabarat, Z. S. (2023). Kesulitan Belajar Akuntansi Keuangan (Studi Kasus Pada Materi Merchandise Inventory Management). Eklektik : Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Kewirausahaan, 5(2), 149. https://doi.org/10.24014/ekl.v5i2.19154
Hutabarat, Z. S., Sari, N., Rukhmana, T., & Dwijayanti, N. S. (2023). Pengantar Statistik Pendidikan Penerbit Cv.Eureka Media Aksara.
Indriyani, A. ., Suparuddin, & Wiralaga, K. . (2022). The Effect Of Economic Literacy , Lifestyle And Self Control On Consumptive Behavior Of Students Of The Faculty Of Economics State University Of. Review of Multidisciplinary Education, Culture and Pedagogy, 1(3), 37–52.
Marham, M. J., & Rusmono, J. (2021). Development of Instructional Model to Know Color Based on Natural Material to Improve the Creativity of Early Children. Multicultural Education, 7(5), 225–231. https://doi.org/10.5281/zenodo.4768087
Murniatiningsih, E. (2017). Pengaruh Literasi Ekonomi Siswa, Hasil Belajar Ekonomi, Dan Teman Sebaya Terhadap Perilaku Konsumsi Siswa Smp Negeri Di Surabaya Barat. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 5(1), 127. https://doi.org/10.26740/jepk.v5n1.p127-156
Pratama, F. A., & Effendi, H. (2021). E-Learning Bebasis Wordpress Sebagai Alternatif Media Pembelajaran. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(3), 466. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i3.41534
Ramos, G. S. (2018). The OECD PISA Global Competence Framework: Preparing our Youth for an Inclusive and Sustainable World. Oecd, 43. http://login.ezproxy1.lib.asu.edu/login?url=https://search.proquest.com/docview/2034281419?accountid=4485%0Ahttps://arizona-asu-primo.hosted.exlibrisgroup.com/openurl/01ASU/01ASU_SP?genre=unknown&atitle=Preparing+Our+Youth+for+an+Inclusive+and+Sustainable
Rosaline, A. (2018). European Journal of Education Studies THE INFLUENCE OF LEARNING AND SELF-CONFIDENCE MOTIVATION ON ACADEMIC ACHIEVEMENT OF STUDENTS IN THE FACULTY OF ENGINEERING , UNIVESITAS ISLAM AS- SYAFI ’ IYAH , INDONESIA. 229–237. https://doi.org/10.5281/zenodo.1410536
Rosmiati, R., & Hutabarat, Z. S. (2019). Peningkatan Mutu Ipteks Kewirausahaan (IbK) Pada Siswa Kelas XII SMAN 2 Kota Jambi. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 9(1), 98. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v9i1.139
Rosmiati, R., & Saputra Hutabarat, Z. (2021). Hubungan Persepsi Mahasiswa tentang Mata Kuliah Kewirausahaan dan Hasil Belajar dengan Minat Berwirausaha Mahasiswa Reguler Angkatan 2013 Pendidikan Ekonomi. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 11(2), 342. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v11i2.232
Rustantono, H., Rasyid, H., Nur Cholifah, T., Eka Yanti, Y., Amral, S., Saputra, T., & Saputra Hutabarat, Z. (2024). Exploring the Role of Family Economic Education in Meeting Economic Demands, Sociocultural Dynamics, and Enhancing Economic Literacy. Jurnal Pendidikan, 16(2), 1947–1958. https://doi.org/10.35445/alishlah.v16i2.4942
Saputra Hutabarat, Z. (2017). Analisis Kepemilikan Atribut Soft Skills Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Univesitas Jambi. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 9(1), 145–155.
Senduk, F. (2016). Pengaruh Sikap, Locus of Control, dan Kreativitas terhadap Entrepreneurial Tendency. Jurnal Entrepreneur Dan Entrepreneurship, 5, 81–92.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Alfabeta.
Sumatera, P. D., Simarmata, J., & Hutabarat, Z. S. (2024). Edukasi sikap berwirausaha dan keterampilan berwirausaha dalam meningkatkan penjualan. 3(2), 71–75.
Suwanan, A. F., & Allya, H. R. (2023). Investigating the Consumer Behavior of E-Commerce Product and Its Impact on Purchase Intention in Indonesia. Atlantis Press International BV. https://doi.org/10.2991/978-94-6463-178-4_27
Yati, Siswanto, R., Sumiyati, S., Munir, S., Kadarisma, Sucipto, Jaya, F., Saputra, Z., & Hutabarat. (2024). Dinamika Pencegahan Dan Resolusi Kekerasan Di Ruang Kelas: Menggagas Paradigma Baru Dalam Manajemen Pendidikan. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(1), 1389–1396.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Said Almaududi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




