https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/view/42084
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.42001Keywords:
Murid, Prestasi Akedemik, Pengaruh Organisasi Sekolah, Aktivitas EkstrakulikulerAbstract
Penelitian ini menganalisis pengaruh keterlibatan siswa dalam organisasi sekolah terhadap prestasi akademik di SMP Negeri 5 Tanjung Balai. Dengan pendekatan kuantitatif dan metode asosiatif kausal, penelitian ini melibatkan 50 siswa dari kelas VII, VIII, dan IX yang aktif dalam berbagai organisasi seperti OSIS, PMR, dan Pramuka. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan teknik bivariat. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan signifikan antara keterlibatan organisasi dan prestasi akademik siswa (p=0,034). Siswa yang aktif berorganisasi cenderung memiliki prestasi akademik yang lebih baik, karena pengalaman organisasi membantu meningkatkan keterampilan manajemen waktu, disiplin, dan kerja sama. Namun, tantangan seperti pengelolaan waktu yang kurang optimal juga dapat memengaruhi prestasi negatif. Penelitian ini merekomendasikan sekolah untuk merancang kebijakan yang menyeimbangkan kegiatan organisasi dan akademik, termasuk pelatihan manajemen waktu dan pengembangan keterampilan kepemimpinan. Hasil ini diharapkan dapat membantu mengoptimalkan potensi siswa secara holistik.References
Eccles, J., Barber, B., Jozefowicz, D., Malenchuk, O., & Vida, M. (1999). Evaluasi diri atas kompetensi, nilai tugas, dan harga diri.
Ermi Sola, Prinsip-Prinsip Manajemen VS Kinerja Guru: Sebuah Tinjauan Umum, Junal Edu-Leadership, Vol. 1, No. 2, Agustus- Januari, 2022, hal 154.
Finn, JD, & Zimmer, KS (2012). Keterlibatan siswa: Apa itu? Mengapa itu penting?. Dalam Handbook of research on student engagement (hlm. 97-131). Boston, MA: Springer US.
Hasanah, S., & Utami, I. R. (2022). Pengaruh keaktifan dalam organisasi siswa terhadap prestasi akademik siswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 10(2), 155–167.
Jejen Mustafa, Manajemen Pendidikan Aplikasi, Strategi, dan Inovasi, (Jakarta: Prenadamedia Group, 2018) hal 3.
Tamrin, T. D., Tetteng, B., & Ridfah, A. (2024). Motivasi Belajar Siswa Boarding School: Peran Dukungan Sosial Melalui Mediator School Well Being. ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 3(8), 250-263.
Yulianti, R. (2021). Hubungan antara kegiatan ekstrakurikuler dengan hasil belajar siswa di SMP. Jurnal Pendidikan dan Pengembangan, 9(1), 33–45.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Zahara Fitriani, Salvi Syafitri, Desy Indira Pratiwi, Putri Fia Amanillah Barus, Nadilla Saraswati, Nurhayati Mahdiyah, Chairunnisa Anggina

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.