PENGARUH MEDIA GAMBAR BERSERI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN PADA SISWA KELAS XI SMA SWASTA ERLANGGA PEMATANGSIANTAR
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v5i1.4132Keywords:
Cerpen, Menulis, Media Gambar Berseri.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media gambar berseri terhadap kemampuan menulis cerpen pada siswa kelas XI SMA Swasta Erlangga Pematangsiantar. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI SMA Swasta Erlangga Pematangsiantar yang membuka 22 orang siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain one group pretest and postest design . Instrumen penelitian ini menggunakan tes deskripsi cerita pendek. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat diperoleh bahwa kemampuan menulis cerita pendek menggunakan media gambar berseri mengalami peningkatan dalam proses pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari data hasil pretest dengan hasil nilai rata-rata sebesar 59,05, sedangkan data Postestmenunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa sebesar 72,9. Terdapat pengaruh penggunaan media gambar berseri terhadap kemampuan menulis siswa kelas XI SMA Swasta Erlangga Pematangsiantar yang ditunjukkan dengan nilai thitung > ttabel (4,15 > 2,07).References
Akhadiah, Sabarti.2001. Menulis I. Jakarta: Universitas Terbuka.
Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad A. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grapindo Persada.
Soeparno.1988. Media Pengajaran Bahasa.Klaten : Intan Pariwara.
Sufanti, Main. 2010. Strategi Pengajaran Bahasa dan Sasta Indonesia. Surakarta: Yuma Pustaka.
Sugiarti, Ni Luh Putu Yeni, I Ketut Adnyana Putra, dan I.B Gede Surya Abadi. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran TTW (Think Talk Write) Berbantuan Media Gambar Berseri terhadap Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD gugus 1 Kecamatan Kediri Tahun Ajaran 2013/2014. Singaraja: Jurnal Mimbar PGSD. Vol 2, No 1.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suroto. 1990. Apresiasi Sastra Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Susanti, Aprilia dan Sri Hariani. 2013. Penggunaan Media Gambar Berseri untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas IV SDN Tambak Kemeraan Kecamatan Krian. Surabaya: Jurnal PGSD. Vol 01. No 02: 0-216.
Tarigan, H.G. 2013. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Berlian Romanus Turnip, Fheti Wulandari Lubis Lubis
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.