PENGARUH MEDIA GAMBAR BERSERI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN PADA SISWA KELAS XI SMA SWASTA ERLANGGA PEMATANGSIANTAR

Authors

  • Berlian Romanus Turnip Universitas Simalungun
  • Fheti Wulandari Lubis Lubis STKIP BUDIDAYA

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v5i1.4132

Keywords:

Cerpen, Menulis, Media Gambar Berseri.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media gambar berseri terhadap kemampuan menulis cerpen pada siswa kelas XI SMA Swasta Erlangga Pematangsiantar. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI SMA Swasta Erlangga Pematangsiantar yang membuka 22 orang siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain one group pretest and postest design . Instrumen penelitian ini menggunakan tes deskripsi cerita pendek. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat diperoleh bahwa kemampuan menulis cerita pendek menggunakan media gambar berseri mengalami peningkatan dalam proses pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari data hasil pretest dengan hasil nilai rata-rata sebesar 59,05, sedangkan data Postestmenunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa sebesar 72,9. Terdapat pengaruh penggunaan media gambar berseri terhadap kemampuan menulis siswa kelas XI SMA Swasta Erlangga Pematangsiantar yang ditunjukkan dengan nilai thitung > ttabel (4,15 > 2,07).

References

Akhadiah, Sabarti.2001. Menulis I. Jakarta: Universitas Terbuka.

Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad A. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grapindo Persada.

Soeparno.1988. Media Pengajaran Bahasa.Klaten : Intan Pariwara.

Sufanti, Main. 2010. Strategi Pengajaran Bahasa dan Sasta Indonesia. Surakarta: Yuma Pustaka.

Sugiarti, Ni Luh Putu Yeni, I Ketut Adnyana Putra, dan I.B Gede Surya Abadi. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran TTW (Think Talk Write) Berbantuan Media Gambar Berseri terhadap Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD gugus 1 Kecamatan Kediri Tahun Ajaran 2013/2014. Singaraja: Jurnal Mimbar PGSD. Vol 2, No 1.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suroto. 1990. Apresiasi Sastra Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Susanti, Aprilia dan Sri Hariani. 2013. Penggunaan Media Gambar Berseri untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas IV SDN Tambak Kemeraan Kecamatan Krian. Surabaya: Jurnal PGSD. Vol 01. No 02: 0-216.

Tarigan, H.G. 2013. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Downloads

Published

2022-04-26

How to Cite

Turnip, B. . R. ., & Lubis, F. W. L. (2022). PENGARUH MEDIA GAMBAR BERSERI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN PADA SISWA KELAS XI SMA SWASTA ERLANGGA PEMATANGSIANTAR. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 5(1), 1–5. https://doi.org/10.31004/jrpp.v5i1.4132