ANALISIS KESUKSESAN TRANSFORMASI DALAM BISNIS NETFLIX DENGAN MODEL KOTTER

Authors

  • Samudra Musthafa Universitas Pembangunan Jaya
  • Guntur Haludin Universitas Pembangunan Jaya
  • Atthalia Fakhira Universitas Pembangunan Jaya
  • Zikri Bagas Munandar Universitas Pembangunan Jaya
  • Eliana Ratmawati Universitas Pembangunan Jaya
  • Khalisa Putri Andita Universitas Pembangunan Jaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.40073

Keywords:

Manajemen Perubahan, Transformasi Bisnis, Model 8 Langkah Kotter, Netflix, Inovasi Model Bisnis

Abstract

Transformasi bisnis telah menjadi elemen kunci bagi perusahaan untuk tetap relevan dalam era digital. Netflix, yang awalnya beroperasi sebagai penyedia layanan rental DVD, berhasil melakukan transformasi bisnis yang signifikan menjadi pemimpin industri streaming digital. Artikel ini mengeksplorasi keberhasilan transformasi bisnis Netflix menggunakan Model 8 Langkah Kotter, yang mencakup tahap-tahap seperti menciptakan rasa urgensi, membangun tim pemandu, mengembangkan visi dan strategi, mengkomunikasikan visi, pemberdayaan tindakan, meraih kemenangan jangka pendek, konsolidasi perbaikan, dan institusionalisasi perubahan. Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan analitik data yang efektif, inovasi teknologi, serta manajemen perubahan yang komprehensif memainkan peran penting dalam kesuksesan transformasi digital Netflix. Dengan pendekatan yang sistematis dan holistik, Netflix mampu menghadapi disrupsi teknologi dan tantangan pasar, menjadikannya sebagai studi kasus penting bagi organisasi lain yang ingin mencapai keunggulan kompetitif yang berkelanjutan. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis data sekunder untuk mengevaluasi penerapan strategi perubahan secara bertahap oleh Netflix, yang menggarisbawahi pentingnya manajemen perubahan yang strategis dalam mewujudkan transformasi bisnis yang berhasil.

References

Kotter, J. P. (1996). Leading Change. Harvard Business School Press.

Vidgen, R., Shaw, S., & Grant, D. B. (2017). Management challenges in creating value from business analytics. European Journal of Operational Research, 261(2), 626-639. DOI: [10.1016/j.ejor.2017.02.023](https://doi.org/10.1016/j.ejor.2017.02.023)

Gomez-Uribe, C. A., & Hunt, N. (2016). The Netflix Recommender System: Algorithms, Business Value, and Innovation. ACM Transactions on Management Information Systems, 6(4), 1-19. DOI: [10.1145/2843948](https://doi.org/10.1145/2843948)

Amado, A., et al. (2018). Digital Transformation: A Systematic Literature Review. Procedia Computer Science, 138, 637-644. DOI: [10.1016/j.procs.2018.10.083](https://doi.org/10.1016/j.procs.2018.10.083)

Sammut-Bonnici, T., & Galea, D. (2017). Change Management. Wiley Encyclopedia of Management. DOI: [10.1002/9781118785317.weom090043](https://doi.org/10.1002/9781118785317.weom090043)

Burden, M. (2016). Using a change model to reduce the risk of surgical site infection. In M. Burden, British Journal of Nursing (Vol. 25, Issue 17, p. 949). Mark Allen Group. https://doi.org/10.12968/bjon.2016.25.17.949

Campbell, R. J. (2008). Change Management in Health Care. In R. J. Campbell, The Health Care Manager (Vol. 27, Issue 1, p. 23). Lippincott Williams & Wilkins. https://doi.org/10.1097/01.hcm.0000285028.79762.a1

Kang, S. “Pil,” Chen, Y., Svihla, V., Gallup, A., Ferris, K., & Datye, A. K. (2020). Guiding change in higher education: an emergent, iterative application of Kotter’s change model. In S. “Pil” Kang, Y. Chen, V. Svihla, A. Gallup, K. Ferris, & A. K. Datye, Studies in Higher Education (Vol. 47, Issue 2, p. 270). Routledge. https://doi.org/10.1080/03075079.2020.1741540

Pollack, J., & Pollack, R. (2014). Using Kotter’s Eight Stage Process to Manage an Organisational Change Program: Presentation and Practice. In J. Pollack & R. Pollack, Systemic Practice and Action Research (Vol. 28, Issue 1, p. 51). Springer Science+Business Media. https://doi.org/10.1007/s11213-014-9317-0

Appelbaum, S. H., Habashy, S., Malo, J.-L., & Shafiq, H. (2012). Back to the future: Revisiting Kotter’s 1996 change model. Journal of Management Development, 31(8), 764-782.

Cameron, E., & Green, M. (2015). Making Sense of Change Management: A Complete Guide to the Models, Tools, and Techniques of Organizational Change. Kogan Page.

Westerman, G., Bonnet, D., & McAfee, A. (2014). Leading Digital: Turning Technology into Business Transformation. Harvard Business Review Press

Downloads

Published

2024-12-24

How to Cite

Musthafa, S., Haludin, G., Fakhira, A., Munandar, Z. B., Ratmawati, E., & Andita, K. P. (2024). ANALISIS KESUKSESAN TRANSFORMASI DALAM BISNIS NETFLIX DENGAN MODEL KOTTER . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(4), 18432–18436. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.40073

Similar Articles

<< < 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)