MANAJEMEN PERUBAHAN DI PT SIDO MUNCUL: MEWUJUDKAN SINERGI TRADISI DAN INOVASI

Authors

  • Muhammad Iqbal Revilliano Trisandri Universitas Pembangunan Jaya
  • Guntur Haludin Universitas Pembangunan Jaya
  • Indra Muliawan Universitas Pembangunan Jaya
  • Zahra Ardya Rizwana Universitas Pembangunan Jaya
  • Indah Lestari Universitas Pembangunan Jaya
  • Yohanes Exspandio Perfecta Universitas Pembangunan Jaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.39136

Keywords:

Manajemen perubahan; Budaya Organisasi; Inovasi; Tradisi; PT Sido Muncul; Keterlibatan Karyawan

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi manajemen perubahan di PT Sido Muncul dengan fokus pada sinergi antara tradisi dan inovasi. Menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian ini menganalisis bagaimana nilai-nilai tradisional perusahaan berinteraksi dengan praktik bisnis inovatif untuk mencapai kesuksesan di pasar yang kompetitif. Data dikumpulkan melalui wawancara, analisis dokumen internal, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlibatan karyawan, komunikasi yang efektif, dan investasi dalam pengembangan sumber daya manusia merupakan kunci dalam mengelola perubahan. Penelitian ini juga mengidentifikasi tantangan yang dihadapi dalam menjaga keseimbangan antara tradisi dan inovasi. Temuan ini memberikan wawasan berharga bagi perusahaan lain tentang pentingnya strategi manajemen perubahan yang holistik

References

Burnes, B., & Cooke, B. (2023). Managing Change: A Strategic Approach. Palgrave Macmillan.

Kotter, J. P. (1996). Leading Change. Harvard Business Review Press.

Pt Industri Jamu Dan Farmasi Sido Muncul Tbk. (2023). Menuju Keunggulan Berkelanjutan. Diunduh Di Https://Investor.Sidomuncul.Co.Id/Newsroom/29629b3054_F6e0f5326e.Pdf Tanggal 09 Juni 2024.

Pt Industri Jamu Dan Farmasi Sido Muncul Tbk. (2023). Laporan Direksi. Diunduh Di Https://Www.Sidomuncul.Co.Id/Id/Bod_Report.Html Tanggal 11 Juni 2024.

Rosyida, A., Heryani, T., Fuadi, I., & Dinia, H. (2020). Strategy Segmenting, Targeting, Dan

Positioning: Study On Pt Sidomuncul. Journal Of Islamic Economic Scholar, 1(2).

Sakti, Arief Alvianto & Wahyanti, Caecilia Tri. (2021). Program Corporate Social Responsibility (Csr) Untuk Peningkatan Kesejahteraan Dan Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Sains Dan Humaniora, 5(1).

Saptaningtyas, A.I. (2017). Dari Industri Jamu Tradisional Ke Industri Jamu Moderen: Perkembangan Industri Jamu Pt Sido Muncul Dalam Mempertahankan Eksistensi Perusahaan Tahun 1951 - 2000. Skripsi Sarjana, Universitas Diponegoro.

Schein, E. H. (2010). Organizational Culture And Leadership (4th Ed.). Jossey-Bass.

Tidd, J., & Bessant, J. (2014). Managing Innovation: Integrating Technological, Market And Organizational Change (6th Ed.). John Wiley & Sons.

Tsalits, A.H., & Ratnawati, I. (2012). Budaya Organisasi Pada Perusahaan Keluarga (Studi Etnografi Pada Pt. Sidomuncul). Digital Library Fakultas Ekonomika Dan Bisnis, Universitas Diponegoro.

Usman, R. & Laoli, N. (2024). Strategi Sido Muncul (Sido) Kejar Pertumbuhan Pendapatan 15% Pada 2024. Diunduh Di Https://Investasi.Kontan.Co.Id/News/Strategi-Sido-Muncul-Sido-Kejar-Pertumbuhan- Pendapatan-15-Pada-2024 Tanggal 09 Juni 2024

Downloads

Published

2024-12-13

How to Cite

Trisandri, M. I. R. ., Haludin, G. ., Muliawan, I. ., Rizwana, Z. A. ., Lestari, I. ., & Perfecta, Y. E. . (2024). MANAJEMEN PERUBAHAN DI PT SIDO MUNCUL: MEWUJUDKAN SINERGI TRADISI DAN INOVASI. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 17641–17644. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.39136

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.