PEMBELAJARAN BAHASA MANDARIN DI JURUSAN VOKASI POLITEKNIK NEGERI JAKARTA DAN PROGRAM STUDI VOKASI UNIVERSITAS INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.39819Keywords:
Pembelajaran Bahasa Mandarin, Jurusan Vokasi, Politeknik Negeri Jakarta, Program Studi Vokasi Universitas IndonesiaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persamaan dan perbedaan pembelajaran bahasa Mandarin pada jurusan vokasi di dua perguruan tinggi yaitu Politeknik Negeri Jakarta dan Program Studi Vokasi Universitas Indonesia serta mengidentifikasi faktor yang memengaruhi dalam meningkatkan kompetensi bahasa Mandarin mahasiswa. Dengan pendekatan kualitatif-deskriptif, data diperoleh melalui observasi dan analisis dokumen hasil pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah mahasiswa dalam rombongan kelas dan jumlah tatap muka dalam satu semester, memberikan pengaruh signifikan dalam meningkatkan keterampilan mendengar dan berbicara bahasa Mandarin. Namun, terdapat beberapa kendala, seperti kebijakan perguruan tinggi dalam jumlah mahasiswa dalam satu rombongan kelas dan jumlah tatap muka persemester serta integrasi teknologi dalam proses pembelajaran. Selain itu, materi ajar yang digunakan belum sepenuhnya sesuai dengan bidang jurusan vokasi, khususnya dalam bidang perkantoran dan bisnis. Penelitian ini merekomendasikan pengembangan materi ajar berbasis industri, penambahan tatap muka perkuliahan, dan penggunaan teknologi pembelajaran berbasis digital untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Temuan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan pembelajaran bahasa Mandarin di jurusan vokasi sehingga mampu mencetak lulusan yang siap bersaing di pasar kerja dunia usaha dan industri domestik maupun global.References
Ahmad, F., & Muslimah, S. (2020). Metode Penelitian dalam Pendidikan. Jakarta: Penerbit
ABC
Cheng, H. (2005). Teaching Chinese as a Foreign Language: The Challenges and Solutions.
Beijing Language and Culture University Press.
Darmayanti, N. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Godwin-Jones, R. (2018). "Emerging Technologies: Language Learning and Technology."
Language Learning & Technology.
Maulidah, A. (2020). Pengantar Pendidikan dan Pembelajaran di Era Digital. Yogyakarta:
Penerbit Edukasi.
Sugiyono, (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Vygotsky, L. S. (1978). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes.
Harvard University Press.
Yuliani, S. (2021). Metode Pembelajaran dalam Konteks Global. Jakarta: Penerbit Abadi.
Zhou, M., & Sun, W. (2017). Integrating Technology into Mandarin Language Teaching: A
New Approach. Chinese Language Education.
Hutagalung, S. P., & Sari, R. A. (2018). Pengaruh Pembelajaran Bahasa Mandarin terhadap
Kesiapan Kerja Lulusan Vokasi di Indonesia. Jurnal Pengembangan Pendidikan Vokasi.
Lestari, Y. (2020). Peran Bahasa Mandarin dalam Meningkatkan Daya Saing Lulusan Vokasi di
Dunia Kerja. Jurnal Pendidikan Indonesia.
Mulyana, D. (2017). Pembelajaran Bahasa Mandarin di Perguruan Tinggi Vokasi di Indonesia:
Studi Kasus di Politeknik dan Universitas. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan.
Setiawan, R., & Pratama, S. (2019). Strategi Pengajaran Bahasa Mandarin pada Jurusan Vokasi di
Indonesia: Tantangan dan Peluang. Jurnal Bahasa dan Sastra.
Sundari, I. (2015). Pentingnya Penguasaan Bahasa Mandarin bagi Lulusan Pendidikan Vokasi di
Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Vokasi, 5(1), 72-80.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Hasan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




