MENJELAJAHI TOLERANSI DI ISTIQLAL DAN KATEDRAL : PROGRAM PERTUKARAN MAHASISWA MERDEKA BATCH 3 UNIVERSITAS PELITA HARAPAN

Authors

  • Diki Agus Arianto Universitas Pelita Harapan
  • Wiputra Cendana Universitas Pelita Harapan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.39706

Keywords:

Toleransi, Pertukaran Mahasiswa, Istiqlal, Katedral, Pendidikan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis pengalaman mahasiswa dalam Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka Batch 3 di Universitas Pelita Harapan, khususnya melalui kegiatan di kawasan Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan wawancara mendalam dengan siswa peserta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi lintas agama yang dilakukan selama program meningkatkan pemahaman dan sikap toleransi siswa terhadap keberagaman agama. Mahasiswa melaporkan bahwa pengalaman langsung di kedua tempat ibadah tersebut memberikan wawasan baru tentang praktik keagamaan dan nilai-nilai yang dianut oleh masing-masing agama. Selain itu, kegiatan seperti kunjungan ke tempat ibadah dan diskusi lintas agama membantu siswa untuk mengatasi stereotip dan prasangka yang ada. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap pengembangan kebijakan pendidikan yang lebih efektif dalam mendorong toleransi dan keberagaman di Indonesia. 

References

Anwar, Rosyida Nurul. 2022. “Peran Mata Kuliah Modul Nusantara Dalam Peningkatan Sikap Toleransi Mahasiswa Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka.” 10(2): 646–55.

Aufa, Muhammad, Muis Luluk, Sofiatil Jannah, dan Yosi Yulianingsih. 2024. “Dinamika Toleransi Antar Umat Beragama Dalam Konteks Pendidikan Agama Islam di Masyarakat.” 2(1): 575–80.

Bakar, Abu, dan A Pendahuluan. 2015. “Konsep toleransi dan kebebasan beragama.” 7(2): 123–31.

Bawamenewi, Adrianus. 2013. “168525-ID-pengaruh-disiplin-keluarga-terhadap-peri.pdf.”

Doddy. 2021. “dorng tumbuh kembang toleransi mahasiswa lewat program pertukaran mahasiswa merdeka.” humas Ditjen Dikti. https://dikti.kemdikbud.go.id/kabar/dorong-tumbuh-kembang-toleransi-mahasiswa-lewat-program-pertukaran-mahasiswa-merdeka/.

fajar al fathan. 2023. “Masjid Istiqlal dan Gereja Katolik Katedral: Toleransi Beragama di Indonesia.” 9 juli 2023. https://kumparan.com/fajaralfathan7/masjid-istiqlal-dan-gereja-katolik-katedral-toleransi-beragama-di-indonesia-20kouek7OJI.

Fakhri, Reza Mushthafa. “KAJIAN KONSEP ARSITEKTUR KUBISME PADA BANGUNAN IBADAH?: MASJID ISTIQLAL JAKARTA.” : 45–52.

Fitriani, Shofiah. 2020. “Analisis?: Jurnal Studi Keislaman.” 20(2): 179–92.

Hamid, Abdul Rosyid Teguhdin. 2022. “MODEL PENDIDIKAN MASJID INTEGRATIF: STUDI KASUS MASJID ISTIQLAL.” 6581: 133–48.

Hannase, Mulawarman, dan M A Hum. 2024. toleransi beragama di mesjid istiqlal.

Jrpp, Jurnal, Volume Nomor, dan Adrianus Bawamenewi. 2021. “Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran ( JRPP ) Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran ( JRPP ).” 4: 419–25.

Kadiza, Siti. 2024. “Kehidupan Toleransi Umat Beragama Ditinjau Dari Aspek Sosial Budaya Masyarakat Desa Kojagete Kecamatan Alok Timur Kabupaten Sikka.” 2(1): 46–67.

Kamaluddin, ismet sari. 2021. “Intoleransi menurut tokoh agama islam dan kristen.” 4: 1–13.

Khozin, Nur. 2021. “KONTRIBUSI MASJID AMALBAKTI MUSLIM PANCASILA ( YAMP ) DALAM PEMBANGUNAN MASYARAKAT MUSLIM DI KOTA AMBON nasional perlu melakukan perubahan paradigma dalam pendidikan , paling pendidikan harus dilakukan secara terencana dengan langkah-langkah yang.” 6(1): 30–62.

Mahasiswa, Motivasi, Untuk Mengikuti, Program Pertukaran, dan Mahasiswa Merdeka. 2022. “Jurnal Pendidikan dan Konseling.” 4: 1106–11.

Merdeka, Kampus. 2021. “manfaat program perukaran mahasiswa merdeka.” kampusmerdeka.kemdikbudristek. https://pusatinformasi.kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/hc/id/articles/10315305843097/-manfaat-program-pertukaran-mahasiswa-merdeka.

Merdeka, tim program pertukaran mahasiswa. 2021. “Panduan Penyusunan Modul Nusantara.” Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan riset dan teknologi Republik Indonesia.

Novi, Endang et al. 2023. “Pengaruh Program Pertukaran Mahasiswa terhadap Rasa Toleransi Mahasiswa Universitas HKBP Nommensen Medan.” 3: 3335–42.

Pinem, Desty et al. 2023. “PROGRAM PERTUKARAN MAHASISWA DALAM MELALUI PROGRAM MAHASISWA MERDEKA.” : 7–12.

Puslitbang, Peneliti et al. “Pengelolaan Dana Sosial Keagamaan Gereja ( Paroki ) Katedral Jakarta dalam Pemberdayaan Umat Katolik.” : 44–55.

Puslitbang, Peneliti, dan Pendidikan Agama. 2006. “Toleransi Beragama Siswa Sekolah Lanjutan Tingkat Atas ( SLTA ).” : 140–56.

Rahmat, Acep et al. 2024. “Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti NILAI-NILAI KEBHINEKAAN MELALUI PROGRAM PERTUKARAN.” 11: 588–600.

Rusmiati, Elis Teti. 2023. “Penanaman Nilai-Nilai Toleransi pada Anak Usia Dini.” : 248–56.

Santoso, Bobby Rachman, Surya Febbriyanto, dan Husnul Maab. 2021. Nalar Kebangsaan dalam Islam.

Sari, Nurul Lita, Annisha Therreshia, dan Siti Rahmah. 2024. “Pengaruh Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka Terhadap SikapToleransi dan Nasionalisme.” 2.

Sinaga, Mika Angelia, Juleha Br Tarigan, Daniel Ito, dan Pardameon Pasaribu. 2023. “KEGIATAN PERTUKARAN MAHASISWA MERDEKA.” 4(2): 3191–94.

Sugono, Dendy. 2008. Kamus bahasa indonesia. jakarta: pusat bahasa, departeman pendidikan nasional.

Supriyanto, Agus. 2017. “SKALA KARAKTER TOLERANSI: KONSEP DAN OPERASIONAL ASPEK KEDAMAIAN, MENGHARGAI PERBEDAAN DAN KESADARAN INDIVIDU.” 2(1): 61–70.

Sutton, Oleh Margaret. “Toleransi?: Nilai dalam Pelaksanaan Demokrasi.” : 53–60.

Zahra, Fatimatuz. 2017. “Perpaduan Gaya Arsitektur Eropa dan Timur Tengah pada Bangunan Masjid Istiqlal Jakarta.” : 219–26.

Downloads

Published

2025-01-28

How to Cite

Arianto, D. A., & Cendana, W. (2025). MENJELAJAHI TOLERANSI DI ISTIQLAL DAN KATEDRAL : PROGRAM PERTUKARAN MAHASISWA MERDEKA BATCH 3 UNIVERSITAS PELITA HARAPAN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(1), 1990–1995. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.39706

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.