PERHITUNGAN TEBAL PERKERASAN JALAN AKSES UTAMA (MAIN ROAD) DI BAGIAN SISI SELATAN MENGGUNAKAN METODE AASHTO 1993 DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL KERTAJATI
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.39694Keywords:
Jalan Akses, Perkerasan Lentur, Metodologi AASHTOAbstract
Penyelidikan ini memfokuskan pada keperluan penyempurnaan infrastruktur jalan akses di Bandara Internasional Kertajati, khususnya pada segmen Selatan yang masih menghadapi keterlambatan pelaksanaan. Pendekatan yang diusulkan berupa perancangan tebal perkerasan lentur yang memungkinkan kelancaran lalu lintas bagi kendaraan ringan maupun berat. Analisis mendalam dilakukan terhadap karakteristik jalan eksisting yang memiliki dimensi 1.700 meter panjang dan 14,4 meter lebar. Dengan merujuk pada metodologi AASHTO (1993), disimpulkan bahwa tebal perkerasan yang optimal adalah D1, D2, dan D3 secara beturut-turut ialah 19,7 cm, 20,6 cm, dan 35 cm. Penghitungan tersebut didasarkan pada data teknis yang meliputi indeks CBR untuk subgrade (2%), base course (100%), dan sub-base course (70%). Penggunaan bahan Laston untuk lapisan D1 mempertimbangkan ketebalan lapisan permukaan (AC-WC) adalah 4 cm dan lapisan bawah (AC-BC) adalah 15,7 cm. Selain itu, aspek penting seperti umur rancangan, intensitas lalu lintas harian, faktor beban sumbu ekuivalen (ESAL), koefisien lapisan, dan angka struktural juga diperhitungkan secara cermat. Diharapkan hasil temuan ini mampu memberikan kontribusi substansial dalam meningkatkan efisiensi serta keandalan jaringan transportasi di Bandara Kertajati.References
Edi Barnas dan Barian Karopeboka. 2015. Penelitian Kekuatan Tanah Metode CBR (California Bearing Ratio) di SPBG Bogor 1 Bubulak JL KH R Abdullah bin Nuh : Jurnal Teknik Sipil. Fakultas Teknik Universitas Borobudur
Aazokhi Waruwu, Optimisman Zega, Dian Rano, Baby Maureent, Tessalonika Panjaitan, dan Syukurman Harefa. 2021. Kajian Nilai California Bearing Ratio (CBR) pada Tanah Lunak dengan Variasi Tebal Stabilisasi Menggunakan Abu Vulkanik Volume 17 Nomor 2 : Jurnal Rekayasa Sipil. Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Andalas
Hary Christady Hardiyatmo. 2019. Perancangan Perkerasan Jalan dan Penyelidikan Tanah Hal. 182-183. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press
Surat Keputusan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Nomor SKEP/347/XII/1999, tentang Standar Rancang Bangun dan/atau Rekayasa Fasilitas dan Peralatan Bandar Udara. Jakarta
Departemen Pekerjaan Umum, 1989, “Tata Cara Perencanaan Tebal Perkerasan Jalan Raya dengan Metode Analisa Komponen”, SNI 1732 – 1989 – F, Departemen Pekerjaan Umum, Jakarta.
Departemen Pekerjaan Umum, 1989, “Tata Cara Perencanaan Tebal Perkerasan Jalan Raya dengan Metode Analisa Komponen”, SNI 1732 – 1989 – F, Departemen Pekerjaan Umum, Jakarta.
Peraturan Pemerintah Nomor 34 Tahun 2006, tentang Jalan.
Hadihardaja, Joetata. 2008. Rekayasa Jalan Raya. Penerbit Gunadarma. Jakarta.
Departemen Pekerjaan Umum Direktorat Jenderal Bima Marga Jalan No.038/T/BM/1997, tentang Tata Cara Perencanaan Geometrik Jalan Antar Kota.
Departemen Pekerjaan Umum. 2011. Cara Uji CBR (California Bearing Ratio) Lapangan. Yayasan Bandar Penerbit Pekerjaan Umum. Jakarta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Mhd. Niky Dirga Chandra, Suse Lamtiar S

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.