ANALISIS STRATEGI BISNIS WARALABA MIE GACOAN DI BOJONEGORO

Authors

  • Dwi Irnawati Universitas Bojonegoro
  • Geraldi Eka Prasetya Universitas Bojonegoro

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.39532

Keywords:

Marketing mix, Mie Gacoan, Strategy franchise, SWOT Analysis

Abstract

Dalam dunia pemasaran, bisnis waralaba menghadapi tantangan unik yang melibatkan lebih dari sekadar promosi dan penjualan produk. Strategi pemasaran dalam waralaba mencakup pengelolaan hubungan dengan franchisee dan konsumen sekaligus menjaga integritas merek. Setiap unit waralaba menghadapi kebutuhan pemasaran yang berbeda, bergantung pada lokasi, demografi konsumen, dan faktor lainnya. Strategi ini bertujuan tidak hanya untuk meningkatkan penjualan, tetapi juga membangun hubungan jangka panjang dengan semua pihak. Franchisee membutuhkan dukungan pemasaran yang efektif untuk mencapai keberhasilan.Penelitian ini berfokus pada strategi bisnis Mie Gacoan dalam waralaba, mengevaluasi faktor keberhasilan, dan memberikan rekomendasi peningkatan. Metode kualitatif digunakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, diolah dengan reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Temuan menunjukkan pengelolaan berbasis strategi 7P: Product, People, Physical, Process, Place, Price, dan Promotion, serta alternatif strategi baru untuk mendukung pengembangan bisnis waralaba Mie Gacoan.

References

Abdul Ghani, M. F., Hizam-Hanafiah, M., Mat Isa, R., & Abd Hamid, H. (2022). A Preliminary Study: Exploring Franchising Growth Factors of Franchisor and Franchisee. Journal of Open Innovation: Technology, Market, and Complexity, 8(3), 1–20. https://doi.org/10.3390/joitmc8030138

Alijon, N., Sirojiddin, S., & Azizbek, A. (2022). Franchise System in Business and and Entrepreneurship. Journal of Academic Research and Trends in Educational Sciences, 1(12), 250–257. https://doi.org/10.5281/zenodo.7451322

Anggita1, S., Ariesty3, A., & Sosiologi, P. (2023). Strategi Pengembangan Waralaba: Kasus Bisnis Minuman “Menantea” Di Tebet. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan (JISIP), 7(2), 2598–9944. https://doi.org/10.58258/jisip.v7i2.4486/http

Aprilia, R., Ramadhani, A. M., Labibah, B., & Prawira, I. F. A. (2023). Keunggulan Dan Strategi Model Bisnis Mixue. Oikos Nomos: Jurnal Kajian Ekonomi Dan Bisnis, 16(2), 63–72. https://ejurnal.ung.ac.id/index.php/ONM/article/view/22525%0Ahttps://ejurnal.ung.ac.id/index.php/ONM/article/download/22525/7773

Astuty, E., & Sinaga, A. (2021). 5S towards sustainable competitive advantage in franchise retail business. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 729(1), 1–11. https://doi.org/10.1088/1755-1315/729/1/012125

Ferdiani Suarna, I., Syariifah, I. R., & Ashari, W. P. (2024). Wirausaha Dalam Bisnis Franchise Mixue Kiat Kesuksesan Dan Tantangan Dalam Mengelola Waralaba. Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 1(3), 155–165. https://doi.org/10.62017/jemb

Gillis, W. E., Combs, J. G., & Yin, X. (2018). Franchise management capabilities and franchisor performance under alternative franchise ownership strategies. Journal of Business Venturing, 35(1), 1–20. https://doi.org/10.1016/j.jbusvent.2018.09.004

Irnawati, D. ., & Barata, M. A. . (2024). Analisis Strategi Green Marketing, Store Atmosphere, Dan Brand Ambasador Terhadap Minat Beli Pelanggan The Body Shop Di Grand City Surabaya. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 10124–10131. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.31487

Khoerunnisa, Y. (2024). Strategi Pemasaran dalam Bisnis Waralaba. ISJBEMS, 01(01), 7–12. http://dohara.or.id/index.php/isjbems%7C7

Puspitasari, A. D., & Mulyani, A. S. (2022). Perkembangan Bisnis Franchise. Jurnal Ilmu Sosial, 20(1), 105–123.

Rachman, A., & Hendrawan, D. (2021). Legal Protection of Brand Rights for Franchise Agreements in Indonesia. Journal of Advances in Humanities and Social Sciences, 7(3), 71–81. https://doi.org/10.20474/jahss-7.3.1

Siregar, S. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, edisi pertama. Kencana Prenada Media Group.

Subawa, N. S., Widhiasthini, N. W., & Permatasari, N. P. I. (2020). Local brand franchise competition in the disruption era. International Journal of Productivity and Quality Management, 31(4), 445–460. https://doi.org/10.1504/IJPQM.2020.111700

Tanera, L. (2023). Tantangan Dalam Menghadapi Perkembangan Teknologi Dan Trasformasi Digital Dalam Bisnis Waralaba. Jurnal Multilingual, 3(3), 1412–4823.

Zolfagharian, M., & Naderi, I. (2020). Human resource management challenges facing franchise businesses. Personnel Review, 49(1), 104–124. https://doi.org/10.1108/PR-04-2018-0139

Downloads

Published

2024-12-27

How to Cite

Irnawati, D., & Prasetya, G. E. (2024). ANALISIS STRATEGI BISNIS WARALABA MIE GACOAN DI BOJONEGORO. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(4), 18649–18655. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.39532

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.