ANALISIS STRATEGI BISNIS WARALABA MIE GACOAN DI BOJONEGORO
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.39532Keywords:
Marketing mix, Mie Gacoan, Strategy franchise, SWOT AnalysisAbstract
Dalam dunia pemasaran, bisnis waralaba menghadapi tantangan unik yang melibatkan lebih dari sekadar promosi dan penjualan produk. Strategi pemasaran dalam waralaba mencakup pengelolaan hubungan dengan franchisee dan konsumen sekaligus menjaga integritas merek. Setiap unit waralaba menghadapi kebutuhan pemasaran yang berbeda, bergantung pada lokasi, demografi konsumen, dan faktor lainnya. Strategi ini bertujuan tidak hanya untuk meningkatkan penjualan, tetapi juga membangun hubungan jangka panjang dengan semua pihak. Franchisee membutuhkan dukungan pemasaran yang efektif untuk mencapai keberhasilan.Penelitian ini berfokus pada strategi bisnis Mie Gacoan dalam waralaba, mengevaluasi faktor keberhasilan, dan memberikan rekomendasi peningkatan. Metode kualitatif digunakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, diolah dengan reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Temuan menunjukkan pengelolaan berbasis strategi 7P: Product, People, Physical, Process, Place, Price, dan Promotion, serta alternatif strategi baru untuk mendukung pengembangan bisnis waralaba Mie Gacoan.References
Abdul Ghani, M. F., Hizam-Hanafiah, M., Mat Isa, R., & Abd Hamid, H. (2022). A Preliminary Study: Exploring Franchising Growth Factors of Franchisor and Franchisee. Journal of Open Innovation: Technology, Market, and Complexity, 8(3), 1–20. https://doi.org/10.3390/joitmc8030138
Alijon, N., Sirojiddin, S., & Azizbek, A. (2022). Franchise System in Business and and Entrepreneurship. Journal of Academic Research and Trends in Educational Sciences, 1(12), 250–257. https://doi.org/10.5281/zenodo.7451322
Anggita1, S., Ariesty3, A., & Sosiologi, P. (2023). Strategi Pengembangan Waralaba: Kasus Bisnis Minuman “Menantea” Di Tebet. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan (JISIP), 7(2), 2598–9944. https://doi.org/10.58258/jisip.v7i2.4486/http
Aprilia, R., Ramadhani, A. M., Labibah, B., & Prawira, I. F. A. (2023). Keunggulan Dan Strategi Model Bisnis Mixue. Oikos Nomos: Jurnal Kajian Ekonomi Dan Bisnis, 16(2), 63–72. https://ejurnal.ung.ac.id/index.php/ONM/article/view/22525%0Ahttps://ejurnal.ung.ac.id/index.php/ONM/article/download/22525/7773
Astuty, E., & Sinaga, A. (2021). 5S towards sustainable competitive advantage in franchise retail business. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 729(1), 1–11. https://doi.org/10.1088/1755-1315/729/1/012125
Ferdiani Suarna, I., Syariifah, I. R., & Ashari, W. P. (2024). Wirausaha Dalam Bisnis Franchise Mixue Kiat Kesuksesan Dan Tantangan Dalam Mengelola Waralaba. Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 1(3), 155–165. https://doi.org/10.62017/jemb
Gillis, W. E., Combs, J. G., & Yin, X. (2018). Franchise management capabilities and franchisor performance under alternative franchise ownership strategies. Journal of Business Venturing, 35(1), 1–20. https://doi.org/10.1016/j.jbusvent.2018.09.004
Irnawati, D. ., & Barata, M. A. . (2024). Analisis Strategi Green Marketing, Store Atmosphere, Dan Brand Ambasador Terhadap Minat Beli Pelanggan The Body Shop Di Grand City Surabaya. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 10124–10131. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.31487
Khoerunnisa, Y. (2024). Strategi Pemasaran dalam Bisnis Waralaba. ISJBEMS, 01(01), 7–12. http://dohara.or.id/index.php/isjbems%7C7
Puspitasari, A. D., & Mulyani, A. S. (2022). Perkembangan Bisnis Franchise. Jurnal Ilmu Sosial, 20(1), 105–123.
Rachman, A., & Hendrawan, D. (2021). Legal Protection of Brand Rights for Franchise Agreements in Indonesia. Journal of Advances in Humanities and Social Sciences, 7(3), 71–81. https://doi.org/10.20474/jahss-7.3.1
Siregar, S. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, edisi pertama. Kencana Prenada Media Group.
Subawa, N. S., Widhiasthini, N. W., & Permatasari, N. P. I. (2020). Local brand franchise competition in the disruption era. International Journal of Productivity and Quality Management, 31(4), 445–460. https://doi.org/10.1504/IJPQM.2020.111700
Tanera, L. (2023). Tantangan Dalam Menghadapi Perkembangan Teknologi Dan Trasformasi Digital Dalam Bisnis Waralaba. Jurnal Multilingual, 3(3), 1412–4823.
Zolfagharian, M., & Naderi, I. (2020). Human resource management challenges facing franchise businesses. Personnel Review, 49(1), 104–124. https://doi.org/10.1108/PR-04-2018-0139
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dwi Irnawati, Geraldi Eka Prasetya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




